everpro

Gampang Banget! Begini 8 Cara Banjir Orderan di Whatsapp

Ingin tahu cara banjir orderan di Whatsapp? Simak panduannya dalam artikel ini!

Bagi Kamu yang baru akan memulai menggunakan whatsapp business untuk keperluan usaha.

Khususnya sebagai platform komunikasi dua arah dengan pelanggan maka perlu tahu cara penggunaanya agar hasilnya juga optimal.

Platform ini memiliki banyak fungsi dan fitur yang bisa Kamu manfaatkan dengan baik.

Selain itu Kamu juga perlu memikirkan strategi promosi dan penjualan yang efektif untuk dilakukan lewat platform ini.

Artikel ini akan memberitahukan panduan terkait apa yang perlu Kamu siapkan ketika menggunakan whatsapp untuk bisnis dan ketahui cara banjir orderan di whatsapp dengan lengkap.

Simak juga artikel berikut yang akan membahas tentang whatsapp marketing.

Baca Juga : WhatsApp Marketing Adalah? Simak dan Pelajari di Sini!

Bagaimana Cara Jualan di Whatsapp?

cara banjir orderan di whatsapp
Sumber. Google.com/bersosial

Whatsapp Business merupakan platform komunikasi dua arah yang efektif dengan pelanggan, sehingga Kamu bisa menggunakannya untuk usaha.

Cara berjualan di whatsapp bisa berupa tawaran lewat pesan langsung, story WA, broadcast dan lainnya.

Untuk bisa berjualan di aplikasi ini juga Kamu perlu membuat persiapan yang maksimal agar untung.

Berikut ini adalah langkah persiapan yang perlu Kamu lakukan ketika akan menggunakan whatsapp untuk kegiatan jualan online :

  • Unduh dan gunakan aplikasi Whatsapp Business selain Whatsapp biasa. Alasanya untuk mendapatkan fitur tambahan yang berguna untuk proses jualan seperti katalog produk, pesan otomatis, dan label.
  • Buatlah profil bisnis yang menarik, lengkapi profil bisnis Kamu dengan nama yang jelas, deskripsi yang informatif, foto profil yang menarik, kontak berupa email, lokasi jika ada beserta jam operasional yang akurat.
  • Susun katalog produk yang lengkap yang berisi foto, deskripsi, harga, dan link pembelian (jika ada) untuk memudahkan pelanggan dalam memilih produk.
  • Lakukan segmentasi pelanggan dengan mengelompokkan kontak pelanggan berdasarkan minat, demografi, kategori produk, atau status pembelian untuk memudahkan penargetan promosi.
  • Siapkan jawaban FAQ, sebagai antisipasi pertanyaan umum dari pelanggan yang biasanya ditanyakan dan siapkan jawaban yang singkat, informatif, dan mudah dipahami. Jawaban ini nantinya bisa Kamu kombinasikan dengan fitur pesan otomatis.

Baca Juga : Efektif & Efisien, Inilah Cara Kirim Pesan Terjadwal di WhatsApp!

8 Cara Banjir Orderan di Whatsapp 

cara banjir orderan di whatsapp
Sumber. Google.com/bersosial

Whatsapp bukan hanya platform komunikasi biasa, tetapi juga alat yang powerful untuk meningkatkan penjualan.

Berikut cara untuk banjir orderan di Whatsapp beserta dengan contohnya:

1. Gunakan Status Whatsapp untuk Promosi

Bagikan foto dan video produk, promo menarik, dan testimoni pelanggan untuk menarik perhatian dan meningkatkan minat pelanggan.

Bagikan foto dan video produk yang menarik dan informatif, seperti video demo produk atau testimoni pelanggan.

Tampilkan promo menarik dan penawaran spesial untuk menarik perhatian pelanggan.

Contoh kasusnya pada sebuah toko baju online, Kamu bisa membagikan foto dan video model yang mengenakan baju terbaru, tips mix and match, dan promo diskon untuk pembelian di bulan ini.

Atau contoh lain untuk usaha yang berupa pelayanan atau jasa les privat.

Bisa dengan membagikan video tips belajar efektif, testimoni dari murid yang berhasil, dan promo paket belajar hemat sehingga bisa menarik minat orang.

2. Manfaatkan Broadcast List

Jika kamu memiliki grup komunitas di WA bisa dengan mengirim pesan massal ke grup pelanggan yang ada untuk memberikan informasi terbaru, seperti update stok produk, jadwal event, dan promo terbaru.

Buat grup Whatsapp untuk komunitas pelanggan setia, dan berikan benefit khusus seperti akses early bird ke produk baru atau diskon spesial.

Contohnya jika Kamu punya usaha makanan atau restoran offline yang juga bisa dipesan secara online.

Maka bisa dengan mengirim broadcast list berisi menu spesial harian, promo paket makan siang, dan informasi tentang event makan bersama.

3. Promosikan Whatsapp Business di Media Sosial

Arahkan traffic dari platform lain seperti Facebook, Instagram, dan Twitter ke Whatsapp Business untuk meningkatkan jangkauan dan penjualan. Gunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas akun Whatsapp Business.

Contohnya sebuah jasa travel membuat postingan tentang paket wisata terbaru di Facebook page, landing page dan saluran marketing lainnya dan pada akhirnya Kamu bisa memasukan CTA (call to action).

CTA ini akan diarahkan menuju WA sebagai ajakan followers untuk chat di Whatsapp untuk nisa konsultasi dan mendapatkan informasi yang  lebih detail.

4. Tawarkan Diskon dan Bundle Menarik

Ketika Kamu membuat promosi berupa diskon, paket bundling, cashback dan lainnya.

Ciptakanlah rasa urgensi dan tingkatkan nilai pembelian dengan menawarkan diskon dan bundle yang menarik bagi pelanggan.

Memaksimalkan judul headline yang menarik  dengan adanya urgensi.

Untuk menciptakan rasa urgensi dan tingkatkan nilai pembelian dengan menawarkan diskon dan bundle yang menarik bagi pelanggan.

Berikan bonus dan hadiah untuk pelanggan setia untuk meningkatkan loyalitas.

Contohnya seperti usaha jasa rias pengantin, Kamu bisa memberikan bonus free makeup trial untuk pemesanan paket rias pengantin di bulan ini.

5. Tanggapi Pesan Pelanggan dengan Cepat

Respon pesan pelanggan dengan cepat, ramah, dan profesional untuk membangun kepercayaan dan loyalitas.

Jika Kamu menggunakan jasa whatsapp blast dari Everpro CRM maka bisa menggunakan fitur chatbots untuk menjawab pertanyaan umum dan melayani pelanggan 24/7.

Contohnya usaha jasa desain grafis, menggunakan chatbot untuk menjawab pertanyaan umum tentang layanan desain grafis dan memberikan informasi tentang portofolio.

6. Gunakan Fitur Label untuk Pengelompokan

Kategorikan pelanggan berdasarkan minat, pembelian, atau status untuk komunikasi yang lebih personal dan terarah.

Kamu bisa gunakan label untuk mengelompokkan pelanggan yang sudah pernah membeli, pelanggan yang sedang berminat, dan pelanggan yang belum pernah membeli.

Contohnya untuk bisnis toko sepatu, buatlah segmentasi atau label pelanggan berdasarkan jenis sepatu yang disukai, seperti sneakers, high heels, dan sepatu boots.

Lalu untuk contoh lain untuk usaha jasa kursus bahasa, buat label untuk pelanggan berdasarkan level bahasa, seperti beginner, intermediate, dan advanced.

7. Manfaatkan Fitur Katalog untuk Pemesanan Mudah

Bagikan katalog produk dalam chat untuk memudahkan pelanggan dalam memilih dan memesan produk.

Gunakan fitur link produk untuk mengarahkan pelanggan langsung ke halaman pembelian.

Contohnya untuk jasa catering, bisa dengan membuat katalog menu makanan yang berisi foto, deskripsi, dan harga, dan berikan link pemesanan untuk memudahkan pelanggan memesan makanan.

8. Minta Testimoni dan Review dari Pelanggan

Dapatkan feedback positif dari pelanggan untuk membangun kepercayaan calon pembeli dan meningkatkan kredibilitas bisnis.

Baca Juga : 6 Periode Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di Whatsapp

Dengan menerapkan panduan strategi di atas secara konsisten dan kreatif, Kamu dapat meningkatkan peluang untuk banjir orderan di Whatsapp. Ingatlah untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada pelanggan agar membuat penilaian kepuasannya tinggi.

Ingatlah untuk selalu mengikuti perkembangan fitur dan tren Whatsapp Business untuk memastikan menggunakan platform ini dengan maksimal.

Maka tidak salahnya Kamu mencoba layanan Everpro Funnel. Satu layanan untuk penuhi semua kebutuhan bisnis, mulai dari membuat landing page, mengelola data pelanggan dan menyebarkan pesan tanpa limit.

Selain itu juga ada banyak benefit lainnya yang tentunya akan berguna untuk membangun bisnis

Benefit Everpro Funnel

Bantuan dari  tim penjualan untuk raih kesuksesan dengan mudah dan nikmati  benefit berikut:

  • Tersedia Puluhan Template Landing Page Siap Pakai
  • GRATIS Hosting & Custom Subdomain
  • Layanan 1 CS untuk 1 Landing page
  • Terintegrasi Langsung dengan Ekosistem Everpro (Checkout Form, WA Rotator, Custom Keyboard)

Mulai tingkatkan bisnis Kamu dengan Everpro Funnel Sekarang!

DAFTAR SEKARANG

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya