everpro

Arti Shipment Forwarded to Destination dan Estimasi Waktu Sampai

Apa arti shipment forwarded to destination dalam proses pengiriman paket/barang? Yuk, simak penjelasan salah satu istilah yang berkaitan dengan pengiriman di bawah ini!

Dalam kegiatan proses pengiriman barang, terdapat berbagai istilah yang menggambarkan suatu kegiatan maupun kondisi.

Seperti istilah-istilah yang tampil dalam status pengiriman. Salah satunya adalah shipment forwarded to destination yang kerap muncul pada status pengiriman JNE.

Umumnya, status tersebut muncul dalam proses pengiriman barang antar kota. Lantas, apa artinya? Berapa lama barang sampai setelah status tersebut muncul?

Baca ulasan lengkapnya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Arti Shipment Forwarded to Destination

Shipment Forwarded to Destination
Sumber: pexels.com

Mengutip dari Cambridge Dictionary, shipment memiliki arti “a large amount of goods sent together to a place, or the act of sending them.

Jika menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia maka kalimat tersebut artinya adalah mengirimkan barang dalam jumlah besar secara bersama-sama ke suatu tempat, atau tindakan mengirimkannya.

Sedangkan hasil terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dari shipment forwarded to destination artinya adalah pengiriman diteruskan ke tujuan.

Hal ini menggambarkan suatu proses pengiriman barang, yaitu barang sedang dalam perjalanan menuju lokasi tujuan.

Baca juga: Part Artinya dalam Berbagai Konteks dan Contoh Penggunaannya

Shipment Forwarded to Destination Artinya dalam Status Pengiriman

Dalam status pengiriman terdapat istilah-istilah yang menggambarkan kondisi keberadaan paket. Umumnya istilah dari status pengiriman tersebut menggunakan Bahasa Inggris.

Setelah mengetahui apa arti shipment forwarded to destination atau pengiriman diteruskan ke tujuan. Maka akan lebih memahaminya ketika status ini muncul saat cek resi.

Status pengiriman ini kerap muncul dalam pengiriman barang menggunakan JNE. Adapun status ini menunjukkan bahwa paket atau barang kiriman yang sedang dalam transit, kini telah melanjutkan proses pengiriman ke lokasi tujuan sesuai dengan alamat yang tertera.

Jika status ini muncul, maka artinya adalah paket belum sampai ke tempat destinasi, namun tengah dalam proses pengiriman. 

Shipment Forwarded from Transit City to Destination City Artinya

Status pengiriman ini mengacu pada proses pengiriman yaitu paket atau barang kiriman tengah dalam perjalanan dari kota asal ke kota tujuan, namun pengiriman barang tersebut harus melewati kota transit.

Kota transit artinya adalah kota sebagai tempat transfer paket atau barang ke pengangkutan lain, seperti kendaraan, pesawat, atau kapal, sebelum akhirnya meneruskan ke kota tujuan.

Adanya transit bertujuan untuk meminimalisir waktu pengiriman serta meningkatkan efisiensi.

Misalnya, mengirim paket dari kota A ke kota B, namun tidak terdapat bandara atau pelabuhan di kota B. maka paket akan melalui kota transit terlebih dahulu yaitu kota C yang memiliki bandara atau pelabuhan, baru akan meneruskan ke kota B dengan transportasi darat.

Selain itu, proses ini juga dapat meminimalisir biaya pengiriman, karena pengiriman dari kota asal menuju kota transit lebih murah daripada langsung dari kota asal ke kota tujuan.

Baca juga: Apa Itu POD dalam Pengiriman Barang? Ini Penjelasannya!

Pengertian Received at Inbound Station

Jika kamu melihat status pengiriman paket kamu tertulis istilah Received at Inbound Station itu artinya paket kamu sudah di terima oleh agen atau kantor cabang terdekat dari alamat tujuan pengiriman.

Ini artinya paket kamu sudah dekat dengan alamat kamu dan sesaat lagi akan masuk ke dalam proses pengiriman dengan kurir. Jadi sabarlah sedikit ya sobat Everpro!

Nah, itu penjelasan dari istilah Received at Inbound Station yang seringkali muncul pada proses pengiriman paket menggunakan jasa ekspedisi atau pengiriman.

Berapa Lama Shipment Forwarded to Destination?

Shipment Forwarded to Destination
Sumber: pexels.com

Secara umum setelah status shipment forwarded to destination muncul, maka paket akan tiba di lokasi penerima sekitar 1-3 hari kerja. 

Lama sampainya barang atau paket ke lokasi penerima dari munculnya status ini sebenarnya tergantung pada beberapa faktor. Misalnya faktor jarak antara lokasi asal ke tujuan, jenis layanan pengiriman, hingga kondisi cuaca atau keamanan.

Untuk beberapa jenis pengiriman, seperti ekspres atau pengiriman darat, dapat mencapai tujuan dengan waktu yang lebih singkat. Namun, hal ini sepadan dengan biaya pengiriman atau tarif ongkir yang relatif lebih mahal.

Untuk mengetahui estimasi waktu pengiriman yang lebih akurat, dapat melakukan cek ongkir sebelum mengirimkannya. Dengan begitu bisa mengetahui perkiraan waktu paket sampai ke lokasi penerima.

Namun bagaimana jika setelah status tersebut muncul, masih belum menerima barang lebih dari 3 hari kerja?

Jika hal tersebut terjadi, anda bisa menghubungi customer service dari pihak jasa pengiriman, atau langsung mendatangi agen terdekat untuk mendapatkan kejelasan.

Pastikan juga untuk memberi tahu nomor resi agar memudahkan proses investigasi dari pihak jasa pengiriman.

Demikian penjelasan mengenai salah satu istilah dalam yang kerap muncul dalam status pengiriman, khususnya untuk ekspedisi JNE.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Jika kamu ingin mengirim barang atau paket dengan mudah dan bisa kasih kamu banyak keuntungan, Everpro Shipping merupakan layanan yang tepat untuk kamu!

Dengan Everpro kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti di bawah ini:

Benefit Everpro Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler.
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 20+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1×24 jam setiap hari
  • Data penjualan dan pengiriman di tersaji di satu dashboard lengkap
  • Jemput paket di mana saja tanpa minimal jumlah atau berat
  • Mudah klaim bila paket bermasalah
  • Fitur Ticketing antara user, tim Everpro dan tim 3PL
  • RTS Scoring fitur berbasis AI yang membantu dalam meninjau lokasi order & memperkecil kemungkinan RTS

Tunggu apalagi? Segera beralih ke layanan Shipping Everpro sekarang juga!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya