Kata siapa yang dapat menggunakan CRM hanya perusahaan gede doang? Padahal faktanya nggak gitu, lho. Justru kamu yang lagi pegang bisnis kecil, kelola banyak pesanan, sampai yang kejar-kejaran balas chat pelanggan. Nah kamu lah yang paling butuh CRM.
CRM (Customer Relationship Management) bukan cuma untuk perusahaan besar. Justru CRM itu sahabat terbaik untuk kamu yang pegang kendali bisnis kecil yang lagi berkembang. Yuk kita bahas bareng tentang siapa yang dapat menggunakan CRM, biar nggak salah paham lagi.
Apa Itu CRM?
CRM itu singkatan dari Customer Relationship Management, atau sebuah sistem untuk membantu pengusaha dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Caranya dengan menyimpan data, mengatur komunikasi, histori pembelian, hingga laporan penjualan.
Kalau kamu nggak cari tau siapa yang dapat menggunakan crm, pasti nggak akan tau keunggulan CRM sangat membantu kamu dalam menghemat waktu, tenaga, dan CRM membuat bisnis cepat naik level karena memiliki banyak pelanggan yang setia.
Apa Saja Kegunaan CRM untuk Bisnis?
Kegunaan CRM untuk bisnis besar? Jelas butuh. Kegunaan CRM untuk bisnis kecil? Justru Wajib. Jadi siapa yang dapat menggunakan CRM? Mau kamu menjual handmade, reseller fashion kekinian, atau bagian marketing. CRM bantu kamu tetap terorganisir sama pelanggan.
Sebagai pemilik bisnis online pasti ada yang tanya-tanya lewat DM Instagram atau WhatsApp, dan ada juga yang pernah beli juga ingin repeat order. Tapi sayangnya, kamu malah lupa follow up dan mengecewakan pelanggan. Berikut kegunaan CRM biar nggak ngalamin hal tadi:
- Mengatur database pelanggan biar nggak berantakan
- Membantu follow up otomatis tanpa bikin kamu burnout
- Melacak riwayat pembelian biar tahu kebiasaan pelanggan
- Melakukan personalisasi promosi biar lebih tepat sasaran
Siapa yang Dapat Menggunakan CRM?

Banyak yang mengira kalau CRM hanya untuk orang-orang yang kantornya di gedung tinggi, padahal pebisnis online yang jualan dari rumah juga wajib menggunakan CRM. Kenapa? Supaya kamu nggak kewalahan urusin semua hal bisnis sendirian tanpa support system.
Seringnya pelaku usaha menggabungkan semua data, chat, dan permintaan dalam satu tempat. Nah, jadinya susah mengatur prioritas dan komunikasi kan. Dari permasalahan seperti itu, CRM hadir layaknya pahlawan di tengah kekacauan dunia usaha marketplace.
1. Pemilik Toko Online
Teruntuk kamu yang jualan sendirian tetap multitasking tiada henti, dan sering lupa pelanggan yang repeat order. Setelah coba pakai CRM, kamu bisa melacak semua pelanggan dan kirim pesan otomatis ke yang belum checkout. Hasilnya? Omset bisa naik 2x lipat karena nggak ada pelanggan yang terlewat begitu saja.
2. Reseller dan Dropshipper
Pelanggan banyak tapi sering lupa siapa yang sudah bayar atau siapa yang masih tanya-tanya dulu. Menggunakan CRM, reseller dan dropshipper terbantu dalam hal catatan transaksi, status pesanan, dan pengingat follow up yang tersimpan dalam satu dashboard. Selain itu, CRM juga bisa menaikkan conversion rate toko online.
3. Tim Penjualan dan Customer Service
Tim sales dan CS (Customer Service) pasti tahu banget hectic-nya balas pertanyaan pelanggan yang datang dari semua platform dan harus dibalas cepat juga empati. Nah, dengan hadirnya CRM bantu kamu menjawab lebih cepat, tepat, layanan yang lebih personal bikin pelanggan loyal, dan punya riwayat pembicaraan lengkap.
4. Tim Marketing
Tim marketing selalu butuh data untuk bikin berbagai kampanye yang lebih jitu. Misal, mau kirim proposal ke pelanggan lama atau mau tahu siapa aja yang paling aktif belanja? Nah, CRM bakal kasih kamu data real-time dengan segmentasi pelanggan. Biar kampanye langsung tepat sasaran dan menghasilkan.
Everpro CRM: Simpel dan Powerful buat Kelola Pelanggan
Tadi kita sudah membahas detail tentang siapa yang dapat menggunakan CRM, dan kalau kamu masih cari CRM yang simpel tapi hasilnya nampol, Everpro CRM jawabannya. Sistem dirancang buat yang fokus ke pelanggan dan bisa pegang kendali semua proses.
Everpro CRM sangat cocok bagi pemilik brand maupun reseller. Karena sistemnya dapat digunakan untuk membangun relasi pelanggan secara konsisten dan menjaga komunikasi dengan target market. Bersama Everpro CRM, kamu bisa melakukan:
- Bangun loyalitas pelanggan dengan interaksi personal
- Cek performa penjualan hanya dari 1 dashboard
- Kelola semua kontak pelanggan dengan rapi
- Kirim pesan broadcast persuasif tanpa terkesan spam
Saatnya naik level bareng Everpro CRM yang selalu siap bantu kamu dari awal sampai akhir. Mau bisnis makin rapi, efisien, dan pelanggan makin loyal? Mau kerja tim lebih ringan? Everpro CRM jawabannya. Yuk mulai langkah cerdas buat masa depan bisnismu di Everpro CRM.