3+ Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee Jika Barang Sudah Diterima

Apakah kamu tahu cara mengajukan pengembalian dana di Shopee jika barang sudah diterima? Jika belum, simak artikel ini sampai habis dan temukan jawabannya!

Terkadang ada rasa yang menyenangkan ketika berbelanja online, tetapi rasa itu bisa hilang ketika ternyata barang yang kita tunggu-tunggu datang tidak sesuai ekspektasi.

Misalnya barang tersebut rusak, solusinya adalah toko tersebut berkeinginan untuk mengirimkan kembali produk yang sama atau pengembalian dana.

Apalagi ketika barang tersebut sudah kita terima dan pastinya kita akan dilanda kebingungan dan disaat itu butuh informasi yang lengkap. 

Oleh karena itu, Everpro kali ini akan membahas mengenai cara mengajukan pengembalian dana di Shopee jika barang sudah diterima untuk kamu.

Baca Juga: Jangan Asal Boost! Kenali Shopee Ads yang Bikin Penjualan Meroket

Apakah Bisa Pengembalian Dana di Shopee Setelah Pesanan Diterima?

cara mengajukan pengembalian dana di shopee jika barang sudah diterima
Sumber: google.com

Pertanyaan yang akan selalu muncul di benak kebanyakan pembeli online. Jawabannya adalah bisa!

Dilansir melalui laman Pusat Edukasi Penjual Shopee, dimana Shopee telah memperbarui kebijakan pengembalian dana mulai 29 Januari 2024.

Kamu sebagai pembeli bisa untuk melakukan pengembalian dana jika masih dalam masa Garansi Shopee walaupun kamu sudah meng-klik Pesanan Diterima oleh Pembeli.

Masa garansi di Shopee ada 2 macam, untuk produk dari Shopee Mall berlaku 7 hari kalender, sedangkan produk dari Non-Shopee Mall berlaku 2 hari kalender.

Pengajuan ini hanya bisa dilakukan 1 kali dari pesanan yang kamu ingin kembalikan dan berlaku untuk seluruh produk.

Baca Juga: Tips Penting! Ini 5 Solusi Paket Shopee Tidak Bergerak

Alasan Pengguna Meminta Pengembalian Dana di Shopee

Ada beberapa alasan kenapa pengguna mengajukan pengembalian dana di Shopee. 

Hal ini bisa terjadi dikarenakan penjual tidak memberikan informasi yang akurat atau bahkan kerusakan selama pengiriman. 

Maka dari itu, pelajari alasan mengapa pengguna meminta pengembalian dana di Shopee.

1. Barang Rusak atau Cacat

Alasan yang paling umum terjadi di dalam pembelian online. Kejadian ini bisa disebabkan dari beberapa faktor yaitu kesalahan produksi, kesalahan packing, kesalahan pengiriman, dan lain sebagainya.

Jadi perlu sekali kamu periksa detail dari produk tersebut ketika barang sudah diterima.

2. Barang Tidak Sesuai dengan Deskripsi

Deskripsi produk menjadi hal yang krusial saat melakukan belanja online. Tujuan pertama pembeli setelah menarik dengan produk adalah membaca deskripsi produk.

Apabila informasi tersebut tidak lengkap bisa menjadi alasan pembeli mengajukan pengembalian dana.

3. Barang Tidak Sesuai dengan Pesanan

Bisa terjadi dikarenakan kesalahan penjual dalam memproses pesanan, sehingga bisa menimbulkan pesanan yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan yang berujung pembeli tersebut mengajukan pengembalian dana.

4. Barang Tidak Sampai

Ini adalah kejadian yang paling fatal dalam belanja online. Selain menimbulkan ketidakpercayaan pembeli terhadap toko tersebut, juga pembeli akan dengan cepat melakukan pengembalian dana segera.

Bisa jadi hal ini disebabkan karena kesalahan penjual dalam memproses pesanan, kesalahan kurir, atau pun kesalahan yang dibuat oleh pembeli yaitu kesalahan dalam menulis alamat.

Baca Juga: Keterlambatan Pengiriman Shopee? Cari Tahu Penyebabnya!

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pengembalian

cara mengajukan pengembalian dana di shopee jika barang sudah diterima
Sumber: google.com

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengajukan pengembalian, maka dari itu berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu simak.

  • Maksimal batas waktu pengajuan pengembalian dana adalah tujuh hari setelah transaksi
  • Apabila transaksi tetap gagal meski sudah di refresh di sistem Merchant, maka hubungi customer service Shopee untuk pengembalian dana 
  • Jika terdapat notifikasi error atau kegagalan melakukan transaksi, maka perbarui terlebih dahulu aplikasi Shopee tersebut dan setelah itu lanjutkan transaksinya.
  • Hubungi customer service apabila dana belum kunjung dikembalikan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Dana di Shopee

Sebelum kamu mengajukan pengembalian dana di Shopee, penting untuk memahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh sebab itu, berikut adalah syarat dan ketentuan yang bisa kamu persiapkan.

  • Terjadi kegagalan transaksi pada sistem Merchant, sementara transaksi pembelian tersebut berhasil
  • Pembeli melakukan dua kali pembayaran untuk satu transaksi karena adanya transaksi ganda
  • Dikarenakan tidak menerima pesanan, maka permintaan untuk pengembalian dana mendapatkan persetujuan
  • Jumlah uang yang dibayarkan tidak sesuai dengan transaksi atau nilai beli barang
  • Penjual membatalkan pesanan
  • Permintaan pengembalian dana untuk produk rusak mendapat persetujuan

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee Jika Barang Sudah Diterima

cara mengajukan pengembalian dana di shopee jika barang sudah diterima
Sumber: google.com

Tidak hanya cara retur barang di Shopee, kamu juga perlu mengetahui cara mengajukan pengembalian dana di Shopee jika barang sudah diterima.

Oleh sebab itu, berikut adalah cara mengajukan pengembalian dana di Shopee jika barang sudah diterima di berbagai kondisi.

Barang Sudah Diterima COD

  • Pertama, kamu buka aplikasi Shopee terlebih dahulu dan masuk ke menu Saya
  • Kemudian pilih Pesanan dan kamu klik Ajukan Pembelian dilanjutkan dengan meng-klik Status Pengajuan dan pilih produknya
  • Selanjutnya kamu masukkan Alasan dan klik Konfirmasi dan masukkan bukti pendukungnya
  • Setelah itu, kamu klik Kirim dan tunggu konfirmasi melalui notifikasi dari aplikasi dan email

Baca Juga: Kenapa Shopee Tidak Bisa COD Ini Alasan dan Solusinya!

Barang Tidak Dikirim

  • Langkah pertama, kamu buka Shopee 
  • Akan muncul halaman utama dan klik ke menu Saya yang ada di pojok kanan bawah aplikasi
  • Kemudian kamu bisa pilih Dikemas dan pilih pesanan yang ingin kamu batalkan
  • Setelah itu akan muncul detail pesanan dan scroll ke bawah hingga ada pilihan Batalkan Pesanan dan klik
  • Selanjutnya kamu bisa isi alasannya dan klik Ajukan Pembatalan dan klik Konfirmasi
  • Terakhir, kamu tunggu respon dari penjual tersebut sampai batas waktu yang diberikan pihak Shopee. Lewat dari batas waktu akan secara otomatis dibatalkan pesanan tersebut apabila belum juga dikirim

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Tanpa Kirim Barang? Ini Dia Caranya!

Barang Sudah Dikirim

  • Kamu bisa buka Shopee dan ke menu Saya
  • Lalu pilih Dikirim dengan ikon truk dan pilih pesanan yang ingin kamu ajukan pengembalian dana
  • Setelah itu klik Ajukan Pembelian yang berada di pojok kiri bawah dan masukkan alasan yang kamu berikan
  • Tahap terakhir adalah kamu tunggu tanggapan dari penjual tersebut. Komunikasikan terlebih dahulu supaya barang tidak masuk ke dalam proses kirim ekspedisi

Baca Juga: Simpel! Cara Memilih Jasa Pengiriman di Shopee

Berapa Lama Proses Pengembalian Dana di Shopee

Proses untuk pengembalian dana di Shopee kurang lebih membutuhkan waktu 3 hari dalam memberikan keputusan pengembalian dana tersebut.

Adanya beberapa proses seperti mengumpulkan bukti pendukung yang memperkuat pengajuan pembeli serta melakukan pengecekan dan menghubungi penjual yang dilakukan tim terkait di Shopee.

Jika lewat dari 3 hari penjual tidak memberikan tanggapan, maka keputusan akan diberikan langsung oleh pihak Shopee dan itu bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Nah, itu dia pembahasan mengenai cara mengajukan pengembalian dana di Shopee dengan lengkap. Tentunya dengan kamu mengetahuinya kamu bisa mendapatkan pelajaran dalam berbelanja online.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang masih mencari cara pengajuan pengembalian dana dengan baik dan benar.

Jangan lupa share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu informasi seputar bisnis lainnya yang menarik dan informatif hanya di Everpro!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Kamu pemula atau pebisnis yang ingin meningkatkan penjualan toko online di marketplace? Yuk, mulai gunakan layanan Everpro Marketplace Enabler!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Yuk, daftar sekarang dan tingkatkan penjualan toko onlinemu dengan Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya