5 Contoh Creative Ads Facebook dan Ulasannya

Bagi pebisnis online yang beriklan di Facebook Ads namun belum kunjung memperoleh dampak signifikan pada penjualan, mungkin unsur creative ads Facebook adalah salah satu penyebabnya.

Bukan hanya menyebabkan iklan tidak menarik perhatian target audiens, namun iklan tanpa unsur kreatif juga sulit menjangkau audiens yang tepat.

Apalagi disaat persaingan bisnis semakin ketat, maka perlu iklan kreatif yang membedakan iklan kamu dengan kompetitor. Sehingga, iklan dapat menarik perhatian pengguna hingga mereka mencari tahu lebih jauh tentang bisnis kamu.

Apa itu creative ads Facebook dan apa saja contohnya? Mari simak ulasannya di artikel ini!

Apa itu Creative ads Facebook?

Creative ads Facebook atau iklan kreatif Facebook adalah iklan yang dirancang dengan mengutamakan elemen kreatif pada konten visual dan teksnya.

Elemen kreatif ini mencakup gambar, video, teks yang menarik, format yang unik, personalisasi, hingga berbagai fitur yang interaktif.

Tujuan utama ceative ads Facebook yaitu untuk menarik perhatian pengguna, membangun kesadaran merek, mendorong keterlibatan pengguna, dan menghasilkan konversi yang tinggi.

Selain itu, creative ads Facebook juga dinilai ampuh untuk strategi retargetting atau menargetkan kembali iklan kepada target audiens yang pernah berkunjung ke toko online kamu.

Manfaat Creative ads Facebook

creative ads facebook
Sumber: google.com/bersosial

Selain tujuan di atas, berikut ini beberapa manfaat creative ads Facebook bagi bisnis:

  • Menarik Perhatian

Mendapatkan perhatian calon pembeli adalah tantangan utama dari semakin sengitnya persaingan bisnis online dengan kompetitor saat ini.

Ketika iklan diracang dengan baik, mulai dari penggunaan warna dan gambar yang menarik serta elemen desainnya yang inovatif, maka calon pembeli akan berhenti untuk melihat iklanmu.

Creative ads Facebook ini bukan hanya tentang visual yang menarik saja, namun juga tentang menyampaikan pesan pemasaran yang kuat dan relevan dengan kebutuhan calon pembeli.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Jika kamu ingin punya pembeli yang loyal, maka meningkatkan kesadaran merek adalah langkah awal yang harus dilakukan. Nah, salah satu cara yang ampuh yaitu melalui iklan kreatif.

Iklan Facebook yang kreatif akan mudah diingat dan dikenal target pembeli. Apalagi, jika kamu menggabungkan konten visual dengan elemen storytelling yang kuat.

Dengan begitu, lewat FB Ads ini kamu dapat menanamkan identitas merek di benak pembeli. Apabila semakin sering iklan FB Ads kreatif kamu muncul di layar mereka, tentu akan mempengaruhi keputusan pembelian audiens.

  • Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Tidak cukup sampai berhenti di iklan kreatif Facebook saja, iklan yang menarik juga bisa mendapatkan respons positif dari target pembeli.

Ini bisa kamu raih dengan menggabungkan konten kreatif dengan konten interaktif, seperti kuis, survei, hingga ajakan untuk berbagi pengalaman melalui kolom komentar.

Dengan begitu, audiens atau calon pembeli akan terlibat lebih dalam dengan brand kamu, sehingga meningkat pula visbilitas produk.

  • Meningkatkan Konversi

Setiap pebisnis yang menjalankan Facebook Ads tentu ingin strategi pemasaran mereka menghasilkan konversi yang melambung tinggi. Inilah peran dari creative ads Facebook.

Dengan menyertakan call to action (CTA) yang jelas dan menarik secara visual, kamu bisa mengarahkan calon pembeli untuk melakukan tindakan yang diinginkan, mulai dari membeli, mendaftar, hingga berlangganan.

  • Membangun Hubungan Emosional

Sebagian besar calon pembeli biasanya akan lebih tertarik dengan iklan yang dapat menyentuh emosional mereka. Ini juga akan membuka peluang besar bagi pebisnis dalam meraih loyalitas.

Dalam elemen creative ads Facebook ini, pebisnis bisa menggungah rasa empati, atau bahkan humor sehingga tercipta koneksi yang mendalam kepada target pembeli.

Ketika mereka merasa terhubung secara emosional dengan iklan FB Ads dan merek kamu, maka mereka akan memilih melakukan pembelian atau tindakan lainnya yang diharapkan.

  • Membedakan dari Pesaing

Seperti penjelasan di atas, creative ads Facebook juga dimanfaatkan sebagai strategi agar iklan bisa lebih unggul dan memiliki nilai keunikan tersendiri dengan para kompetitor.

Iklan kreatif ini bisa membuat konten FB Ads kamu berbeda, apalagi saat para pengguna Facebook sekaligus target audiens sudah mulai jenuh dengan konten iklan yang serupa.

Ketika iklan kamu unggul dari pesaing, maka tentu juga akan mudah audiens mengingatnya.

Selain iklan yang menarik secara visual, tentu kamu juga ingin Facebook Ads yang dijalankan bisa mendapatkan tempat yang istimewa di Facebook serta akun FB tidak mudah terblokir.

Menggunakan Facebook Ads Whitelist dari Everpro bisa jadi solusi  untuk kamu menjalankan iklan dengan mudah, dapat diatur, serta layanan yang anti-banned.

Jadi, kamu bisa fokus pada elemen kreatif dan strategi iklan tanpa khawatir dengan aspek teknik lainnya karena sudah didukung oleh Facebook Ads Whitelist. Yuk, berlangganan segera!

5 Contoh Creative Ads Facebook dan Mengapa Menghasilkan

Mengetahui contoh-contoh creative ads Facebook akan membantu pebisnis online dalam menemukan inspirasi membuat konten iklan.

Berikut ini merupakan beberapa contoh creative ads Facebook yang terdata di Facebook Ads Library dari berbagai brand profesional.

1. Iklan Facebook Ads Everpro

creative ads facebook
Sumber: Facebook Ads Library

Contoh di atas yaitu iklan FB Ads dari Everpro yang mempromosikan salah satu layanannya yaitu Everpro Shipping. Dari contoh di atas, kamu bisa melihat elemen-elemen kreatif pada iklan.

Mulai dari teks yang singkat, padat, dan persusif hingga gambar visual yang mewakili tujuan utama promosi yaitu mengenalkan ekspedisi Lion Parcel.

Penempatan gambar juga mendukung konten yang kreatif, yaitu di bagian tengah dengan ukuran gambar FB Ads yang mencolok dan dapat menarik perhatian audiens.

Selain kreatif dari segi pemilihan kata dan gambar, iklan FB Ads dari Everpro di atas juga informatif dengan unsur tombol call to action (CTA).

2. Iklan Facebook Ads Grab Indonesia

creative ads facebook
Sumber: Facebook Ads Library

Contoh kedua yaitu dari Grab Indonesia yang mengajak target audiens nya untuk berlangganan Grab Unlimited. Konten visual dari iklan di atas terlihat jelas mengandung unsur kreatif.

Dengan desain konten ala komik beserta elemen pendukung seperti makanan, mobil, helm, dan gambar orang membuat iklan FB Ads dari Grab di atas jadi terlihat lebih mencolok.

Selain itu, kalimat penawaran yang diberikan juga mampu menarik perhatian target audiens karena menawarkan voucher dan gratis ongkir apabila berlangganan Grab Unlimited.

Tidak lupa pula, pemilihan warna iklan juga harus menyesuaikan dengan warna identitas brand. Seperti contoh di atas yaitu warna hijau yang merepresentasikan brand Grab.

3. Iklan Facebook Ads Skintific

creative ads facebook
Sumber: Facebook Ads Library

Dari contoh iklan kreatif Facebook dari Skintific di atas, sebagian target audiens akan tahu bahwa tujuan iklan tersebut adalah mengenalkan produk baru dengan ukuran yang lebih besar.

Copywriting “Makin Besar Makin Aman” merupakan pemilihan teks yang singkat dan padat, namun seakan mampu menjawab kebutuhan target pembeli yang memerlukan sunscreen berukuran lebih besar dari yang sebelumnya.

Selain itu, pemilihan visual konten juga kreatif dan inovatif, yaitu produk sunscreen Skintific berukuran besar yang ditempatkan di pantai.

Gambar iklan ini secara tidak langsung juga menggambarkan fungsi dari produk yang ditawarkan Skintific, yaitu sunscreen yang menangkal sinar UV di tengah panas terik matahari.

4. Iklan Facebook Ads Evermos

creative ads facebook
Sumber: Facebook Ads Library

Contoh berikutnya yaitu dari Evermos dengan penawaran Kelas Spesial Produk. Unsur kreatif pada iklan bisa dilihat dari gambar pada iklan hingga pemilihan teks.

Teks pada iklan kreatif Evermos di atas tidak hanya menawarkan solusi bagi target pasar, namun juga informatif karena memberikan poin-poin keuntungan yang akan didapatkan.

Tak hanya itu, bagian penawaran iklan di atas juga mampu menarik perhatian target audiens. Iklan di atas bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin membuat iklan kreatif yang informatif.

5. Iklan Facebook Ads Biro Travel

creative ads facebook
Sumber: Facebook Ads Library

Contoh iklan kreatif FB yaitu dari Almansur Tour Travel yang merupakan biro travel. Dari iklan di atas, terlihat bahwa Almansur Tour Travel mempromosikan paket Umroh Plus.

Menariknya, iklan tersebut menggunakan jenis iklan carousel, sehingga informasi bisa lebih lengkap namun tidak terbatas hanya pada satu konten saja.

Ketika audies tertarik, mereka akan melihat lebih lanjut dengan menggeser layar ke kanan. Elemen kreatif pada iklan di atas juga dapat dilihat dari warna, teks, hingga gambar yang dipakai.

Sobat Everpro, itulah ulasan tentang creative ads Facebook beserta contohnya

Sebagai pebisnis online, kamu tentu perlu keahlian yang baik dalam mengelola iklan Facebook Ads mulai dari elemen kreatif hingga aspek teknis lainnya.

Agar segala urusan teknis tidak terkendala, kamu bisa gunakan layanan Facebook Ads Whitelist dari Everpro. Melalui layanan ini, iklan kamu akan jadi prioritas untuk tampil ke layar audiens.

Tidak hanya itu, sewa akun FB Ads Whitelist di Everpro juga dapat membuat iklan kamu tidak mudah terkena blokir. Jadi, kamu bisa fokus dalam membuat iklan yang kreatif dan menarik.

Yuk, optimalkan iklan Facebook kamu sekarang juga bersama Everpro!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Jenis Iklan Shopee dan Contohnya

Selain memahami cara menjalankan iklan Shopee, mengetahui jenis iklan Shopee juga merupakan hal yang sangat penting bagi para pebisnis sekaligus pengiklan. Pasalnya, setiap jenis iklan

10 Jasa Pengiriman Hewan dan Syaratnya

Ketika kamu berencana untuk mengirim hewan peliharaan maupun ternak ke lokasi yang cukup jauh, memilih jasa pengiriman hewan yang terpercaya tentu sangat dipertimbangkan. Mulai dari