Masih bingung gimana cara kerja auto chat yang bermanfaat untuk bisnis? Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahuinya secara mendalam!
Kecepatan dalam bisnis memegang peranan yang sangat penting terlebih di era digital saat ini. Apa lagi dalam urusan membalas atau merespons chat dari pelanggan. Oleh karena itu kecepatan dan efisiensi dalam merespons jadi salah satu faktor keberhasilan bisnis.
Untuk bisa melakukan itu, kini banyak bisnis yang menggunakan solusi praktis yang bernama auto chat. Fitur ini memungkinkan para pelaku bisnis untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara instan kapan pun dan di mana pun.
Tapi bagaimana sih cara kerja auto chat ini untuk bisnis? Nah, pada artikel ini kami akan membahasnya secara lengkap spesial untuk kamu. Simak sampai habis ya!
Apa itu Auto Chat

Auto chat merupakan fitur yang banyak digunakan bisnis untuk membalas dan merespons chat dari pelanggan dengan instan. Fitur ini sangat efektif membantu para pelaku bisnis untuk bisa memberikan respons chat kepada pelanggan.
Dengan begitu, pelanggan tidak harus menunggu lama balasan dari bisnis itu sendiri. Cocok banget untuk bisnis di era teknologi saat ini yang dituntut cepat dan responsif.
Cara Kerja Auto Chat
Sebenarnya cara kerja auto chat ini sangat simple. Berikut kami jelaskan cara kerja auto chat dengan simple dan mudah untuk kamu:
1. Pelanggan memulai percakapan
Pelanggan akan memulai chat dengan menanyakan pertanyaan misalnya seperti “Apakah produk A ready stock?”
2. Sistem menerima dan menganalisis pertanyaan
NLP akan mendeteksi kata kunci seperti “ready stock” dan “produk A”
3. Bot akan mencari jawaban
Selanjutnya bot akan mencari jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut dari database FAQ atau integrasi sistem inventori, bot akan menemukan informasi tentang stok dari produk A.
4. Bot memberikan jawaban otomatis
Bot akan memberikan jawaban otomatis contohnya seperti “Stock untuk Produk masih Ready kamu dapat memesannya sekarang dengan klik masukkan keranjang”.
5. Percakapan berlanjut (jika diperlukan)
Gak berhenti sampai disitu, bot juga bisa mengarahkan pelanggan ke action lainnya seperti pembayaran, memberikan rekomendasi atau menghubungkan ke tim customer service jika dibutuhkan.
Keuntungan Smart Reply di Everpro

Nah, Everpro punya fitur auto chat yang bernama Smart Reply yang bisa pelaku bisnis gunakan untuk mempercepat proses membalas chat kepada pelanggan. Fitur dari Everpro ini punya banyak keuntungan untuk bisnis.
Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Smart Reply di Everpro Chat:
1. Balasan Otomatis dan Cepat
Dengan menggunakan Smart Reply dari Everpro Chat kamu bisa membalas pesan dari pelanggan dengan otomatis dan cepat. Ini bisa digunakan untuk pertanyaan umum yang sering ditanyakan seperti terkait harga atau stok produk.
2. Efisiensi Operasional
Menggunakan Smart Auto Reply dari Everpro Chat juga bisa memberikan pelaku bisnis keuntungan dalam segi efisiensi operasional.
Karena dengan balasan yang otomatis operasional bisnis jadi lebih efisien karena mengurangi beban kerja CS dan membuat mereka fokus kepada pertanyaan yang lebih kompleks.
3. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik
Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan adalah pengalaman pelanggan yang lebih baik. Karena dengan respons dan balasan yang chat pelanggan tidak perlu lama menunggu sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan kepercayaan pada bisnis.
4. Integrasi dengan WhatsApp Bisnis
Smart Reply dari Everpro Chat terintegrasi dengan WhatsApp Business API resmi yang kemungkinan pelaku bisnis melakukan pengelolaan pesan dan mengirim broadcast message dengan mudah hanya melalui satu platform.
Fitur ini dirancang untuk membantu bisnis terutama bisnis skala kecil hingga menengah dalam meningkatkan efisiensi komunikasi dan layanan pelanggan secara digital.
Tutorial Auto Responder Everpro Chat Diluar Jam Kerja
Fitur Auto Responder atau Smart Reply di Everpro juga bisa kamu setting untuk digunakan diluar jam kerja. Ini sangat penting agar pelanggan tetap bisa mendapatkan balasan meskipun bisnis sedang tidak beroperasi.
Berikut langkah-langkahnya:
1. Masuk ke Dashboard Everpro
Akses akun kamu di Everpro dengan login terlebih dahulu.
2. Pilih Menu Everpro Chat
Pilih menu Everpro Chat pada dashboard di sidebar
3. Klik ‘Jam Kerja Agen & Auto Responder’
Masuk ke pengaturan jam kerja dan auto responder.
4. Atur Jam Kerja Agen
Tentukan hari dan jam kerja bisnis kamu sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.
5. Aktifkan Auto Responder untuk Luar Jam Kerja
Masukkan pesan yang ingin dikirimkan secara otomatis ketika pelanggan menghubungi di luar jam kerja.
6. Simpan Pengaturan
Klik tombol ‘Simpan’ untuk menyimpan perubahan yang telah kamu buat.
Memasang fitur auto responder di luar jam kerja punya banyak keuntungan yakni:
- Meningkatkan Profesionalisme
- Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
- Mencegah Kehilangan Peluang
- Memudahkan tim customer Service
- Membangun Citra Brand
Fitur Smart Reply dari Everpro memang punya banyak keuntungan untuk bisnis kamu. Oleh karena itu, fitur ini banyak digunakan oleh brand-brand besar agar operasional jadi lebih efektif dan efisien.
So, tunggu apalagi? Coba fitur Smart Reply dari Everpro Chat agar bisnis kamu jadi profesional dan naik level biar cuan jadi lebih maksimal!