WhatsApp merupakan aplikasi percakapan yang tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi, namun juga untuk bisnis. Apa perbedaan WA biasa dan WA bisnis?
Meskipun sama-sama aplikasi bawaan Meta yang gratis, namun WhatsApp biasa dan WhatsApp Business punya banyak perbedaan terutama pada fungsi dan fitur-fiturnya.
Perbedaan kedua aplikasi ini sangat penting diketahui agar dapat digunakan dengan semestinya. Apalagi, jika untuk kebutuhan bisnis maka sangat disarankan untuk menggunakan WA bisnis.
Karena itu, artikel ini akan memberikan kamu ulasan lengkap tentang perbedaan dua aplikasi ini.
Daftar Isi:
ToggleApa itu WA Biasa dan WA Bisnis?
WhatsApp biasa adalah aplikasi pengelola pesan gratis yang dirancang untuk komunikasi pribadi antara dua orang pengguna atau lebih.
Melalui fitur-fiturnya, aplikasi WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dokumen, pesan suara, dan panggilan suara serta video.
Bahkan, saat ini WhatsApp semakin canggih dengan fitur Status Saya yang memungkinkan pengguna untuk membagikan kesehariannya.
Sedangkan WhatsApp Business, sesuai namanya yaitu aplikasi pengiriman pesan yang dirancang khusus untuk aktivitas bisnis terutama menghubungkan pelanggan dan penjual secara online.
Dengan fitur WhatsApp Business yang lebih lengkap dari WhatsApp biasa, mendorong pebisnis untuk meningkatkan penjualan, membangun hubungan baik dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas, serta memperluas jangkauan bisnis secara daring.
Perbedaan WA Biasa dan WA Bisnis
1. Tujuan Penggunaan
Perbedaan utama yang paling menonjol dari aplikasi WhatsApp biasa dan WhatsApp Business terletak pada tujuan penggunaanya.
Seperti definisi di atas, WhatsApp biasa bertujuan untuk kebutuhan komunikasi pribadi. Biasanya, pesan dikirim kepada teman, keluarga, kerabat, dan orang lain secara privat.
Sebaliknya, tujuan penggunaan WhatsApp Business yaitu untuk berinteraksi dengan pelanggan. Karena itu, pengguna WA bisnis umumnya merupakan pelaku bisnis kecil, menengah, dan besar.
Tidak hanya berkirim pesan ke pelanggan, bahkan WhatsApp bisnis juga dimanfaatkan untuk menjalankan strategi WhatsApp marketing yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
2. Profil Bisnis
Profil kedua aplikasi ini juga jauh berbeda. Fitur profil WA biasa hanya bisa menampilkan nama pengguna, deskripsi, dan foto profil saja.
Sedangkan profil WA bisnis lebih lengkap, mulai dari nama bisnis, logo, deskripsi bisnis, tautan ke situs web, katalog produk, kategori bisnis, jam operasional, dan alamat bisnis.
Dari fitur profil yang lebih lengkap ini, sudah jelas bahwa WA bisnis memudahkan pelanggan untuk mengetahui informasi penting mengenai bisnis. Adapun WA biasa karena hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi saja, sehingga tidak memerlukan profil yang rinci.
3. Fitur Pesan Otomatis
Pada WhatsApp Business, terdapat fitur pesan otomatis yang biasanya sangat diandalkan pebisnis untuk mengirim pesan balasan secara otomatis kepada pelanggan.
Misalnya, saat pebisnis tidak dapat aktif membalas pesan pelanggan atau saat pelanggan mengirim pesan di luar jam operasional.
Sedangkan pada WA biasa, fitur pesan otomatis ini tidak tersedia di aplikasi WhatsApp karena tidak relevan dengan tujuan aplikasi ini.
4. Label Obrolan
Pada WhatsApp biasa, tidak tersedia fitur label obrolan. Sedangkan di WA binis, fitur label obrolan ini tersedia dan memungkinkan pebisnis menandai kontak atau percakapan tertentu.
Dengan fitur ini, pebisnis akan lebih mudah menemukan kontak atau pesan yang diprioritaskan. Bahkan, fitur label obrolan ini juga bisa digunakan untuk membuat segmentasi pelanggan.
5. Statistik Pesan
Perbedaan selanjutnya juga terdapat di fitur statistik pesan, yang tersedia di WhatsApp Business, namun tidak ada di WhatsApp biasa.
Fitur ini hanya tersedia di WhatsApp Business saja karena fungsinya yang khusus untuk membantu aktivitas bisnis, mulai dari menampilkan data jumlah pesan yang dikirim ke pelanggan, pesan diterima, dan pesan dibaca.
6. Fitur Katalog Produk
WhatsApp Business punya fitur katalog produk yang memungkinkan penjual untuk menampilkan produk atau layanan yang mereka tawarkan kepada pelanggan di etalase WA commerce.
Tampilan katalog produk ini mulai dari nama produk, deskripsi, harga, kode yang sifatnya opsional, gambar, dan tautan ke situs website bisnis.
Adapun pada WhatsApp biasa, fitur katalog produk ini tidak tersedia. Karena fitur ini, pebisnis lebih disarankan untuk menggunakan WhatsApp Business.
7. Fitur Pembayaran
Fitur pembayaran hanya ada di WhatsApp Business saja, dan tidak tersedia di WhatsApp biasa.
Pada WA bisnis, fitur pembayaran WhatsApp bisa menyederhanakan proses transaksi, sehingga pebisnis bisa menerima pembayaran dari pelanggan secara langsung di aplikasi WA bisnis.
Fitur ini bisa diatur untuk muncul di halaman obrolan dengan pelanggan. Pelanggan juga bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan dari beberapa pilihan yang tersedia.
8. Dukungan Multi-Device
Meskipun sama-sama bisa menghubungkan WhatsApp ke lebih dari satu perangkat, namun terdapat perbedaan dukungan multi-device antara WA biasa dan WA bisnis.
Pada WhatsApp biasa, fitur multi-device memungkinkan satu akun WhatsApp terhubung ke maksimal empat perangkat secara bersamaan.
Sedangkan pada WhatsApp Business, pengguna dapat menambahkan customer service atau perangkat tanpa ada batas maksimal. Fitur ini juga dikenal dengan WA bisnis multiple user.
9. Fitur Konektivitas
Fitur konektivitas adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk terhubung ke akun atau perangkat lain. Baik itu WhatsApp biasa maupun WhatsApp Business sama-sama memiliki fitur konektivitas berupa kode QR untuk terhubung ke akun lain.
Namun, perbedaannya terletak pada kemampuan pembuatan shortlink, yang hanya ada di WA bisnis saja. Shortlink bisa dibagikan kepada pelanggan untuk terhubung ke akun bisnis.
Fitur ini mirip seperti strategi Click-to-WhatsApp Ads yang juga memberikan tautan akun bisnis kepada pengguna melalui iklan yang dijalankan di Facebook atau Instagram.
10. Akses API
Perbedaan terakhir yang paling mendasar yaitu akses ke API (Application Programming Interface). API adalah sebuah sistem yang membantu aktivitas komunikasi jadi lebih praktis.
Aplikasi yang bisa mendapatkan akses API hanyalah WhatsApp Business, sedangkan WhatsApp biasa tidak dapat terhubung dengan API.
Dengan akses API, interaksi antara pebisnis dengan pelanggan jadi lebih efisien. Ini karena pebisnis akan mendapatkan akses fitur-fitur WhatsApp Business API yang lebih lengkap.
Untuk mengakses API, kamu harus memanfaatkan platform pihak ketiga seperti Everpro Chat, yang telah terintegrasi resmi dengan WhatsApp Business API.
Dapatkan WhatsApp Bisnis API Terbaik dari Everpro Chat
Ada banyak keuntungan yang akan kamu peroleh ketika menggunakan WhatsApp Business API. Namun, terlepas dari keuntungan tersebut, memilih platform yang tepat juga sangat penting.
Pilihlah platform terbaik yang tidak hanya menyediakan fitur lengkap dari API, namun juga menyediakan fitur tambahan untuk memaksimalkan WhatsApp marketing tools.
Nah, Everpro Chat bisa jadi pilihan yang tepat untuk bisnis kamu. Selain terintegrasi dengan WA bisnis API, Everpro Chat juga menawarkan keuntungan lainnya untuk pebisnis, diantaranya:
- Verifikasi akun WhatsApp Business (centang hijau) yang cepat.
- Multiple Customer Service (CS) management.
- Manajemen database pelanggan yang terhubung di satu platform.
- Broadcast pesan yang anti-banned.
- Akses template broadcast pesan siap pakai.
Saatnya percayakan Everpro Chat untuk mendorong penjualan bisnismu. Segera berlangganan Everpro Chat sekarang juga!