everpro

Arti Shipment Forwarded to Destination dan Estimasi Waktu Sampai

shipment forwarded to destination

Apa arti shipment forwarded to destination dalam istilah pengiriman? Simak penjelasan salah satu istilah dalam status pengiriman berikut ini.

Dalam kegiatan proses pengiriman barang, terdapat berbagai istilah yang menggambarkan suatu kegiatan maupun kondisi.

Seperti istilah-istilah yang tampil dalam status pengiriman. Salah satunya adalah shipment forwarded to destination yang kerap muncul pada status pengiriman JNE.

Umumnya, status tersebut muncul dalam proses pengiriman barang antar kota. Lantas, apa artinya? Berapa lama barang sampai setelah status tersebut muncul?

Baca ulasan lengkapnya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Arti Shipment Forwarded to Destination

shipment forwarded to destination
Sumber: pexels.com

Mengutip dari Cambridge Dictionary, shipment memiliki arti “a large amount of goods sent together to a place, or the act of sending them.

Jika menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia maka kalimat tersebut artinya adalah mengirimkan barang dalam jumlah besar secara bersama-sama ke suatu tempat, atau tindakan mengirimkannya.

Sedangkan hasil terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dari shipment forwarded to destination artinya adalah pengiriman diteruskan ke tujuan.

Hal ini menggambarkan suatu proses pengiriman barang, yaitu barang sedang dalam perjalanan menuju lokasi tujuan.

Everpro

Baca juga: Part Artinya dalam Berbagai Konteks dan Contoh Penggunaannya

Shipment Forwarded to Destination Artinya dalam Status Pengiriman

shipment forwarded to destination
Sumber: pexels.com

Dalam status pengiriman terdapat istilah-istilah yang menggambarkan kondisi keberadaan paket. Umumnya istilah dari status pengiriman tersebut menggunakan Bahasa Inggris.

Setelah mengetahui apa arti shipment forwarded to destination atau pengiriman diteruskan ke tujuan. Maka akan lebih memahaminya ketika status ini muncul saat cek resi.

Status pengiriman ini kerap muncul dalam pengiriman barang menggunakan JNE. Adapun status ini menunjukkan bahwa paket atau barang kiriman yang sedang dalam transit, kini telah melanjutkan proses pengiriman ke lokasi tujuan sesuai dengan alamat yang tertera.

Jika status ini muncul, maka artinya adalah paket belum sampai ke tempat destinasi, namun tengah dalam proses pengiriman. 

Pengertian Shipment Forwarded from Transit City to Destination City

pengiriman diteruskan ke tujuan
Sumber: pexels.com

Status pengiriman ini mengacu pada proses pengiriman yaitu paket atau barang kiriman tengah dalam perjalanan dari kota asal ke kota tujuan, namun pengiriman barang tersebut harus melewati kota transit.

Kota transit artinya adalah kota sebagai tempat transfer paket atau barang ke pengangkutan lain, seperti kendaraan, pesawat, atau kapal, sebelum akhirnya meneruskan ke kota tujuan.

Adanya transit bertujuan untuk meminimalisir waktu pengiriman serta meningkatkan efisiensi.

Misalnya, mengirim paket dari kota A ke kota B, namun tidak terdapat bandara atau pelabuhan di kota B. maka paket akan melalui kota transit terlebih dahulu yaitu kota C yang memiliki bandara atau pelabuhan, baru akan meneruskan ke kota B dengan transportasi darat.

Selain itu, proses ini juga dapat meminimalisir biaya pengiriman, karena pengiriman dari kota asal menuju kota transit lebih murah daripada langsung dari kota asal ke kota tujuan.

Baca juga: Apa Itu POD dalam Pengiriman Barang? Ini Penjelasannya!

Berapa Lama Shipment Forwarded to Destination?

shipment forwarded to destination
Sumber: pexels.com

Secara umum setelah status shipment forwarded to destination muncul, maka paket akan tiba di lokasi penerima sekitar 1-3 hari kerja. 

Lama sampainya barang atau paket ke lokasi penerima dari munculnya status ini sebenarnya tergantung pada beberapa faktor. Misalnya faktor jarak antara lokasi asal ke tujuan, jenis layanan pengiriman, hingga kondisi cuaca atau keamanan.

Untuk beberapa jenis pengiriman, seperti ekspres atau pengiriman darat, dapat mencapai tujuan dengan waktu yang lebih singkat. Namun, hal ini sepadan dengan biaya pengiriman atau tarif ongkir yang relatif lebih mahal.

Untuk mengetahui estimasi waktu pengiriman yang lebih akurat, dapat melakukan cek ongkir sebelum mengirimkannya. Dengan begitu bisa mengetahui perkiraan waktu paket sampai ke lokasi penerima.

Namun bagaimana jika setelah status tersebut muncul, masih belum menerima barang lebih dari 3 hari kerja?

Jika hal tersebut terjadi, anda bisa menghubungi customer service dari pihak jasa pengiriman, atau langsung mendatangi agen terdekat untuk mendapatkan kejelasan.

Pastikan juga untuk memberi tahu nomor resi agar memudahkan proses investigasi dari pihak jasa pengiriman.

Demikian penjelasan mengenai salah satu istilah dalam yang kerap muncul dalam status pengiriman, khususnya untuk ekspedisi JNE.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?