everpro

20 Aplikasi Pengiriman Barang Terbesar di Indonesia, Pilih Mana?

Aplikasi pengiriman barang – merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima barang melalui layanan kurir atau pengiriman barang secara online. Pengguna dapat melakukan pengiriman barang hanya dengan beberapa klik pada aplikasi tersebut.

Dalam era digital yang semakin berkembang saat ini, aplikasi pengiriman barang menjadi semakin penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi mereka yang sering melakukan pengiriman barang.

Baca juga: Inilah 8 Jasa Pengiriman Makanan Sehari Sampai

Apa itu Aplikasi Pengiriman Barang?

Aplikasi pengiriman barang adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengiriman barang secara online tanpa harus datang ke kantor pos atau ke tempat layanan kurir. Aplikasi ini biasanya tersedia dalam bentuk aplikasi mobile atau web, dan dapat di unduh atau di akses secara online.

Cara kerja dari aplikasi pengiriman barang umumnya terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:

  1. Registrasi dan login : Pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memberikan data pribadi dan informasi pengiriman yang di butuhkan. Setelah itu, pengguna dapat login ke aplikasi untuk memulai proses pengiriman barang.
  2. Memilih jenis pengiriman : Pada tahap ini, pengguna akan memilih jenis pengiriman yang di inginkan, seperti pengiriman reguler atau ekspres, serta jenis layanan lainnya seperti asuransi pengiriman atau layanan pengambilan barang di rumah.
  3. Mengisi data pengirim dan penerima : Pengguna harus mengisi data pengirim dan penerima dengan lengkap dan benar, termasuk alamat pengirim dan penerima, nomor telepon, dan informasi lainnya yang di butuhkan.
  4. Pembayaran Setelah data pengiriman dan penerima di isi, pengguna akan melakukan pembayaran sesuai dengan biaya pengiriman yang tertera di aplikasi.
  5. Tracking pengiriman : Setelah pembayaran selesai, pengguna dapat melacak pengiriman barang secara online dengan menggunakan fitur tracking yang di sediakan oleh aplikasi.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pengiriman Barang

Aplikasi Pengiriman Barang
Sumber: pexels.com
Terdapat beberapa keuntungan menggunakan aplikasi pengiriman barang, di antaranya:

1. Praktis dan Efisien

Pengguna dapat mengirim barang dengan mudah dan cepat hanya dengan beberapa klik pada aplikasi. Pengguna tidak perlu datang ke kantor pos atau ke tempat layanan kurir untuk mengirim barang, sehingga menghemat waktu dan tenaga.

2. Hemat Biaya

Aplikasi pengiriman barang sering kali menawarkan tarif yang lebih terjangkau di bandingkan dengan harga pengiriman melalui jasa kurir konvensional. Pengguna juga dapat memilih jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

3. Tracking Pengiriman yang Akurat

Pada umumnya aplikasi di lengkapi dengan fitur tracking pengiriman yang dapat di gunakan oleh pengguna untuk melacak status pengiriman barang secara real-time. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui lokasi barang yang di kirim dan perkiraan waktu tiba barang.

4. Lebih Aman

Seringkali menawarkan layanan asuransi pengiriman yang dapat memproteksi barang dari kerusakan atau kehilangan. Selain itu, pengguna juga dapat mengirimkan barang dengan lebih aman, karena pengguna tidak perlu membawa barang tersebut secara langsung ke tempat pengiriman.

5. Dapat Digunakan Dimana Saja dan Kapan Saja

Aplikasi ini dapat di akses dan di gunakan di mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet. Pengguna dapat mengirimkan barang dari rumah atau dari kantor, tanpa harus pergi ke tempat pengiriman barang.

6. Berbagai Macam Pilihan Layanan

Umumnya menawarkan berbagai macam jenis layanan pengiriman, seperti pengiriman reguler atau ekspres, pengambilan barang di rumah, atau pengiriman barang dalam jumlah besar. Pengguna dapat memilih jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan keuntungan-keuntungan tersebut, tidak heran jika penggunaan aplikasi pengiriman barang semakin populer dan banyak di minati oleh masyarakat.

Baca Juga: 10 Ekspedisi Kirim Paket Sehari Sampai, Dijamin Cepat!

Fitur-fitur Aplikasi Pengiriman Barang

Berikut beberapa fitur yang umumnya di miliki oleh aplikasi pengiriman barang:

1. Pemesanan pengiriman

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memesan pengiriman barang secara online dengan memasukkan detail barang yang akan di kirim, alamat pengirim dan penerima, serta jenis layanan yang di inginkan.

2. Pembayaran

Melalui fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran secara online dengan metode yang tersedia, seperti kartu kredit, transfer bank, atau e-wallet.

3. Tracking pengiriman

Dengan adanya itur ini memungkinkan pengguna untuk melacak status pengiriman barang secara real-time, mulai dari proses pengambilan barang, pengiriman, hingga tiba di tujuan.

4. Asuransi pengiriman

Dari fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih asuransi pengiriman yang sesuai dengan jenis barang yang dikirim, sehingga jika terjadi kerusakan atau kehilangan, pengguna dapat memperoleh kompensasi sesuai dengan nilai barang yang di asuransikan.

5. Pengiriman dengan beberapa jenis layanan

Ternyata. fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih jenis layanan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengiriman, seperti pengiriman reguler, ekspres, atau pengiriman dalam jumlah besar.

6. Konfirmasi penerimaan barang

Hal ini memungkinkan penerima barang untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang setelah menerima barang yang di kirimkan.

7. Layanan pelanggan

Salah satu keunggulan, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungi layanan pelanggan jika ada masalah atau pertanyaan terkait pengiriman barang yang di lakukan.

8. Pengambilan barang di lokasi

Oleh karena itu, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memesan pengambilan barang di lokasi pengguna dengan mengisi detail barang yang akan di ambil dan alamat pengambilan.

9. Pilihan jenis kemasan

Sehingga fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih jenis kemasan yang sesuai dengan jenis barang yang akan di kirim, sehingga barang dapat terlindungi dengan baik selama proses pengiriman.

Fitur-fitur tersebut dapat bervariasi tergantung pada jenis aplikasi pengiriman barang yang digunakan. Seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi pengiriman barang juga semakin canggih dan memiliki fitur-fitur baru yang dapat memudahkan pengguna dalam proses pengiriman barang.

Baca juga: Bagaimana Kemajuan Pengiriman Surat Saat Ini, di Ramadhan 2024? Intip Ini!

20 Contoh Aplikasi Pengiriman Barang yang Tersedia di Indonesia

Aplikasi Pengiriman Barang
Sumber: pexels.com

Berikut adalah 20 contoh aplikasi pengiriman barang yang tersedia di Indonesia:

1. GoSend

Aplikasi ini merupakan bagian dari layanan Gojek yang menyediakan layanan pengiriman barang dengan waktu yang sangat cepat, mulai dari 1-4 jam. GoSend juga memiliki fitur tracking pengiriman, asuransi pengiriman, dan pilihan jenis layanan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

2. GrabExpress

Aplikasi ini merupakan bagian dari layanan Grab yang menyediakan layanan pengiriman barang dalam waktu yang cepat, dengan pilihan layanan reguler dan ekspres. GrabExpress juga memiliki fitur tracking pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang dapat dihubungi jika terjadi masalah.

3. JNE

JNE adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman barang terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan pengiriman barang dengan berbagai jenis layanan, seperti reguler, ekspres, dan cargo. Ekspedisi JNE juga memiliki fitur tracking pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang dapat di hubungi jika terjadi masalah.

4. SiCepat

SiCepat merupakan perusahaan jasa pengiriman barang yang memiliki cakupan wilayah yang luas di Indonesia dan menyediakan berbagai jenis layanan, seperti reguler, ekspres, dan cargo. Ekspedisi SiCepat juga memiliki fitur tracking pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang dapat di hubungi jika terjadi masalah.

5. Anteraja

Anteraja adalah jasa yang berbasis di Yogyakarta dan menyediakan layanan pengiriman barang dengan waktu yang cepat dan harga yang terjangkau. Ekspedisi Anteraja juga memiliki fitur tracking pengiriman, asuransi pengiriman, dan pilihan jenis kemasan yang sesuai dengan jenis barang yang akan di kirimkan.

6. Paxel

Paxel adalah aplikasi pengiriman barang yang menyediakan layanan pengiriman dengan harga yang terjangkau. Aplikasi ini menyediakan layanan pengiriman dalam kota dan antar kota dengan waktu pengiriman yang cepat dan akurat. Paxel juga menawarkan layanan pelacakan pengiriman dan asuransi pengiriman.

7. Ninja Xpress

Ninja Xpress adalah aplikasi pengiriman barang yang menyediakan layanan pengiriman dalam kota, antar kota, dan internasional. Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis layanan pengiriman, mulai dari reguler, express, hingga cargo. Ninja Xpress juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna.

8. Wahana Express

Wahana Express adalah aplikasi pengiriman barang yang menyediakan layanan pengiriman dalam kota dan antar kota dengan harga yang terjangkau. Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis layanan pengiriman, termasuk reguler, express, dan cargo. Wahana Express juga menyediakan fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna.

9. TIKI

TIKI adalah salah satu jasa yang paling populer di Indonesia. Aplikasi ini menyediakan layanan pengiriman barang dalam kota, antar kota, dan internasional dengan berbagai jenis layanan, mulai dari reguler, express, hingga cargo. TIKI juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna.

10. POS Indonesia

POS Indonesia adalah jasa ini yang di kelola oleh PT Pos Indonesia. Jasa ini menyediakan layanan pengiriman barang dalam kota, antar kota, dan internasional dengan berbagai jenis layanan, termasuk reguler, express, dan cargo. POS Indonesia juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna.

Baca Juga: Fantastis! 10 Jasa Pengiriman Paket Tercepat di Indonesia

11. Lion Parcel

Lion Parcel adalah jasa yang menyedi akan layanan pengiriman dalam kota dan antar kota dengan berbagai jenis layanan, termasuk reguler, express, dan cargo. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna.

12. RPX

RPX adalah jasa ini menyediakan layanan pengiriman dalam kota, antar kota, dan internasional dengan berbagai jenis layanan, mulai dari reguler, express, hingga cargo. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna.

13. First Logistics

First Logistics adalah jasa yang menyediakan layanan pengiriman dalam kota, antar kota, dan internasional dengan berbagai jenis layanan, termasuk reguler, express, dan cargo. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu peng

14. Pandu Logistics

Pandu Logistics adalah jasa yang menyediakan layanan pengiriman dalam kota dan antar kota dengan berbagai jenis layanan, termasuk reguler, express, dan cargo. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna. Pandu Logistics juga menawarkan layanan pengiriman barang dengan skala besar atau proyek yang membutuhkan layanan khusus.

15. Indah Cargo

Indah Cargo adalah jasa yang menyediakan layanan pengiriman dalam kota dan antar kota dengan berbagai jenis layanan, termasuk reguler, express, dan cargo. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna. Indah Cargo juga menawarkan layanan pengiriman barang dengan skala besar atau proyek yang membutuhkan layanan khusus.

16. Sicepat

Sicepat adalah  yang menyediakan layanan pengiriman dalam kota dan antar kota dengan berbagai jenis layanan, termasuk reguler, express, dan cargo. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna. Sicepat juga menawarkan layanan pengiriman dengan menggunakan teknologi canggih dan cepat.

17. Lion Express

Lion Express adalah aplikasi pengiriman barang yang menyediakan layanan pengiriman dalam kota dan antar kota dengan berbagai jenis layanan, termasuk reguler, express, dan cargo. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna. Lion Express juga menawarkan layanan pengiriman barang dengan harga yang terjangkau.

18. 21 Express

21 Express adalah aplikasi pengiriman barang yang menyediakan layanan pengiriman dalam kota dan antar kota dengan berbagai jenis layanan, termasuk reguler, express, dan cargo. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan pengiriman, asuransi pengiriman, dan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna. 21 Express juga menawarkan layanan pengiriman barang dengan waktu pengiriman yang cepat.

19. J&T Express

J&T Express merupakan salah satu aplikasi pengiriman barang terbesar di Indonesia yang telah memiliki ribuan cabang di seluruh Indonesia. Ekspedisi J&T Express menawarkan berbagai layanan pengiriman mulai dari pengiriman regular, kilat, hingga same day delivery. Selain itu, J&T Express juga memiliki layanan cek resi dan tracking yang memudahkan pelanggan untuk memantau status pengiriman mereka secara online.

20. ESL Express

ESL Express adalah jasa pengiriman barang yang menawarkan layanan pengiriman ke seluruh Indonesia. Aplikasi ini memiliki berbagai pilihan layanan pengiriman, termasuk pengiriman darat, udara, dan laut. Selain itu, ESL Express juga menawarkan layanan cek tarif dan cek resi online untuk memudahkan pelanggan dalam melacak status pengiriman barang mereka.

Ketiga belas aplikasi di atas merupakan aplikasi yang paling populer dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengirimkan barang, baik itu dalam jumlah kecil maupun besar. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan tertentu, sehingga pengguna dapat memilih  yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tak hanya layanan di atas, Shipping Evepro pun bisa menjadi referensi terbaik untuk mengirim barang dengan cepat dan tepat.

Dengan layanan ini, teman-teman bisa mengatur orderan dengan mudah dan cepat dalam sistem yang terintegrasi langsung ke pengiriman dengan fitur pengiriman di Everpro

Benefit Everpro Shipping

Mari gunakan layanan Everpro Shipping dengan benefit:

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler.
  • Gratis biaya retur paket (Sejauh ini hanya berlaku hingga 31 Maret 2023)
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi (Upload bulk orders)
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa di unduh dalam bentuk laporan.

Tunggu apalagi? Segera beralih ke layanan Everpro Shipping sekarang juga dengan klik Daftar di bawah ini! 

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya