Kirim Paket Bayar Ditempat dengan JNE COD, Ini Caranya!

jne cod

Apa JNE bisa COD? Tentu bisa! Berikut penjelasan mengenai JNE COD untuk pengiriman barang yang bisa bayar ditempat. Simak disini!

Semakin pesatnya perkembangan zaman telah membantu masyarakat dalam segala hal. Salah satunya adalah dalam kebutuhan pengiriman.

Hadirnya jasa pengiriman memudahkan kita untuk mengirim barang dengan cepat. JNE merupakan pelopor jasa kirim yang kian berkembang. Layanannya yang tersedia di seluruh wilayah Indonesia menjadi alasan banyak yang menggunakan jasa pengiriman ini. 

Terkadang metode pembayaran langsung ditempat menjadi pilihan mudah. Apalagi jika hendak mengirim barang dan ingin pembayaran oleh penerima atau pembeli, maka COD adalah solusinya.

JNE COD merupakan layanan yang bisa anda pilih, apakah anda sedang mencari informasinya? Baca sampai tuntas artikel ini untuk menemukan informasi dan cara lengkapnya.

Apa Itu COD (Cash On Delivery)?

jne cod
Sumber: google.com

Sebagian orang kerap menggunakan COD sebagai metode pembayaran yang dianggap lebih mudah dan sederhana. Namun banyak juga yang belum begitu paham mengenai pengertian COD.

Cash On Delivery atau yang biasa disingkat COD adalah istilah untuk metode pembayaran dari aktivitas online, seperti berbelanja. Jadi pembayaran terjadi dengan cara bertemu langsung dengan penjual atau pengirim barang, singkatnya pembayaran saat serah terima barang.

Marketplace atau toko online yang menyediakan pilihan COD biasanya bekerja sama dengan jasa pengiriman yang mempunyai fasilitas tersebut, salah satunya yaitu JNE. Dengan begitu anda dapat membayarkan barang yang anda beli kepada kurir yang mengirim paket.

Keuntungannya adalah anda bisa memastikan bahwa transaksi tersebut bukanlah penipuan. Selain itu, jenis pembayaran yang cash atau tunai jadi lebih sederhana untuk yang tak terbiasa dengan pilihan transfer via ATM atau M-banking.

Everpro

Apa JNE Bisa COD?

jne cod
Sumber: google.com

Saat ini telah banyak jasa pengiriman yang menyediakan layanan COD (cash on delivery), salah satunya adalah JNE. Fasilitas ini dapat memberi kemudahan sebagai salah satu metode pembayaran. 

Baik individu atau pengusaha dapat menggunakan JNE COD. Adapun keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pemilik usaha online dapat membuat pembeli menjadi lebih percaya.
  • Dapat membangun reputasi toko online anda karena kepercayaan konsumen.
  • Sebagai konsumen dapat menghindari penipuan, seperti barang yang tidak dikirim oleh penjual setelah anda membayarkannya.
  • Menjadi solusi alternatif dari metode pembayaran.

Baca juga: Info Lengkap JNE Express yang Memudahkan Pengiriman Paket

Syarat dan Ketentuan COD JNE

jne cod
Sumber: google.com

Sebagai salah satu pilihan alternatif pembayaran, JNE COD memiliki syarat dan ketentuan tersendiri dalam proses menggunakannya, berikut penjelasannya:

Syarat Secara Umum

  • Anda wajib mengisi formulir COD (PCRF) pada laman yang tersedia di website JNE.
  • Memiliki Fotokopi KTP Penjual atau Seller.
  • Fotokopi NPWP Penjual/Badan Usaha.
  • Fotokopi Kartu JNE Loyalty Card (JLC).
  • Memfotokopi Buku Tabungan yang tertera nomor rekening yang anda gunakan.
  • Mengisi lengkap formulir CS3 yaitu Form Customer Self Service System.

Ketentuan Secara Umum 

Berikut beberapa ketentuan berlakunya fasilitas ini:

  • Penjual (seller) telah terdaftar menjadi member dari JNE Loyalty Card (JLC) minimal 1 bulan berjalan.
  • Hanya berlaku untuk penjual mandiri yang tidak memasarkan melalui marketplace atau Seller-non-Marketplace. Selain itu, telah terdaftar dan bertransaksi melalui JNE Sales Counter.
  • Fasilitas ini hanya berlaku untuk jenis pengiriman JNE Reguler.

Baca juga: Inilah Cara Kirim Barang Lewat JNE yang Tepat dan Mudah

Cara Kirim Paket JNE COD

jne cod
Sumber: google.com

Setelah anda memahami dan memenuhi seluruh persyaratan dan ketentuan JNE COD, anda bisa mulai mengirimkan barang dengan pilihan fasilitas ini. Tidak perlu menjual lewat marketplace, anda sebagai penjual online juga bisa.

Berikut langkah-langkah untuk mengirim paket menggunakan fasilitas ini:

  1. Pertama, kunjungi laman cs3.jne.co.id. Akan terdapat menu ‘Login’, lalu masukkan username dan password akun anda. Kemudian klik ‘Sign in’.
  2. Setelah anda login, masuk ke dashboard dan klik ‘Create Order’. Pilih menu ‘Order Manually’ agar anda dapat leluasa mengaturnya. Lanjutkan dengan memilih apakah anda dropshipper atau bukan.
  3. Selanjutnya, masukkan informasi nama pengirim dan penerima, juga alamat penerima dengan lengkap, dan nomor ponselnya. Anda dapat mengosongkan bagian PIC, dan lanjut mengisi nama kota tujuan di bawahnya.
  4. Setelah semuanya diisi, pilih ‘Create Reference’ untuk mendapatkan nomor referensi.
  5. Saat anda sudah mendapatkan nomor referensi, lanjutkan ke menu ‘Goods Type’ untuk memilih jenis barang. Pilih apakah barang tersebut ‘Paket’ atau ‘Dokumen’.
  6. Kemudian masukkan informasi mengenai barang, penanganan khusus, kategori, dan estimasi harga. Lalu klik “Choose Service’ dan pilih layanan JNE REG yang mendukung fasilitas COD.
  7. Masukkan data mengenai berat barang dan jumlahnya. Kemudian pilih layanan tambahan seperti asuransi. Setelah semua informasi diisi dengan benar klik ‘Calculate’.
  8. Lalu menu ‘Goods Amount’ akan otomatis menampilkan tarif ongkir. Lanjutkan dengan klik ‘Process Now’.
  9. Website akan mengarahkan anda ke menu resi yang telah selesai. Cetak resi tersebut dan tempelkan di atas paket yang sudah selesai anda kemas.
  10. Setelah semuanya siap, anda hanya perlu datang ke agen JNE terdekat. Pastikan telah membawa uang sesuai dengan perhitungan tarif.
  11. Serahkan paket yang akan dikirim beserta biayanya. Proses pengiriman akan segera berjalan.
  12. Setelah barang sampai ke konsumen, maka uang tersebut akan ditransfer ke rekening yang anda cantumkan maksimal 14 hari setelah barang diterima.

Demikian informasi dan penjelasan mengenai JNE COD. Anda bisa melakukan pengiriman dengan efisien, dan memiliki keuntungan bagi penjual maupun pembeli.

Semoga artikel ini bermanfaat. Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?