Anda sedang mencari referensi mengenai cara iklan di Facebook? Pilihan yang tepat membaca artikel ini. Yuk, langsung simak saja panduan lengkapnya mulai dari awal hingga publish.
Sejak tahun 2010 hanya beberapa kalangan pengiklan yang melakukan cara iklan di Facebook, dan pada tahun 2014 semakin populer serta semua kalangan bisa mengaksesnya.
Tampilan user-friendly serta fitur yang lengkap, menjadikan Facebook sebagai media sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak. Lalu terdapat salah satu fitur yang banyak peminatnya oleh para pebisnis yaitu Facebook Ads atau masyarakat sini menyebutnya FB ads.
Daftar Isi:
ToggleBegini Cara Daftar Facebook Ads
Jadi, sebelum melakukan cara daftar facebook ads. Anda harus membuat halaman Facebook terlebih dahulu. Berikut 4 langkah cara iklan di Facebook dengan membuat halaman Facebook:
- Pertama, buatlah halaman Facebook
- Kedua, beri nama halaman dan pilih kategori untuk mendeskripsikan halaman
- Ketiga, lengkapi informasi bisnis seperti alamat dan informasi kontak bisnis
- Keempat, Tambahkan foto profil dan foto sampul
Pahami Struktur Cara Iklan di Facebook Ads
Campaign (Kampanye)
Pada struktur Facebook Ads Manager, berhubungan dengan tujuan dari iklan Anda. Berikut penjelasan mengenai pilihan tujuan kampanye:
Awareness (Kesadaran)
- Brand Awareness (Kesadaran Merek), untuk menjangkau audiens yang mungkin saja tertarik, untuk semakin sadar dengan kehadiran bisnis Anda di kehidupannya.
- Reach (Jangkauan), menayangkan iklan ke sebanyak-banyaknya audiens sesuai dengan target yang telah ditentukan.
Consideration (Pertimbangan)
- Traffic (Lalu Lintas Kunjungan), berfungsi untuk mengirim audiens menuju website maupun aplikasi.
- Interaction (Interaksi), bertujuan dalam mendapatkan interaksi melalui likes, comment, atau tanggapan lainnya.
- Install App (Pemasangan Aplikasi), yaitu mengajak audiens untuk menginstall aplikasi Anda.
- Video (Penayangan Video), untuk mengajak audiens menonton video promosi bisnis Anda.
- Leads (Pembuatan Prospek), merupakan cara iklan di Facebook guna mendapat leads seperti email atau nomor hp dari audiens yang tertarik dengan iklan bisnis Anda.
- Message (Pesan), bertujuan mengajak audiens untuk mengirim pesan di messenger atau whatsapp.
Conversion (Konversi)
- Conversion (Konversi) untuk mendapatkan hasil penjualan dari website dan Facebook ad manager akan mencari orang-orang yang serupa.
- Catalog (Penjualan Katalog), yaitu menayangkan iklan tentang produk bisnis Anda.
- Store (Kunjungan Toko), untuk mengajak audiens berkunjung ke toko offline bisnis Anda.
Ad Set (Set Iklan)
Terdapat pengaturan cara iklan di Facebook seperti budget (anggaran), jadwal tayang iklan setiap ad set, dan mengatur lokasi audiens yang tinggal di sana/penduduk asli.
Ad (Iklan)
Pada struktur ini terdapat beberapa unsur meliputi gambar, link (tautan), caption (naskah), dan video pada setiap ad set. Anda juga bisa menentukan materi pada iklan, penargetan, sampai penawaran di setiap iklan.
Baca Juga: Cara Kerja Facebook Ads yang Perlu Anda Ketahui
Begini Panduan Lengkap Cara Iklan di Facebook Terbaru
Masuk ke kampanye dan klik tombol +Buat
Pilih tujuan kampanye sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Penjelasan mengenai setiap tujuan kampanye ada di pembahasan atas ya.
Tentukan jenis dan jumlah anggaran Anda bisa memilih anggaran harian atau anggaran semasa promosi.
Masukkan nama set iklan dan opsi traffic mengenai penjelasan traffic sudah ada pembahasannya di sebelumnya.
Tetapkan tanggal mulai dan berakhir iklan yang akan Anda tayangkan.
Tentukan target audiens berdasarkan penargetan umum hingga terperinci.
Isi nama iklan dan identitas halaman Facebook atau Instagram account.
Di bagian ad setup (pengaturan iklan) Anda dapat memilih format iklan, contohnya: single image atau video.
Isi primary text, headline, description, dan pilih tombol CTA (Call to Action). Semisal beli sekarang, selengkapnya, dan sebagainya. Lalu terakhir, melakukan pembayaran iklan bisa Anda lakukan dengan kartu kredit atau debit.
Cara Jualan di Facebook Ads Yang Bikin Produk Makin Laris
-
Mencari Referensi Iklan
Membuat iklan membutuhkan banyak referensi dan out of the box thinking, dengan Facebook Ads Library Anda bisa mendapatkan referensi baru dari segi visual, copywriting, dan setelah itu terapkan dengan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) saat melakukan cara jualan di Facebook ads
-
Referensi Visual
Pengaruh penerapan visual yang efektif dalam advertising mampu mempertahankan perhatian, lebih mudah melekat dalam memori, dan bisa memperkuat kepercayaan. Tipe visual pada iklan kompetitor bisa Anda implementasikan dalam cara iklan di Facebook sebagai referensi untuk membuat visual iklan yang lebih menarik.
-
Referensi Ad Copy
Peran Ad copy bertujuan membentuk persepsi pada suatu produk atau jasa, dengan cara iklan di Facebook membuat orang berperilaku konsumtif, dan mempengaruhi emosionalnya. Komponen ad copy terdiri dari headline yang to the point, deskripsi singkat namun jelas, dan CTA (Call To Action) yang kekinian.
Demikian penjelasan lengkap mengenai cara iklan di Facebook mulai dari membuat halaman Facebook, struktur campaign, panduan lengkap terbaru, dan cara jualan di Facebook.
Nantikan artikel berkualitas lainnya dari Everpro ya! Pastinya selalu memberikan manfaat bagi perkembangan bisnis Anda.
Selain itu, nikmati kemudahan dengan pengiriman paket melalui aplikasi Everpro yang menyediakan 15+ ekspedisi, pick up paket, bonus Cashback 30%, GRATIS biaya return, pencairan dana COD 1 hari, akses laporan aktivitas penjualan, sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi..
Yuk, Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga!