everpro

Sales Executive Adalah: Pengertian, Kemampuan, Cara Kerja, Lulusan dan Gaji

Apakah kamu sedang mencari tahu mengenai posisi Sales Executive? Nah, saat yang tepat untuk kamu simak artikel dari Everpro yang akan memberikan kamu informasi secara lengkap!

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, peran seorang Sales Executive menjadi sangat penting dalam mencapai kesuksesan perusahaan. 

Sales Executive bukan hanya sekadar penjual produk atau layanan, tetapi juga seorang strategis yang menguasai seni membina hubungan, memahami pasar, dan menjalankan tugas dengan kecerdasan yang tinggi. 

Artikel ini akan membahas secara komprehensif tentang Sales Executive, mulai dari pengertian dasar peran mereka, kemampuan yang diperlukan, hingga cara kerja yang efektif. 

Mari kita bahas lebih dalam mengenai posisi Sales Executive dan bagaimana perannya menjadi elemen kunci dalam meraih sukses dalam dunia bisnis yang kompetitif.

Baca Juga: Sales Force Adalah: Pengertian, Tugas, Tanggung Jawab, Kemampuan, dan Gaji

Apa itu Sales Executive?

sales executive adalah
Sumber: Freepik

Orang yang bertanggung jawab atas strategi penjualan perusahaan secara keseluruhan adalah sales executive

Dalam perannya, mereka tidak hanya mengembangkan strategi, tetapi juga melibatkan tim lain di luar departemen penjualan. Selain itu, mereka juga harus menjaga hubungan dengan pembeli besar. 

Pekerjaan ini mungkin mengharuskan perjalanan ke luar kota untuk bertemu dengan klien dan mencapai target penjualan perusahaan.

Baca Juga: Sales Admin adalah Alasan Kunci Sukses Tim Penjualan Online

Kemampuan yang Harus Dikuasai oleh Sales Executive

kemampuan yang harus dimiliki sales eksekutif
Sumber: Freepik

Seorang sales executive harus memiliki beberapa kemampuan yang penting untuk menjalankan tugas mereka dengan baik. 

1. Pengetahuan Tentang Produk

Seorang sales executive harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk atau layanan yang mereka jual. 

Dengan memahami fitur, manfaat, dan keunggulan produk, mereka dapat menjelaskannya dengan jelas kepada pelanggan.

Baca Juga: Terapkan Ini! 7 Cara Menawarkan Produk ke Toko dengan Efektif

2. Kemampuan Penjualan

Sebagai seorang sales executive, kunci kesuksesan terletak pada kemampuan penjualan yang baik. 

Dalam hal ini, mereka perlu mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan mereka, dan mengetahui cara menawarkan produk agar meyakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Keterampilan Berkomunikasi

Dalam pekerjaan seorang sales executive, keterampilan komunikasi pemasaran yang baik sangat penting. Mereka harus mampu berkomunikasi dengan jelas, persuasif, dan efektif kepada pelanggan. 

Selain itu, keterampilan mendengarkan yang baik juga menjadi faktor penting agar mereka dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan lebih baik.

4. Manajemen Waktu

Seorang sales executive perlu memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik. 

Dengan mengatur jadwal, mengatur prioritas, dan mengelola waktu dengan efektif, mereka dapat mencapai target penjualan dan menjaga hubungan dengan pelanggan.

5. Kemampuan Analisis

Seorang sales executive harus memiliki kemampuan analisis yang baik. 

Dengan mampu menganalisis pasar dan kebutuhan pelanggan, mereka dapat menentukan target pasar yang tepat dan mengembangkan strategi penjualan yang efektif.

Baca Juga: Strategi Promosi Langsung Dapat Dilakukan dengan Menggunakan? Simak!

6. Kemampuan Bahasa Asing

Seorang sales executive dapat mengambil nilai tambah dengan kemampuan berbahasa asing. 

Dalam era globalisasi, kemampuan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dari berbagai negara dan budaya dapat membantu memperluas jangkauan pasar dan membangun hubungan yang lebih baik.

7. Bekerja Secara Mandiri Maupun Tim

Keterampilan bekerja secara mandiri dan dalam tim menjadi penting bagi seorang sales executive

Mereka perlu mengatur waktu dan sumber daya dengan efisien, serta bekerjasama dengan tim penjualan dan departemen lainnya guna mencapai target penjualan perusahaan.

Cara Kerja Sales Executive

cara kerja sales executive
Sumber: Freepik

Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja peran dan tanggung jawab seorang sales executive:

1. Memperkenalkan Produk atau Jasa 

Sebagai sales executive, tugas utama adalah mengenalkan produk atau jasa kepada pelanggan. 

Dalam menjalankan tugas tersebut, penting bagi mereka memiliki pengetahuan yang baik tentang produk dan kemampuan untuk menjelaskan fitur, manfaat, dan keunggulan produk kepada pelanggan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Menawarkan Produk Lewat WA: Efektif dan Menarik!

2. Memenuhi Target

Tugas seorang sales executive adalah mencapai target penjualan bulanan dan tahunan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. 

3. Komunikasi dan Negosiasi dengan Calon Klien

Keterampilan komunikasi yang baik menjadi keharusan bagi seorang sales

Mereka perlu mampu berkomunikasi dengan baik dan bernegosiasi dengan klien serta calon klien guna mencapai kesepakatan penjualan yang menguntungkan.

4. Riset Pasar

Riset pemasaran menjadi langkah penting bagi seorang sales executive guna memahami potensi pasar dan kebutuhan konsumen. 

Mereka harus menggali tren pasar, mempelajari pesaing, dan memahami preferensi konsumen untuk mengembangkan strategi penjualan yang efektif.

5. Mengembangkan Strategi Penjualan dan Peluang Bisnis Baru

Sebagai seorang sales executive, penting untuk dapat mengembangkan strategi penjualan yang efektif. 

Mereka perlu melakukan analisis pasar dengan teliti dan mengidentifikasi peluang bisnis baru yang dapat meningkatkan penjualan perusahaan.

Baca Juga: 15+ Strategi Promosi Paling Efektif yang Dapat Membantu Bisnis Mencapai Tujuan

6. Mempersiapkan Dokumen

Sebagai seorang sales, penting untuk dapat mempersiapkan dokumen yang diperlukan dalam proses penjualan, seperti proposal, kontrak, dan tagihan. 

Dokumen-dokumen ini memainkan peran penting dalam menjaga transparansi dan memastikan terjadinya kesepakatan penjualan yang jelas.

7. Menyusun Rencana Kerja

Sebagai seorang sales executive, penting untuk dapat menyusun rencana pemasaran kerja yang terperinci. 

Mereka telah menetapkan target pencapaian, merencanakan strategi penjualan, dan mengatur rencana produktivitas agar dapat mencapai hasil yang diinginkan.

8. Meninjau dan Menganalisis

Penting untuk secara teratur meninjau dan menganalisis data penjualan perusahaan. 

Tindakan ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja penjualan, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan.

Lulusan untuk Menjadi Sales Executive

sales executive adalah
Sumber: Freepik

Berikut adalah penjelasan mengenai lulusan untuk menjadi sales executive:

1. Manajemen Pemasaran

Untuk profesi sales executive, salah satu kualifikasi lulusan  yang diperlukan adalah manajemen pemasaran. 

Lulusan ini mempunyai pemahaman mengenai perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam kegiatan pemasaran, baik untuk layanan jasa maupun produk. 

Terdapat kebutuhan skill yang berkaitan, mulai dari dasar-dasar manajemen pemasaran, manajemen bisnis, perilaku konsumen, hingga aspek-aspek terkait perkembangan zaman seperti manajemen digital. 

2. Manajemen Bisnis

Terdengar serupa dengan Manajemen Pemasaran, lulusan Manajemen Bisnis memiliki fokus yang spesifik. Kedua lulusan tersebut memiliki dasar ilmu yang penting bagi profesi sales executive

Lulusan Manajemen Bisnis memfokuskan pada pengelolaan bisnis yang efisien yaitu aspek operasional, keuagan, dan sumber daya manusia yang relevan dengan kegiatan bisnis. 

Selain itu, lulusan Manajemen Bisnis juga akan memiliki pengetahuan mengenai analisis bisnis yang berguna dalam berbisnis.

3. Teknik Komputer dan Informatika

Posisi ini memiliki tuntutan untuk dapat bekerja di berbagai sektor industri, termasuk sektor komputer dan teknologi. 

Seiring dengan perkembangan masa depan, sektor ini akan memainkan peran yang semakin penting. Perusahaan-perusahaan IT akan mengalami pertumbuhan yang pesat dan menawarkan banyak peluang kerja. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kualifikasi lulusan yang dicari untuk posisi sales executive adalah lulusan dari jurusan Teknik Informatika dan Komputer. 

Lulusan ini memiliki pengetahuan seputar aspek IT, termasuk cara menyusun algoritma untuk mengembangkan perangkat lunak, aplikasi, dan lainnya. 

Selain itu, lulusan ini memiliki keahlian dalam sistem operasi yang penting untuk bisa berkomunikasi dengan klien atau pelanggan.

Baca Juga: Promosi Produk yang Menggunakan Website Disebut? Ini Jawabannya!

4. Periklanan

Banyak lulusan jurusan periklanan yang memilih untuk menjadi sales executive. Hal ini dikarenakan lulusan jurusan ini memiliki pengetahuan dan strategi dalam bidang periklanan. 

Lulusan periklanan telah mempelajari desain komunikasi visual, animasi, ilustrasi, sketsa, dan topografi periklanan, serta berbagai ilmu lain yang relevan dengan zaman sekarang. 

Pengetahuan dasar ini akan sangat berguna untuk melakukan contoh kalimat promosi kreatif melalui media.

Gaji dan Jenjang Karir Sales Executive

Karier sebagai sales executive menjanjikan dengan berbagai peluang pengembangan. Selain itu, gaji yang didapat mencapai Rp 4.000.000 hingga Rp 15.000.000 setiap bulannya. 

Dalam meniti karir ini, prestasi penjualan dan pengalaman memiliki peran penting. 

Semakin banyak pengalaman dan mencapai target, akan mempermudah naik ke posisi selanjutnya, seperti sales manager dan head of sales

Untuk menjadi sales manager, umumnya diperlukan pengalaman sebagai sales executive selama tiga tahun agar menguasai aspek penjualan. 

Setelah itu, kesempatan untuk menjabat sebagai sales manager akan terbuka, dengan tugas mengatur tim penjualan untuk mencapai target tertentu. 

Sebagai pemimpin dalam tim penjualan, selain keterampilan penjualan, kemampuan kepemimpinan juga penting. 

Tugas-tugas sales manager antara lain mengawasi tim penjualan, menangani keluhan pelanggan, menyusun anggaran, menyelenggarakan pelatihan penjualan untuk tim, dan lain-lain. 

Setelah berhasil dalam posisi ini, karier dapat diteruskan dengan menjadi head of sales

Sebagai head of sales, peran kamu adalah membantu sales dan marketing director dalam mencapai target penjualan dan menjaga hubungan bisnis yang baik dengan mitra bisnis. 

Selain itu, kamu bertanggung jawab untuk merumuskan target dan strategi pemasaran produk jangka panjang untuk lima tahun ke depan, mengevaluasi prosedur kerja, menjalin hubungan dengan pihak pemerintah dan swasta, menyetujui anggaran yang diajukan oleh tim penjualan, dan tugas-tugas lainnya.

Itu dia pembahasan mengenai Sales Executive yang perlu kamu pahami. Semoga informasi artikel ini memberikan manfaat untuk kamu yang tertarik dengan posisi karir ini, ya!

Jangan lupa untuk share ke media sosialmu dan nantikan artikel berikutnya yang pastinya menarik dan informatif hanya di Everpro tentunya!

Benefit Everpro CRM

Kamu ingin mengelola hubungan pelanggan dengan baik agar dapat meningkatkan penjualan produk atau layananmu? Gunakan Everpro CRM!

  • Kumpulan fitur dalam satu platform yang mempermudah keseluruhan proses bisnis onlinemu.
  • Promo: Buy 1 Month (179ribu) Get 3 Months
  • Fitur ini mudah digunakan oleh pemula
  • Memberi kemudahan untuk tim CS dalam memonitor order pengiriman dan memberi rasa aman ke pelanggan
  • Memastikan tiap paket sukses sampai di alamat, tanpa retur
  • Workflow template yang sudah disediakan sesuai dengan use-case, sehingga user tidak perlu membuat sendiri logika dan workflow-nya.
  • Customer insights berdasar data order dari multiple platforms (e-commerce, shipping platform, manual via excel).

Daftar sekarang juga dan tingkatkan hubungan pelanggan dengan baik bersama Everpro CRM!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya