Meskipun Facebook sudah lama diandalkan banyak pebisnis online untuk memasarkan brand mereka, namun akun iklan Facebook dinonaktifkan masih menjadi kendala yang sering terjadi.
Hal ini tentu bisa mengganggu kampanye pemasaran yang dilakukan, mulai dari tidak sampainya jangkauan iklan kepada target audiens hingga merugikan potensi penjualan.
Karena itulah artikel ini akan memberikan panduan mudah dalam mengatasi iklan Facebook yang dinonaktifkan oleh Meta dan beberapa penyebabnya yang dapat diantisipasi.
Daftar Isi:
TogglePenyebab Akun Iklan Facebook Dinonaktifkan
Gambar yang Melanggar Aturan
Salah satu penyebab umum akun iklan Facebook dinonatifkan yaitu penggunaan gambar yang ternyata melanggar kebijakan iklan dari Meta.
Facebook punya panduan yang ketat untuk konten visual yang digunakan dalam iklan, termasuk larangan terhadap gambar yang mengandung kekerasan, konten dewasa, hingga kebencian.
Ketika pengiklan tidak mengikuti panduan dari Meta, maka tentu bisa mengakibatkan penonaktifan iklan hingga akun secara keseluruhan.
Untuk itu, jika kamu sedang mengalami kendala ini, maka pastikan konten FB Ads yang akan kamu jalankan sudah sesuai dengan panduan gambar yang dibuat oleh Meta.
Selain itu, pastikan juga format gambar Iklan Facebook sudah mengikuti ketentuan Meta.
Keyword yang Tidak Sesuai Produk
Selain mempengaruhi cara kerja Facebook Ads, penggunaan kata kunci juga bisa jadi penyebab akun Iklan Facebook dinonaktifkan apabila tidak sesuai dengan kebijakan dan panduan Meta.
Ketika kata kunci tidak relevan dengan produk atau jasa yang dipromosikan, atau terdapat kata kunci yang menyesatkan, maka Meta akan mendeteksi adanya pelanggaran.
Selain agar integritas platform selalu terjaga, hal ini dilakukan untuk melindungi pengguna dari iklan penipuan. Contonya, melebih-lebihkan fitur produk yang tidak sesuai realitasnya.
Karena itulah, jika beriklan pastikan kata kunci yang kamu gunakan selalu merujuk pada kebijakan dan panduan Meta Advertising.
History Akun Sebelumnya
Apabila akun Facebook Ads kamu dinonaktifkan, coba periksa riwayat akun sebelumnya.
Jika sebelumnya terlalu banyak iklan yang tidak disetujui, adanya masalah penagihan, atau sering melanggar kebijakan, mungkin itu menjadi penyebab Meta menonaktifkan akunmu.
Oleh sebab itu, penting bagi pengiklan untuk selalu menjaga riwayat akun agar tetap bersih dari pelanggaran kecil maupun besar dengan mematuhi seluruh pedoman iklan Facebook.
Melanggar Standar Komunitas Facebook
Pelanggaran terhadap Standar Komunitas Facebook juga bisa berakibat pada akun iklan FB yang dinonaktifkan. Apalagi jika pengiklan melakukan pelanggan secara berulang atau sering.
Berikut ini beberapa Standar Komunitas Facebook yang perlu diperhatikan:
- Konten iklan asli atau tidak plagiat.
- Menjaga privasi seluruh pihak.
- Tidak menimbulkan pengalaman negatif pengguna.
- Tidak berisi konten dewasa atau pornografi.
- Tidak melanggar kebijakan perdagangan Facebook, seperti menjual alkohol, produk dewasa, obat-obatan terlarang, produk tembakau, rokok elektronik, dan lain-lain.
Nah, jika kamu ingin mengantisipasi empat penyebab di atas sekaligus, menggunakan jasa Facebook Ads Whitelist adalah pilihan yang tepat.
Facebook Ads Whitelist bisa kamu temukan di Everpro Ads. Dengan layanan ini, iklan kamu akan lebih optimalkan dan pastinya akun tidak akan mudah terblokir. Yuk, pakai layanannya segera!
Cara Cepat Mengaktifkan Akun Iklan
Mengutip dari situsi resmi Meta, untuk mengaktifkan akun iklan Facebook yang telah dinonaktifkan, pengiklan perlu mengajukan banding melalui Pengelola Monetisasi Meta.
Berikut ini cara mengajukan banding agar akun FB Ads yang dinonaktifkan bisa menjadi aktif:
- Buka situs web Pengelola Monetisasi Meta.
- Masuk dengan akun Facebook yang digunakan untuk iklan.
- Klik “Buka Penempatan”.
- Klik “Buka Ruang Iklan” atau “Buka Paket” di bagian notifikasi di atas layar.
- Klik “Ajukan Banding” jika belum pernah mengajukan banding, atau klik “Ajukan Banding Lagi” jika sebelumnya pernah melakukan banding atas pelanggaran yang sama.
- Jika sudah selesai, tunggu sekitar 5 hari dan kamu akan dihubungi Meta melalui email mengenai keputusan banding yang diajukan untuk akun iklan Facebook.
Perlu diketahui, keputusan banding dari Meta ini bersifat final. Karena itu, agar disetujui kamu bisa berikan informasi yang relevan sebanyak mungkin agar alasan pengajuan semakin kuat.
Cara di atas berbeda dengan kondisi jika akun ditutup oleh Meta. Jika akun Iklan Facebook ditutup, maka yaitu dengan mengaktifkan kembali akun di Pengelola Iklan Facebook.
Sobat Everpro, itulah cara mudah mengatasi akun Iklan Facebook yang dinonaktifkan beserta beberapa penyebabnya agar bisa diantisipasi.
Namun, selain persoalan akun yang dinonaktifkan, tentu setiap pengiklan ingin strategi FB Ads yang dijalankan bisa optimal dan mencapai tujuan.
Nah, salah satu cara efektifnya yaitu dengan menggunakan Facebook Ads Whitelist dari Everpro yang menyediakan fitur dan benefit ekslusif yang tidak tersedia di akun biasa.
Tidak hanya itu, sewa akun FB Ads Whitelist di Everpro juga dapat membuat iklan kamu masuk ke daftar prioritas dan tidak mudah terkena blokir.
Yuk, optimalkan iklan Facebook kamu sekarang juga bersama Everpro!