Memikirkan ide konten Instagram yang menarik adalah salah satu tantangan besar bagi seorang pebisnis online ataupun internet marketers.
Kamu mungkin juga sedang merasakan stuck dan bingung ingin membuat konten promosi Instgram seperti apa lagi untuk menarik perhatian audiens.
Masalahnya, selain persaingan konten yang makin ketat, algoritma Instagram ini juga sering berubah-ubah. Tentu sangat disayangkan jika konten yang dibuat penonton dan tidak viral.
Belum lagi, tujuan membuat konten tidak hanya menarik perhatian audiens saja, namun diharapkan juga bisa meningkatkan angka penjualan bisnis online.
Tapi tidak perlu khawatir lagi, karena artikel ini akan memberikan kamu beberapa ide konten Instagram yang fresh, unik, dan relevan untuk target audiens.
Daftar Isi:
ToggleIde Konten Instagram yang Menarik
1. Konten Informatif
Apabila tujuan konten Instagram adalah meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek, buatlah konten yang sifatnya informatif dalam bentuk edukasi, seperti “tips & trik”.
Sesuaikan informasi dengan niche Instagram kamu. Misalnya, jika untuk Instagram brand pakaian, maka salah satu ide konten yang cocok yaitu, “tips OOTD yang cocok dengan baju putih”.
Tipe konten informatif bisa dibuat dalam bentuk infografis atau gambar dengan beberapa slide.
2. Konten Tutorial
Konten tutorial juga ampuh untuk meningkatkan brand awareness. Meskipun mirip seperti konten informatif, namun konten tutorial bisa berfokus pada tahapan atau step by step.
Kamu bisa membuat konten tutorial ini dalam bentuk video atau gambar. Jenis konten ini sangat cocok untuk Instagram bisnis yang bergerak di bidang apapun, baik itu produk maupun layanan.
Contoh konten yang menarik seperti, “tutorial merakit rak buku” untuk penawaran produk, atau “tutorial menggunakan layanan Everpro Shipping” untuk penawaran jasa.
3. Konten Giveaway
Ide konten Instagram yang menarik juga dengan mengadakan giveaway. Konten giveaway terbilang ampuh untuk meningkatkan engagement, seperti like, komentar, dan share.
Ketika engagement tinggi, maka jumlah penonton (reach) yang diperoleh dari konten tersebut juga akan meningkat.
Konten giveaway juga bisa dibuat untuk berbagai niche Instagram. Apalagi, jika Instagram bisnis, maka membuat konten giveaway bisa menghantarkan kamu ke konversi penjualan.
4. Konten Live Streaming
Ingin konten yang lebih ampuh lagi untuk meningkatkan brand awareness dan engagement? Adakan live streaming di Instagram bisnis.
Konten live streaming akan menarik jika kamu bisa membawakannya dengan konsep yang unik dan tidak membosankan, sehingga terjadi interaksi dan hubungan yang baik dengan audiens.
Kamu juga bisa melakukan tanya jawab secara langsung atau real-time mengenai berbagai hal yang ingin diketahui pelanggan tentang produk/jasa yang ditawarkan.
Contoh konten live streaming yaitu, Q&A (tanya jawab), demo produk, live shopping, event atau peluncuran produk, behind the scene, giveaway, kolaborasi dengan influencer, dan banyak lagi.
5. Konten Kolaborasi dengan Influencer
Kolaborasi dengan influencer termasuk ide konten Instagram yang menarik dan seringkali ampuh meningkatkan engagement pada banyak brand.
Manfaatkanlah fitur unggahan kolaborasi dengan influencer yang niche-nya sesuai dengan bisnismu, sehingga konten ini akan muncul di akun Instagram influencer tersebut dan juga akun bisnismu.
Jika ingin membuat ide konten ini, penting untuk memilih influencer yang cocok, mengerjakan konten bersama, dan memberikan unsur promosi dan pesan persuasif di konten tersebut.
6. Konten Testimoni Pelanggan
Untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan pelanggan maupun calon pelanggan, jangan lupa juga untuk membuat konten real testimoni dari produk/jasa yang kamu tawarkan.
Konten testimoni pelanggan ini bisa dikemas dalam bentuk tangkapan layar dengan ulasan pelanggan atau video wawancara singkat dengan pelanggan.
Dengan konten testimoni ini, bukan hanya menarik namun juga akan membantu kamu dalam meningkatkan penjualan melalui Instagram.
7. Konten Perbandingan
Selain konten live streaming dan giveaway, konten perbandingan atau “this or that” juga ampuh dalam mendongkrak engagement dan interaksi dengan audiens.
Konten perbandingan ini bisa dikemas dengan meminta pandangan audiens mengenai suatu hal.
Contohnya, jika mengelola Instagram brand pakaian, maka buatlah konten seperti, “outfit cewek kue atau outfit cewek mamba”.
Jangan lupa berikan visual yang menarik dan relevan. Lalu, sertakan caption Instagram dengan bertanya jenis oufit yang manakah yang lebih disukai audiens.
8. Konten Interview
Mirip seperti konten kolaborasi dengan influencer, interview bisa jadi jenis konten Instagram yang menarik sekaligus berkualitas.
Untuk membuat konten ini, kamu bisa mengajak tokoh terkemuka atau ahli di bidang yang relevan dengan bisnismu, dan memproduksi konten video atau podcast.
Contohnya, jika bisnis bergerak di bidang kuliner khususnya makanan sehat, kamu bisa mengundang dokter Tirta untuk membahas tentang pentingnya mengonsumsi makanan sehat.
9. Konten Video Sneak Peek
Ide konten Instagram yang menarik juga bisa dari video sneak peek, yaitu cuplikan video yang ditampilkan sebelum tersedia secara resmi.
Misalnya, dengan memberikan video sneak peek tentang sebuah produk yang akan launching.
Dengan ide konten ini, kamu bisa membuat audiens penasaran dan tertarik dengan produk yang akan diluncurkan, sekaligus meningkatkan kesadaran merek di Instagram.
10. Konten Produk/Jasa Baru
Setelah konten sneak peek berhasil membuat audiens di Instagram penasaran, maka selanjutnya kamu juga bisa membuat ide konten produk atau jasa yang baru saja launching.
Konten produk/jasa dapat menarik di mata audiens jika dikemas dengan menarik pula, mulai dari foto produk yang jelas, kata-kata yang menarik, warna dan font yang estetik, dan sebagainya.
Selain itu, berikan copywriting yang sesuai dengan kondisi yang sering terjadi pada audiens. Sehingga, ketika mereka akan berhenti di konten kamu dan mencari tahu lebih lanjut.
11. Konten di Balik Layar
Ide konten Instagram yang menarik dan cukup ramai dipakai oleh beberapa brand belakangan ini yaitu konten di balik layar atau behind the scene yang dikemas dalam sebuah video.
Misalnya, behind the scene dari proses peluncuran produk baru, behind the scene saat kerjasama dengan influencer, situasi tim brand Instagram di balik layar, dan ide-ide lainnya.
Tips Membuat Konten yang Menarik
1. Pahami Target Audiens
Memahami siapa target audiens Instagram kamu adalah hal yang sangat penting dan paling utama dilakukan sebelum membuat konten.
Ketika tahu siapa dan seperti apa target audiensnya, kamu akan lebih mudah menentukan ide konten yang relevan dan menarik.
Kemudian, kamu juga bisa menyesuaikan konten, gaya penulisan, serta strategi posting yang tepat. Target audiens ini bisa kamu ketahui dari hasil riset pemasaran produk/jasa.
2. Gunakan Metode ATM
Menggunakan metode ATM (amati-tiru-modifikasi) adalah tips ampuh sekaligus praktis untuk menemukan ide konten Instagram yang menarik.
Apalagi, memikirkan ide konten dari nol itu memang sulit sejak persaingan konten di Instagram yang makin sengit. Jadi, mengadaptasi konten orang lain bisa jadi pilihan dalam membuat ide konten.
Saat melihat konten Instagram yang menarik dari akun lain, amati keunikan konten tersebut, lalu tiru dengan memberikan inovasi yang menjadi pembeda.
3. Selalu Update Tren Terbaru
Algoritma Instagram akan selalu berubah-ubah dan kerap mengikuti preferensi dari penggunannya. Biasanya, konten yang mudah viral adalah konten-konten yang mengikuti tren terkini.
Karena itu, untuk menciptakan ide konten Instagram yang menarik, jangan pernah berhenti untuk selalu mencari tahu tren terkini di Instagram terutama pada target audiens kamu.
4. Ciptakan Interaksi dengan Audiens
Bagi pebisnis online, konten Instagram yang menarik tidak cukup apabila tidak bisa mendongkrak penjualan. Menciptakan interaksi dengan audien bisa membantu kamu mencapainya.
Pada dasarnya, seluruh jenis ide konten di Instagram bisa menciptakan interaksi dengan audiens. Kamu bisa membuat menambahkan kalimat tanya di konten atau di caption.
Kalimat tanya ini bertujuan untuk menerima respon audiens melalui kolom komentar, seperti menanyakan pendapat atau saran.
Sobat Everpro, itulah beberapa ide konten Instagram yang menarik beserta tips membuatnya. Agar lebih mendalami ilmu pembuatan konten, kamu bisa mempelajari content marketing.
Dengan begitu, konten-konten kamu akan lebih mudah viral dan dikenali banyak orang.
Namun, jika tujuannya ingin meningkatkan penjualan, maka menjalankan kampanye iklan berbayar di Instagram dan Facebook Ads adalah strategi yang tepat.
Layanan iklan di Instagram memungkinkan kamu mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada pengguna Instagram yang ditargetkan melalui konten menarik.
Untuk memudahkan kamu menjalankan iklan, kamu bisa sewa akun whitelist Facebook di Everpro. Postingan yang dipromosikan di halaman Facebook akan otomatis tayang di iklan Instagram.
Dengan akun whitelist di Everpro, iklan tidak rentan terkena blokir dan masuk ke daftar prioritas.
Yuk, daftar di Everpro sekarang dan saatnya tingkatkan penjualan lewat konten iklan Instagram!