Cara Mengatasi WhatsApp Business Error dan Penyebabnya

Ketika WA Bisnis tiba-tiba tidak bisa digunakan sementara waktu, maka kamu perlu tahu cara mengatasi WhatsApp Business error agar akunmu kembali berfungsi.

Akun yang tiba-tiba error tentu mengganggu aktivitas bisnis kamu di WA, mulai dari tidak dapat membalas chat pelanggan, melakukan follow up, dan percakapan bisnis lainnya.

Tidak hanya karena server yang sedang down, ternyata ada banyak jenis dan penyebab error pada WhatsApp Business, sehingga cara mengatasinya juga berbeda-beda.

Untuk itu, mari simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Jenis Error Pada WhatsApp Business

cara mengatasi whatsapp business error
Sumber: google.com/bersosial

1. Masalah Koneksi

Jenis error yang pertama yaitu masalah koneksi yang ditandai dengan notifikasi “Unable to connect. Please try again later.” atau “Tidak dapat terhubung. Silakan coba lagi nanti.”

Masalah ini akan muncul ketika aplikasi tidak bisa terhubung ke koneksi internet, bisa karena jaringan Wi-Fi yang tidak stabil atau sinyal seluler yang lemah.

2. Kesalahan Otentikasi

Kesalahan otentikasi biasanya akan memunculkan notifikasi “failed authentication“. Otentikasi merupakan proses verifikasi identitas untuk memastikan pengguna yang masuk adalah yang sah.

Jenis error ini terjadi jika kamu salah memasukkan kata sandi, nomor telepon, ataupun kode OTP saat mencoba terhubung ke aplikasi WhatsApp Business.

3. Aplikasi WA Bisnis Tidak Responsif

Juga ada jenis error dari aplikasi WhatsApp Business yang tidak responsif, jadi kamu diminta untuk menunggu sebentar atau menutup aplikasi, lalu menghidupukannya kembali.

Aplikasi tidak memberikan respon biasanya terjadi karena penggunaan memori yang tinggi.

4. Pesan WhatsApp Tertunda

Error pada WhatsApp Business tidak hanya terjadi ketika pengguna tidak bisa masuk ke aplikasi, tapi juga ketika pesan yang akan dikirim tertunda atau gagal terkirim.

Jenis error ini ditandai dengan ikon waktu di bagian pesan yang akan kamu kirim ke pelanggan. Jika pesan berhasil dikirim, maka ikon yang muncul yaitu centang satu atau centang dua.

5. Pembaruan Gagal

Pembaruan gagal merupakan jenis error WhatsApp Business ketika aplikasi membutuhkan upgrade atau pembaruan, namun gagal karena beberapa penyebab.

Bisa karena ruang penyimpanan yang tidak cukup, koneksi internet yang tidak stabil, atau masalah server. Ini juga menyebabkan pengguna tidak dapat membuka aplikasi WA bisnis.

6. Gangguan Fitur Bisnis

Jenis error yang terakhir yaitu gangguan pada fitur bisnis. WhatsApp Business memang memiliki fitur yang lebih banyak dibanding aplikasi WhatsApp biasa.

Ketika terjadi error, ini bisa dikarenakan fitur bisnis seperti katalog, statistik, atau fitur lainnya yang mengalami masalah teknis di servernya.

Selain itu, juga bisa karena pengguna tidak mengatur setelan fitur WhatsApp Business tertentu.

Penyebab Error WhatsApp Business

cara mengatasi whatsapp business error
Sumber: google.com/bersosial

1. Koneksi Internet Lambat/Tidak Stabil

Penyebab paling umum dari error pada WhatsApp Business yaitu karena koneksi internet yang lambat atau jaringan yang sedang tidak stabil.

Untuk mengatasinya, berikut cara yang bisa kamu lakukan:

  • Periksa koneksi Wi-Fi atau sinyal seluler kamu.
  • Coba pindah ke lokasi dengan sinyal yang lebih kuat.
  • Restart router atau perangkat mobile kamu.

2. Masalah Server

Ketika kamu tidak bisa membuka dan menjalankan aplikasi WhatsApp Business, maka penyebabnya karena server WhatsApp yang sedang down.

Situasi ini biasanya juga terjadi bersamaan dengan pengguna WhatsApp Business lainnya, sehingga yang bisa dilakukan yaitu menunggu hingga pihak WhatsApp memulihkan server.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk restart perangkat, menyalakan ulang data seluler, atau menghapus cache di perangkat.

3. Versi Aplikasi Usang

Menggunakan versi aplikasi WhatsApp Business lama yang tidak terpebarui juga bisa menyebabkan aplikasi error dan tidak dapat dipakai.

Untuk mengatasinya, periksa pembaruan aplikasi di Google Play Store atau App Store, lalu upgrade aplikasi di perangkat yang kamu gunakan.

Namun sebelum itu, pastikan kamu juga sudah melakukan backup pada data di WA bisnis.

4. Pengaturan Perangkat

Pengaturan perangkat juga menjadi penyebab WhatsApp Business mengalami error, misalnya ketika spesifikasi perangkat tidak mendukung syarat minimum sistem operasi WA bisnis.

Penyebab lainnya juga karena ruang penyimpanan yang penuh, sehingga tidak cukup ruang untuk menyimpan data dari WA bisnis.

Cara mengatasi penyebab ini yaitu dengan menghapus beberapa file yang tidak diperlukan di perangkat kamu, sehingga tersedia ruang yang cukup.

Selain itu, jika disebabkan karena perangkat yang kurang mendukung, kamu bisa menggunakan perangkat lain dan pindahkan WhatsApp Business dari HP lama ke HP baru.

5. Pengaturan Aplikasi

Apabila WhatsApp Business kamu tidak bisa berfungsi dengan semestinya, misalnya error saat mengirim foto atau gambar, maka coba periksa pengaturan aplikasinya.

Karena salah satu penyebab utamanya yaitu kamu tidak memberikan izin aplikasi untuk mengakses media-media tertentu dan pengaturan notifikasi.

6. Kebijakan Keamanan

Kebijakan keamanan yang ketat, seperti firewall atau VPN, dapat membatasi akses aplikasi WhatsApp Business ke internet.

Untuk mengatasi error karena kebijakan keamanan, kamu perlu menonaktifkan sementara VPN atau firewall di perangkatmu.

7. Penggunaan Fitur Berlebihan

Penyebab lainnya dari error pada WhatsApp Business yaitu karena pihak WhatsApp mendeteksi adanya spam dari broadcast pesan yang kamu kirim ke pelanggan.

Kamu perlu berhati-hati dengan penyebab satu ini, karena akan mengancam akun WA diblokir sementara atau permanen oleh pihak WA.

Cara mengatasi error karena hal ini yaitu dengan membatasi fitur yang dianggap spam dan pastikan kamu mematuhi kebijakan penggunaan WhatsApp Business.

Sobat Everpro, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi WhatsApp Business error. Namun, sebelum error pada akunmu, alangkah baiknya untuk mengantisipasi penyebab di atas.

Hindari WhatsApp Error dengan Gunakan WA Bisnis API dari Everpro Chat

Mengandalkan Everpro Chat untuk mengelola pesan bisnis ke pelanggan adalah langkah yang tepat untuk mengantisipasi terjadinya berbagai jenis error di atas.

Sebagai platform yang membantu bisnis mengelola pesan ke pelanggan melalui aplikasi perpesanan, Everpro Chat turut memperhatikan segala kemungkinan error pada WA bisnis.

Karena itu, Everpro Chat telah terintegrasi dengan WhatsApp Business API dan memiliki fitur serta layanan yang lebih lengkap daripada WhatsApp biasa.

Mulai dari fitur kirim brodcast anti-banned ke banyak pelanggan, maksimalkan closing WA dengan template broadcast, flow kerja tim yang ringkas, dan banyak fitur unggalan lainnya.

Yuk, saatnya wujudkan aktivitas bisnis yang efektif dan efisien bersama Everpro. Daftar gratis di Everpro dan nikmati layanan Everpro Chat sekarang juga!

Picture of Sania Majida

Sania Majida

Sania is a SEO Content Writer with experience in the technology, retail, and finance industries. Sania support businesses in increasing sales through the top funnel (brand awareness) by creating content for the right audience.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya