Mengapa paket JNE tidak bergerak? Lalu bagaimana solusinya? Mungkin inilah kata-kata yang terbayang di benak kamu saat sedang menantikan paket datang.
Mulai dari pebisnis, ibu rumah tangga, jastiper, sampai kirim paket atau kirim dokumen secara personal mengandalkan kirim paket dengan JNE.
Ketika paket dikirim oleh jasa ekspedisi, kamu melihat resi untuk tahu paket sudah sampai mana.
Masalahnya, kadang kamu akan menemukan status paket JNE tidak bergerak, dan menimbulkan pertanyaan dalam benak apakah ada yang salah dalam pengantaran paket, atau mungkin status resinya yang belum di update?
Daripada menebak-nebak lewat isi kepala sendiri, mungkin ulasan di bawah ini dapat membantu kamu.
Alasan Ketika Paket JNE Tidak Bergerak
Jika kamu sedang mengirim paket atau akan menerima paket, biasanya kamu akan mendapatkan nomor resi supaya dapat memantau proses pengiriman.
Paket JNE yang tidak bergerak biasanya terdapat di resi dengan keterangan “JNEÂ On Process”.
Salah satu jawabannya yaitu karena pengiriman barang atau paket belum sampai ke gudang atau lokasi tujuan.
Tetapi kamu justru khawatir apabila paket yang ditunggu-tunggu belum sampai bahkan lebih dari estimasi waktu pengiriman.
Nah, mari kita ulas dahulu apa sih penyebab paket JNE yang masih belum sampai-sampai juga.
1. Masih Proses Pengiriman
Penyebab yang pertama adalah paket yang masih dalam proses pengiriman dari kurir ke gudang atau lokasi tujuan. Proses yang belum selesai atau sedang berjalan membuat status pengiriman tidak bergerak.
Terlebih, untuk pengiriman paket antar pulau yang memerlukan proses lebih panjang dan memakan waktu. Hal ini akan menyebabkan status tidak berubah dalam beberapa waktu.
Saat melacak paket dengan status yang tidak berubah bahkan hingga lebih dari 2 hari, hal ini bisa terjadi karena ada hambatan di perjalanan, misalnya kendaraan bermasalah.
2. Terlambat Update Status Pengiriman
Terkadang status yang tidak berubah bukanlah karena terjadi kendala pengiriman. Proses pengiriman masih berjalan namun pihak JNE terlambat memperbarui status.
Hal ini menyebabkan status pengiriman yang tidak berubah saat pelanggan melakukan pelacakan. Padahal paket mungkin saja sudah sampai ke gudang tertentu bahkan kurir sedang dalam perjalanan menuju alamat penerima.
3. Kesalahan dalam Memasukkan Informasi Pengiriman
Penyebab lainnya juga bisa terjadi karena terdapat kesalahan dari pihak JNE saat memasukkan informasi pengiriman. Misalnya, salah memasukkan kode kota atau gudang, sehingga status yang muncul tidak bergerak.
Namun, hal ini sangat jarang terjadi. Apabila saat melacak paket statusnya masih tidak berubah, cek kembali estimasi pengiriman untuk memastikan apakah paket telat atau tidak.
4. Adanya Penundaan Pengiriman
Faktor lainnya yang menyebabkan status paket tak bergerak adalah terjadi penundaan pengiriman.
Penundaan pengiriman bisa terjadi karena beberapa hal seperti kendala logistik, masalah pada kendaraan pengiriman, cuaca buruk, atau terkena bencana alam.
5. Ada Masalah Teknis
Penyebab lain kenapa paket JNE tidak bergerak adalah terjadinya kendala teknis. Misalnya, terdapat masalah terkait dokumen pengiriman atau masalah pada sistem JNE.Â
Hal ini membuat status pengiriman yang tidak kunjung berubah. Jika terjadi hal ini, tentu pihak JNE akan segera memperbaiki dan tetap menjalankan proses pengiriman agar paket sampai ke penerima sesuai estimasi.
6. Penerima Tidak Ada di Rumah
Pada beberapa kasus yang kita temukan, ternyata alasan lain kenapa paket tidak sampai-sampai yaitu karena penerima tidak dapat ditemukan di rumah.
Kendala ini dialami oleh akun @pinatara.ap yang mengeluhkan pengiriman paketnya tidak kunjung datang.
Pada keterangan foto yang diunggahnya, terdapat keterangan cek resi yang mengkonfirmasi bahwa penerima paket tidak ada di rumah sehingga paket tidak dapat diantarkan sampai ke penerima.

Bagaimana Cara Mengatasi Paket JNE Tidak Bergerak?
Setelah mengetahui apa saja penyebab dari status paket yang tidak bergerak, selanjutnya pelanggan bisa mengambil langkah untuk mengatasinya.
Perlu diperhatikan untuk melakukan pengecekan status secara rutin. Dengan begitu, pelanggan bisa memastikan apakah terjadi keterlambatan atau tidak.
Lebih lanjut, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi status paket JNE tidak bergerak:
1. Cek Kembali Estimasi Pengiriman
Lakukan crosscheck apabila kamu merasa paket tidak sampai-sampai juga.
Apabila status paket tidak berubah namun masih dalam masa estimasi pengiriman paket, maka bukanlah masalah.
Kamu dapat mengecek estimasi pengiriman melalui resi, atau melalui platform dimana kamu menggunakan layanan pengiriman misalnya marketplace.
2. Laporkan Melalui Fitur ‘Ask Joni’ di Website JNE
Apabila paket ternyata sudah melebihi waktu estimasi pengiriman, kamu juga dapat bertanya ke customer service JNE.
Kamu dapat mengunjungi website JNE kemudian mencari fitur Ask Joni untuk menanyakan lebih lanjut tentang pengiriman kamu.
Jangan lupa melampirkan nomor resi, nomor ID pengiriman yang bisa kamu sampaikan kepada customer service.
3. Hubungi Call Center JNE
Jika belum mendapatkan respon dalam waktu lama melalui fitur ‘Ask Joni’, cara lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan menghubungi call center JNE.
Hubungi customer service JNE di nomor (021) 29278888. Setelah tersambung. sampaikan keluhan anda terkait status pengiriman yang tidak bergerak.Â
Sebelumnya, pastikan ponsel anda memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan percakapan dengan customer service JNE via telepon.
4. Tanyakan Melalui Sosial Media JNE
Kamu juga dapat mengeluhkan kendala berikut melalui akun media sosial resmi JNE.
Carilah akun resmi media sosial JNE melalui platform Instagram, TikTok, atau email.
Hubungi dengan langsung menanyakan kendala kepada pihak JNE dan ceritakan kronologisnya, juga berikan nomor resi dan ID pengirimanmu agar lebih jelas.
5. Datangi Gudang Pemberhentian Terakhir
Tak hanya kamu saja yang mengalaminya, penulis juga pernah mengalami keterlambatan paket sampai 1 minggu, lho.
Menurut penulis, cara ini adalah cara yang paling efektif untuk menanyai kelanjutan barang yang dikirim, setelah sebelumnya penulis mengalami kendala bahwa paket tidak sampai karena penerima tidak ada di alamat pengiriman.

Kamu perlu mengecek resi dan melihat cabang gudang atau kantor JNE tempat dimana paket kamu akan diantar oleh kurir.
Setelah itu, datangi kantor dan tanyai petugas untuk melakukan komplain lebih lanjut tentang paket kamu.
Petugas dari gudang atau kantor JNE biasanya akan memberikan penjelasan, kemudian menawarkan solusi untuk pengiriman barang ulang ke alamat rumah penerima. Nah, semoga cara-cara berikut dapat membantu ya!
Jika kamu tidak ingin mengalami banyak kendala saat pengiriman paket, kamu juga dapat mempercayakan pengiriman barang, dokumen dan paket melalui platform pengelolaan bisnis terpercaya yaitu Everpro.
Berikut ini adalah kelebihan yang ditawarkan dari layanan Everpro Shipping:
Benefit Everpro Shipping
Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!
- Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan sajaÂ
- Bonus Cashback 35%
- Pencairan Dana COD Cepat
- Akses laporan aktivitas penjualanÂ
- Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi
- Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker
Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro Shipping sekarang juga!