Raih Cuan Berlipat dengan Iklan Shopee! Temukan Strategi Tepat dan Biaya Iklan Shopee Terjangkau di Dalamnya!
Promosi lewat iklan merupakan strategi umum untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dibandingkan promosi organik.
Setiap jenis dan platform iklan memiliki perbedaan harga. Bagi pemilik toko online di marketplace, memanfaatkan iklan dari platform tersebut merupakan pilihan tepat.
Hal ini memudahkan pembuatan iklan, analisis, dan penargetan customer yang sering berselancar di marketplace tersebut.
Artikel ini akan membahas informasi terkait biaya iklan Shopee dan tips untuk membuat strategi iklan yang tepat guna meraih cuan berlipat.
Baca Juga : Contoh Iklan Shopee yang Bikin Banjir Klik dan Penjualan!
Daftar Isi:
ToggleManfaat Menggunakan Iklan Shopee
Iklan Shopee merupakan platform yang efektif untuk membantu Penjual meningkatkan visibilitas produk dan toko, serta mendorong penjualan.
Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Iklan Shopee:
1. Meningkatkan Jangkauan Produk
Iklan Shopee memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak pembeli potensial yang relevan dengan produk.
Iklan tersebut akan ditampilkan di berbagai halaman Shopee, seperti halaman utama, halaman kategori, dan halaman produk.
2. Meningkatkan Traffic Toko
Iklan Shopee dapat membantu meningkatkan traffic ke toko Kamu ketika pembeli mengklik iklan tersebut.
Para pembeli tadi akan diarahkan ke halaman produk atau toko Kamu dan dapat meningkatkan peluang terjadinya penjualan.
3. Menargetkan Pembeli yang Tepat
Iklan Shopee memungkinkan untuk menargetkan iklan tersebut kepada pembeli yang tepat berdasarkan minat, demografi, dan perilaku mereka.
Hal ini dapat membantu Kamu untuk memaksimalkan ROI (Return on Investment) iklan.
4. Memantau Performa Iklan
Iklan Shopee menyediakan dashboard yang memungkinkan Kamu untuk memantau performa iklan.
Kamu dapat melihat data seperti jumlah tayangan, klik, dan konversi. Data ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan iklan.
Baca Juga : 5 Cara Riset Produk Terlaris di Shopee, Pasti Laku!
Biaya Iklan Shopee Berdasarkan Jenisnya
Shopee menawarkan berbagai jenis iklan dengan biaya yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis iklan Shopee beserta biayanya:
1. Biaya Iklan Pencarian Produk
Jenis iklan yang pertama adalah iklan pencarian produk. cara kerjanya, iklan ini akan ditampilkan di halaman hasil pencarian Shopee ketika pengguna mencari kata kunci yang relevan dengan produk Kamu.
Metode biaya iklan untuk jenis iklan ini menggunakan biaya per klik atau cost per click (CPC).
Dimana iklan ini akan dikenakan biaya ketika pengguna mengklik iklan tersebut. Untuk biayanya sendiri mulai dari Rp 200 / klik iklan.
2. Biaya Iklan Produk Serupa
Jenis iklan yang kedua adalah iklan produk serupa yang cara kerjanya produk akan ditampilkan kepada pengguna yang telah melihat produk serupa atau produk yang terhubung dengan kategori produk tersebut.
Untuk metodenya sama saja seperti yang sebelumnya, akan terkena pembayran ketika pengguna atau pembeli mengklik iklan tersebut, lalu untuk biaya per klik nya minimal Rp 150 / klik.
3. Biaya Iklan Pencarian Toko
Berikutnya jenis iklan keempat yang merupakan iklan pencarian toko. Cara kerjanya yaitu toko Kamu ditampilkan di halaman hasil pencarian Shopee ketika pengguna mencari kata kunci yang relevan dengan nama toko.
Lalu untuk metode pembayarannya masih, namun biaya yang dibayarkan untuk satu klik minimalnya Rp 300 / klik.
4. Biaya Iklan Display
Lalu ada jenis iklan Display yang cara kerjanya Iklan kamu akan ditampilkan di berbagai halaman Shopee, seperti halaman utama, halaman kategori, dan halaman produk.
Lalu untuk metode pembayarannya masih, namun biaya yang dibayarkan untuk satu klik minimalnya Rp 5000 / klik.
5. Biaya Iklan Shopee Live
Iklan berikutnya adalah jenis iklan shopee live yang mana Kamu dapat mempromosikan produk secara langsung di Shopee Live.
Yaitu ketika Kamu sedang live akan tampil pada bagian menu shopee live ketika orang membuka aplikasinya.
Lalu untuk metode iklan ini bukan per-klik melainkan berdasarkan durasi tayang yaitu minimumnya sebesar Rp 10.000/ per jam nya.
6. Biaya Iklan In-Feed
Iklan yang terakhir adalah iklan in-feed yang cara kerjanya produk akan tampil di antara konten feed pengguna di aplikasi Shopee.
Lalu untuk metode pembayarannya masih, namun biaya yang dibayarkan untuk satu klik minimalnya Rp 250 / klik.
Baca Juga : Cara Upload Produk di Shopee Secara Massal dalam 1 Klik
Cara Hitung Biaya Iklan Shopee
Sebagai Seller Shopee, memahami cara menghitung biaya iklan merupakan kunci untuk memaksimalkan strategi dan meraih cuan berlipat.
Selain biaya minimal, penting untuk memahami Biaya Bid, adalah jumlah maksimum yang kamu bersedia bayar setiap kali pengguna mengklik iklan.
Semakin tinggi biaya Bid, semakin besar kemungkinan iklan muncul di halaman hasil pencarian.
Berikut adalah rumus cara menghitung biaya iklan Shopee berdasarkan metode biaya per klik (CPC) :
Biaya Iklan = Biaya Bid x Jumlah Klik
Misalkan Kamu memasang iklan produk kacamata dengan jenis iklan produk serupa dengan metode per-klik untuk satu hari.
Lalu biaya yang kamu yang kamu tetapkan sebesar Rp 100.000 dengan biaya bid Rp 1.000 / iklannya dalam satu hari.
Setelah satu hari iklan kamu mendapatkan di klik sebanyak 90 kali. Cara Hitung Biaya Iklan = Rp 1000 x 90 = Rp 90.000, Maka Kamu akan dikenai biaya iklan sebesar Rp 90.000 dalam satu hari iklan.
Jika kamu menggunakan iklan yg lainnya pun cara penghitungannya sama, yang membedakan hanya harga yang kalian patok apakah dengan menggunakan harga minimum iklan atau mensetting harga lebih tinggi dengan menggunakan biaya bid.
Berikut adalah tabel dan penghitungan biaya iklan Shopee untuk membantu Kamu memahami cara kerjanya:
Jenis Iklan | Metode Biaya | Biaya Minimum | Contoh Penghitungan |
---|---|---|---|
Iklan Pencarian Produk | Biaya per klik (CPC) | Rp200 | Biaya bid: Rp500, Jumlah klik: 100,
Biaya iklan: Rp50.000 (500 x 100) |
Iklan Produk Serupa | Biaya per klik (CPC) | Rp150 | Biaya bid: Rp300, Jumlah klik: 50,
Biaya iklan: Rp15.000 (300 x 50) |
Iklan Pencarian Toko | Biaya per klik (CPC) | Rp300 | Biaya bid: Rp700, Jumlah klik: 20,
Biaya iklan: Rp14.000 (700 x 20) |
Iklan Display | Biaya per seribu tayangan (CPM) | Rp5.000 | CPM: Rp10.000, Jumlah tayangan : 10.000,
Biaya iklan: Rp100.000 (10.000 x 10) |
Iklan Shopee Live | Biaya per jam | Rp10.000 | Durasi siaran: 2 jam,
Biaya iklan: Rp20.000 (10.000 x 2) |
Iklan In-Feed | Biaya per klik (CPC) | Rp250 | Biaya bid: Rp400, Jumlah klik: 75,
Biaya iklan: Rp30.000 (400 x 75) |
Baca Juga : 3 Cara Pasang Iklan di Shopee Agar Tidak Boncos, Tapi Untung!
Tips Cara Mengatur Iklan Shopee untuk Pemula
Untuk kalian para pemula agar iklan kalian menghasilkan dan bukan boncos baiknya membuat sebuah strategi iklan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu terapkan:
- Mulai dengan anggaran kecil, Kamu dapat memulai dengan anggaran kecil dan meningkatkannya secara bertahap seiring dengan performa iklan tersebut.
- Gunakan kata kunci yang relevan dengan produk atau toko dan yang sering pembeli cari lewat kolom pencarian.
- Jika Kamu punya budget yang cukup gunakan metode Pilih Tanpa Batas pada pengaturan Modal untuk membuat persentasi klik iklan shopee yang tampil lebih sering untuk pembeli.
- Jika Kamu baru pertama kali menggunakan Iklan Shopee & tidak yakin dengan biayanya dapat menentukan modal harian atau membatasi total modal. Dengan cara ini, biaya iklan tidak akan melebihi modal yang Kamu punya.
- Pantau performa iklan secara berkala dan lakukan optimasi sesuai hasil anilisis agar iklan bisa lebih efektif.
Demikianlah informasi terkait cara menghitung biaya iklan shopee berdasarkan jenisnya. Jadi iklan shopee merupakan strategi efektif untuk meningkatkan visibilitas produk, traffic toko, dan penjualan.
Agar Bisnis atau usaha Toko online makin cuan bisa coba layanan Everpro MP Enabler yang komplit untuk membantu toko Online mu meraih cuan berlipat di Shopee dengan keuntungan yang beragam dalam satu layanan.
Baca Juga : Dekorasi Toko Shopee, Ampuh Tingkatkan Penjualan!
Benefit Everpro MP Enabler
Dengan harga yang terjangkau Kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam mengoptimalkan strategi pemasaran online, termasuk:
- Performa iklan terbaik yang akan meningkatkan visibilitas produk dan toko
- Memaksimalkan penjualan dengan jenis campaign yang efektif
- Sesi Konsultasi dengan Tim Profesional
- Optimasi desain dekorasi toko agar lebih menarik dan profesional
- Bisa pilih Paket Satuan atau Lengkap
Yuk, buktikan sendiri manfaat Everpro MP Enabler dengan Daftar Sekarang Juga!