Apa itu value? Dan apa fungsi dan contohnya? Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui jawabannya!
Seringkali masyarakat mengerti dan memahami sesuatu berdasarkan value yang telah tercipta dari berbagai pengalaman yang pernah ada.
Namun kata ini sendiri perlu di pahami, seperti apa artinya dan fungsinya bagi kehidupan sosial, terutama dalam dunia ekspedisi.
Yuk simak selengkapnya di artikel berikut ini.
Baca juga: Ketahuilah! Istilah Bisnis 2023 : Benchmarking adalah
Daftar Isi:
ToggleDefinisi Value itu Sendiri
Dengan kata lain Value adalah sebuah kata dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti:
- Nilai, harga, atau bernilai.
- Keutamaan, pentingnya, atau nilai moral.
- Nilai uang, harga jual atau beli suatu barang.
- Nilai atau kualitas suatu benda, jasa, atau prestasi.
- Nilai-nilai, keyakinan, atau prinsip yang menjadi acuan bagi perilaku seseorang.
Value pada Jasa Pengiriman
Kalau bisa di simpulkan, Value dalam jasa pengiriman adalah nilai atau manfaat yang didapat oleh pelanggan dari jasa tersebut.
Kata ini dapat berupa keamanan barang yang dikirim, kecepatan pengiriman, fleksibilitas pengiriman, biaya yang wajar, layanan pelanggan yang baik, dan lain sebagainya.
Setiap pelanggan memiliki harapan dan kebutuhan yang berbeda terhadap jasa pengiriman, sehingga nilai yang diperoleh juga berbeda-beda.
Contoh nilai dalam jasa pengiriman dapat berupa:
- Kecepatan dan efisiensi dalam proses pengiriman.
- Kualitas layanan dan keramahtamahan dari driver atau customer support.
- Keamanan dan ketepatan dalam pengiriman barang.
- Harga yang kompetitif dan biaya pengiriman yang wajar.
- Fleksibilitas dan beragam pilihan jenis layanan pengiriman.
- Sistem pemantauan pengiriman yang efektif.
- Kemudahan dalam proses pemesanan dan pembayaran.
Arti Value dalam Bisnis
Dalam bisnis, arti value atau nilai mengacu pada seberapa berharga atau pentingnya suatu produk atau layanan bagi pelanggan. Nilai dalam konteks bisnis dapat diartikan dalam beberapa cara:
1. Nilai Pelanggan
Ini mengacu pada sejauh mana produk atau layanan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Semakin baik produk atau layanan dalam memenuhi kebutuhan tersebut, semakin tinggi nilai yang bisnis berikan kepada pelanggan.
2. Nilai Produk
Ini berkaitan dengan kualitas, fitur, dan manfaat yang ditawarkan oleh produk. Produk yang memiliki fitur yang lebih baik atau manfaat yang lebih besar dapat dianggap memiliki nilai yang lebih tinggi.
3. Nilai Harga
Ini mengacu pada hubungan antara harga produk atau layanan dengan manfaat yang diberikan. Jika produk atau layanan dihargai dengan baik sesuai dengan manfaat yang diberikan, maka hal itu dianggap memiliki nilai yang baik.
4. Nilai Diferensiasi
Ini mengacu pada bagaimana produk atau layanan membedakan dirinya dari pesaing. Produk atau layanan yang unik atau memiliki keunggulan yang membedakannya dapat memiliki nilai yang lebih tinggi.
5. Nilai Keseluruhan
Ini adalah kombinasi dari semua faktor di atas. Produk atau layanan yang memberikan nilai tinggi secara keseluruhan cenderung lebih sukses di pasar.
Jadi, dalam bisnis, penting untuk memahami dan memberikan nilai yang baik kepada pelanggan agar dapat mencapai keberhasilan dan pertumbuhan yang berkelanjutan.
Fungsi dari Kata Value
Namun perlu di pahami kembali bahwa istilah ini juga memiliki fungsi yang akan membuat seseorang semakin mengerti dari penggunannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kata “value” memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
- Sebagai noun (kata benda), yang berarti “nilai, harga, atau arti suatu hal”.
- Sebagai verb (kata kerja), yang berarti “memperkirakan atau menilai harga suatu hal”.
- Sebagai adjective (kata sifat), yang berarti “berharga atau bernilai tinggi”.
Baca juga: Penting! Istilah Bisnis : Arti Sponsorship yang Sebenarnya
Bagi yang sedang mencari referensi tentang istilah bisnis atau glosarium, semoga artikel ini bisa menginspirasi dan bermanfaat.
Nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!
Everpro juga punya layanan pengiriman yang bisa kasih kemudahan dan banyak keuntungan untuk kamu juga, lho.
Layanan ini bernama Everpro Shipping yang memungkinkan kamu untuk mengirim barang dengan lebih mudah, cepat, dan karena terintegrasi sistem pengiriman.
Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat berikut ini:
Benefit Everpro Shipping
- Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler.
- Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 20+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
- Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
- Pencairan dana COD hanya 1×24 jam setiap hari
- Data penjualan dan pengiriman di tersaji di satu dashboard lengkap
- Jemput paket di mana saja tanpa minimal jumlah atau berat
- Mudah klaim bila paket bermasalah
- Fitur Ticketing antara user, tim Everpro dan tim 3PL
- RTS Scoring fitur berbasis AI yang membantu dalam meninjau lokasi order & memperkecil kemungkinan RTS
Tunggu apalagi? Segera beralih ke layanan Shipping Everpro sekarang juga!