everpro

Kenali dan Pahami Apa itu Google Ads Performance Max untuk Meningkatan Performa Bisnis Kamu

Penasaran dengan Google Ads Performance Max? Yuk, simak artikel ini sampai habis dan temukan jawaban selengkapnya di sini!

Banyak dari kalian yang mungkin sudah tidak asing lagi dengan platform periklanan online yaitu Google Ads yang dapat menjangkau pelanggan dengan luas dan meningkatkan penjualan.

Tahukah kamu bahwa Google Ads mempunyai jenis baru yaitu Google Ads Performance Max? Solusi inovatif untuk kamu para pebisnis online di era digital.

Pastinya kamu penasaran dengan cara kerja dan juga manfaat dari jenis terbaru Google Ads yang menarik ini. Yuk, simak!

Baca Juga: Kenali 9+ Penyebab Kenapa Akun Google Ads Ditangguhkan Beserta Cara Memulihkan Akun Google Ads

Apa itu Google Ads Performance Max

google ads performance max
Sumber: google.com

Google Ads Performance Max adalah jenis campaign Google Ads terbaru yang secara otomatis mengoptimalkan iklan tersebut berdasarkan aset yang kamu miliki. 

Jangkauan campaign iklan ini sangat luas karena memanfaatkan channel yang dimiliki oleh Google, seperti Google Maps, Display, Search, Gmail, Youtube.

Teknologi machine learning yang digunakan pada jenis campaign satu ini dapat mengoptimalkan campaign secara real-time untuk mendapatkan lebih banyak konversi.

Sangat disarankan untuk bisnis yang sudah memiliki pelacakan konversi yang tepat dan memiliki budget harian minimal sekitar $50-$100 supaya mendapatkan data yang valid untuk optimasi Google Ads.

Manfaat Google Ads Performance Max

google ads performance max
Sumber: google.com

Jenis campaign otomatis ini tentunya memiliki manfaat Google Ads untuk orang-orang yang menggunakannya untuk menjalankan sebuah campaign dan berikut penjelasannya.

  • Menjangkau dengan Luas

Salah satu jenis campaign yang memungkinkan kamu dapat menjangkau calon pelanggan dengan luas di channel yang dimiliki Google hanya dalam satu campaign.

Ketika kamu tidak mencapai audiens di jenis campaign tunggal, maka kamu bisa memiliki peluang untuk menjangkau audiens tersebut dengan Performance Max.

  • Automated Bidding 

Performance Max dapat mengoptimalkan campaign yang sedang kamu jalankan secara otomatis untuk mencapai waktu, pengguna, serta pesan yang tepat.

Selain itu, dapat mengoptimalkan budget yang kamu keluarkan di berbagai lokasi berdasarkan performa yang dimiliki.

  • Manajemen Campaign Sederhana

Tidak hanya otomatis, Performance Max juga memiliki manajemen campaign yang sederhana seperti menyediakan pelaporan di semua platform, mudah untuk diatur, dan mengurangi jumlah pekerjaan manual.

  • Memiliki Kemampuan Kreatif

Iklan yang dijalankan akan ditayangkan di seluruh platform Google, sehingga kamu bisa memanfaatkan berbagai format iklan yang tersedia.

Secara otomatis Google juga menguji kombinasi dan format untuk mencapai puncak efektivitas yang dapat mencapai konversi contoh iklan produk tersebut.

  • Memiliki Kehandalan

Algoritma yang digunakan dalam Performance Max dapat dengan cepat beradaptasi dengan tren pasar dan perilaku pengguna yang bisa saja dengan mudah cepat berubah, tiba-tiba, atau bahkan musiman.

Waktu Penggunaan Google Ads Performance Max

Tujuan jenis campaign ini adalah digunakan untuk saat memiliki konversi yang spesifik dimana ingin meningkatkan penjualan secara online dan menghasilkan leads.

Jika kamu ingin memiliki platform mempromosikan iklan tanpa adanya batasan, maka Performance Max adalah solusi yang ideal dan tepat.

Menjadi pilihan tepat untuk beriklan menggunakan Google Ads Performance Max dalam beberapa situasi seperti dibawah ini.

  • Menemukan tantangan untuk mengoptimalkan beragam jenis campaign dalam satu lokasi
  • Memiliki budget yang tidak terbatas serta ingin membuat peluang segmentasi calon pelanggan baru
  • Bisnis yang dimiliki tidak mempunyai sumber daya dan waktu dalam mengoptimalkan setiap channel yang ada di Google
  • Budget terbatas namun ingin memperoleh eksposur di seluruh inventaris iklan Google
  • Ingin eksplor pasar di geografis yang baru dan luas

Pastikan kamu sudah memiliki tujuan yang jelas dan memiliki data pelanggan karena walaupun jenis iklan ini sudah menggunakan machine learning, namun tetap memerlukan manusia untuk mengontrol jalannya campaign agar sesuai dengan ekspektasi.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Pasang Konversi di Google Ads

Cara Membuat Campaign Google Ads Performance Max

google ads performance max
Sumber: google.com

Jika kamu sudah yakin ingin menggunakan campaign Google Ads Performance Max, maka berikut ini adalah penjelasan mengenai langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Menetapkan Sasaran dan Buat Campaign Baru

Untuk memulainya kamu masuk terlebih dahulu ke akun Google Ads dan klik tanda + yang berada di bawah opsi campaigns dan pilih New Campaign.

Setelah itu akan muncul window baru untuk kamu dapat memilih target dari kampanye. Kamu bisa klik Create a Campaign Without Targeting jika target tersebut tidak ditemukan.

Selanjutnya kamu pilih Maximum Performance untuk tipe kampanyenya. 

  • Menentukan Bidding dan Budget

Langkah yang perlu kamu lakukan adalah klik bagian Budgets and bids kemudian kamu ketik jumlah budget yang akan dikeluarkan dan akan muncul dua opsi pilihan untuk bidding.

  • Conversions

Jika kamu memilih Set a Target Cost per Action, maka campaign tersebut akan meraih CPA (Average Cost per Action) yang telah kamu tentukan angkanya

  • Conversions Rate

Jika kamu memilih Set a Target ROI, maka campaign tersebut akan meraih ROAS (Return On Ad Spent) yang telah kamu tentukan angkanya

Baca Juga: Panduan Praktis untuk Bidding Strategy Google Ads

  • Sesuaikan Bahasa dan Lokasi

Pilih target lokasi pada halaman Campaign Settings dan pilih Locations. Kamu bisa memilih dan mengecualikan lokasi target iklan kamu.

Sedangkan untuk bahasa pada bagian Languages dan nantinya akan ditampilkan di iklan tersebut. Sesuaikan dengan negara dimana pelanggan potensial kamu berada dan sesuaikan bahasanya.

  • Kelompokkan pada Google Performance Max Campaign

Kamu perlu mengelompokkannya dalam sebuah grup dimana berisikan logo, deskripsi, indikator audiens, gambar, judul, video yang bisa ditambahkan saat membuat campaign Peak Performance.

Misalnya kamu ingin menambahkan 30 sumber gambar, 8 video, 8 logo, 8 judul, deskripsi, call to action, dan link URL.

Ketika kamu menambahkan, maka secara otomatis Google akan membuat campaign berdasarkan assets yang telah kamu tambahkan sebelumnya di grup pengelompokkan campaign.

  • Tambahkan Ekstensi Ads

Untuk memudahkan pelanggan dalam menemukanmu, maka Google akan menyarankan atau rekomendasi untuk menggunakan ekstensi ads.

Site link extension bertujuan untuk calon pelanggan langsung menemukan apa yang sedang mereka cari dan berada di beberapa halaman penting dalam website.

  • Terbitkan Campaign

Kalau kamu sudah yakin dalam menetapkan semua pengaturan pada Google Ads Performance Max, maka kamu bisa pilih Publish Campaign untuk menerbitkannya.

Baca Juga: Apakah Google Ads Berbayar? Cari Tahu Yuk Disini!

Itulah tadi pembahasan mengenai Google Ads Performance Max, semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa memahami kebutuhan dari mempromosikan produk bisnis onlinemu.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Tentunya sekarang kamu tidak perlu khawatir dalam mempromosikan produk bisnis onlinemu dengan layanan resmi dan terpercaya dan pasti budgetnya masuk untuk kamu.

Everpro punya solusinya yaitu dengan layanan Everpro Google Ads Account Whitelisted. Selain kamu meningkatkan penjualan dengan beriklan, kamu juga akan mendapatkan keuntungan menggunakannya.

Penasaran apa saja keuntungannya? Berikut ini keuntungan yang kamu dapatkan dari menggunakan layanan Everpro Google Ads Account Whitelisted.

Benefit Everpro Google Ads Account Whitelisted

  • Mengurangi resiko akun iklan restrict/banned dengan akun iklan whitelisted.
  • Scale up iklan lebih mudah dan cepat
  • Minimal top up Rp5.000.000
  • GRATIS semua biaya layanan untuk 2 bulan pertama

Yuk, gunakan sekarang juga dengan daftar sekarang layanan Everpro Google Ads Whitelisted yang bisa membantu mempromosikan produk bisnis onlinemu!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan