Udah ngiklan sana-sini tapi ROAS dari kampanye iklan gak naik-naik? Bingung harus nanya siapa? Tenang, artikel ini akan membahas istilah ROAS Shopee selengkapnya untuk kamu!
Iklan menjadi salah satu faktor penting untuk memaksimalkan produk atau toko kita di marketplace. Tapi nggak banyak yang ngerti gimana cara mengoptimasi iklan biar kita bisa mendapatkan keuntungan.
ROAS merupakan salah satu istilah atau indikator yang menunjukkan efektif atau tidaknya sebuah kampanye iklan. ROAS merupakan singkatan dari Return on Ad Spend yakni metrik yang digunakan dalam pemasaran digital.
Sederhananya, ROAS menunjukkan seberapa banyak pendapatan yang kita dapatkan untuk setiap rupiah yang kita gunakan untuk beriklan. Metrik ROAS ini kadang berkaitan dengan berbagai faktor salah satunya adalah tampilan toko dan rating produk yang buruk.
Nah, pada artikel ini kami akan membahas ROAS Shopee dan bagaimana cara memaksimalkannya biar penjualan dapat meningkat dengan signifikan. Yuk, simak selengkapnay di bawah ini!
Tiga Kunci Sukses ROAS Tinggi
Ada tiga kunci sukses untuk mendongkrak performa ROAS. Berikut tiga kunci sukses untuk mendapatkan ROAS tinggi:
1. Strategi Iklan yang Tepat
Kunci sukses yang pertama untuk meningkatkan ROAS sudah pasti adalah strategi iklan yang tepat. Iklan merupakan gerbang utama yang membawa traffic atau pengunjung ke toko. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan iklan:
-
Pemilihan Keyword yang Tepat
Gunakan kata kunci yang relevan dan memiliki potensi konversi tinggi. Hindari kata kunci yang terlalu umum dan mahal. Analisis kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan persaingan rendah.
-
Mengatur Anggaran atau Budgeting
Budget punya peran penting dalam iklan, nggak mau kan udah bayar mahal tapi iklannya gak efektif? Makanya kamu harus mengalokasikan budget secara efisien. Uji iklan dengan anggaran yang kecil terlebih dahulu, jika berhasil maka kamu bisa meningkatkannya secara bertahap.
-
Targeting Audiens yang Spesifik
Manfaatkan fitur targeting yang disediakan platform iklan. Ini berguna untuk menargetkan audiens iklan berdasarkan minat, demografi, atau perilaku belanja mereka. Ini bisa membuat iklan jadi tepat sasaran dan jauh lebih efektif.
2. Optimasi Tampilan Toko
Meskipun iklan udah bagus tapi kalau tampilan toko masih kurang menarik pembeli juga gak akan tertarik untuk bertransaksi. Pastikan untuk mempercantik tampilan toko untuk meyakinkan pembeli. Maksimalkan tiga unsur berikut:
-
Banner dan Dekorasi Toko
Buat banner yang profesional dan menarik, banner menjadi bagian yang dilihat pada toko kamu di Shopee. Tampilkan informasi penting seperti promo atau produk unggulan bisa jadi tips ampuhnya. Tak lupa juga untuk dekorasi toko dengan menata produk agar terlihat rapi dan mudah dinavigasi.
-
Deskripsi Produk yang Lengkap dan Informatif
Deskripsi produk harus memuat informasi yang detail, lengkap dan informatif. Kolom deskripsi produk bisa menjadi wadah untuk marketing produk kita agar lebih menarik di mata pembeli.
-
Harga Kompetitif dan Ulasan Positif
Pastikan harga untuk produk yang kamu jual kompetitif. Ini untuk mengurangi kemungkinan barang tidak dilirik.
Nggak cuma itu, berikan juga layanan terbaik pada setiap pembeli agar ulasan dari mereka positif. Ulasan memainkan peran penting untuk membuat pembeli percaya dengan toko kita.
3. Analisis Data
Data merupakan kompas dalam berbisnis. Tanpa data yang akurat, kamu akan sulit untuk mengambil keputusan strategis. Manfaatkan data yang kamu punya agar bisa meningkatkan penjualan di Shopee dengan cara berikut:
-
Integrasi Data Shopee Ads dan Data Penjualan
Jangan hanya melihat data ROAS dari laporan iklan saja. Bandingkan data tersebut dengan data penjualan toko secara keseluruhan. Cari tahu apakah ada peningkatan penjualan benar-benar datang dari iklan atau dari faktor lainnya?
- Menganalisis Performa Iklan
Identifikasi iklan, kata kunci atau produk mana yang memberikan ROAS tertinggi. Hentikan atau optimalkan iklan dengan ROAS rendah dan alokasikan anggaran ke iklan yang efektif.
- Memahami Perilaku Konsumen
Gunakan data analitik untuk melihat produk mana yang paling sering dikunjungi, produk apa yang paling banyak dimasukkan ke dalam keranjang, dan dari mana asal traffic terbesar. Informasi ini membantu kamu untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih baik di masa depan.
Tiga elemen ini penting untuk dipahami untuk membuat ekosistem bisnis online yang lebih solid. Iklan menarik pengunjung, tampilan toko mengubah mereka menjadi pembeli, dan data membantu kamu mengoptimalkan seluruh proses agar lebih efisien dan menguntungkan.
Everpro Bisa Optimalkan Tiga Kunci ROAS
Everpro Marketplace Enabler merupakan layanan yang secara khusus dirancang untuk membantu penjual mengoptimalkan ketiga kunci sukses ROAS di atas. Layanan dari Everpro ini menawarkan layanan terintegrasi yang meliputi banyak aspek, mulai persiapan toko hingga analisis data.
Jadi penjual tinggal duduk santai karena semuanya udah diurusin sama Everpro Marketplace Enabler. Kamu tinggal nunggu penjualan meningkat dan cuan jadi membengkak!
Apa saja yang dilakukan Everpro Marketplace Enabler untuk meraih ROAS yang tinggi biar cuan jadi lebih besar?
1. Optimasi Tampilan Toko (Audit dan Perbaikan Toko)
Everpro menyadari jika iklan tidak akan efektif kalau tokonya sendiri tidak bisa meyakinkan pembeli. Oleh karena itu, Everpro akan melakukan optimasi tampilan toko dengan cara audit dan perbaikan menyeluruh pada toko dan produk.
2. Manajemen Iklan yang Efisien
Setelah tampilan toko dan produk sudah dioptimalkan, Everpro MPE akan melakukan manajemen iklan yang efisien. Optimasi ini akan dilakukan oleh para profesional dan tim ahli yang sudah kompeten dan berpengalaman.
3. Analisis dan Strategi Berbasis Data
Terakhir, Everpro MPE akan melakukan analisis dan strategi berbasis data yang mana ini menjadi pembeda dengan penjual yang ngiklan sendiri. Everpro punya tim yang fokus pada analisis data untuk memastikan strategi yang dijalankan tepat sasaran dan berkelanjutan.
Semua optimalisasi yang dilakukan Everpro MPE penting banget untuk bisa mendongkrak ROAS bahkan gak cuma itu, peningkatan penjualan juga bisa terjadi.
Buat kamu yang kesulitan dan gak punya waktu atau tim untuk ngurus itu semua udah saatnya beralih ke Everpro Marketplace Enabler. Dapatkan banyak fitur menarik dan kelebihan berikut ini:
- Optimasi tampilan Toko
- Jasa CS yang Gercep & Tuntas
- Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
- Performa Iklan Terbaik
- Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
- Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat
- Bikin campaign jadi gacor
- Ngobrol dan konsultasi bareng ahlinya
- Strategi iklan yang hasilin cuan
- Bebas pilih paket apa aja sesuai kebutuhan
Yuk, segera daftar Everpro Marketplace Enabler dan rasakan manfaatnya pada bisnis kamu sekarang juga untuk raih cuan maksimal!