Iklan yang kamu jalankan di Facebook Ads belum kunjung berhasil? Mungkin ada beberapa elemen yang kurang efektif, seperti salah satunya pada ukuran gambar iklan Facebook.
Meskipun manfaat Facebook Ads memang besar untuk bisnis, namun jika tidak memperhatikan kualitas ukuran gambarnya maka akan berpengaruh kepada efektivitas dan performa iklan.
Ada banyak alasan mengapa ukuran gambar sangat penting untuk diperhatikan, mulai dari membuat kualitas tampilan jadi lebih baik, meningkatkan pengalaman pengguna, hingga bisa dibaca oleh algoritma Facebook.
Karena itu, artikel ini akan memberikan kamu panduan tentang ukuran gambar iklan Facebook berdasarkan jenis-jenisnya.
Daftar Isi:
ToggleJenis-Jenis Format Iklan Facebook
Ukuran iklan sangat beragam tergantung jenis formatnya. Adapun jenis format ini punya fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Berikut penjelasan beserta contoh setiap format iklan FB:
a. Iklan Gambar
Jenis format yang satu ini cukup umum digunakan oleh pengiklan, yaitu dengan menggunakan foto atau gambar promosi untuk menarik perhatian target audiens.
Menurut Meta, iklan gambar cocok digunakan untuk menyampaikan pesan yang sederhana, misalnya untuk membeli produk atau mengunjungi landing page binismu.
b. Iklan Video
Format kedua yaitu iklan video yang biasanya ditempatkan di bagian in-stream, di dalam feed, atau stories Facebook. Iklan video ini cocok digunakan jika tujuan beriklan, seperti:
- Memasarkan produk, layanan, atau brand dengan informasi yang lebih lengkap.
- Ingin menarik perhatian target audiens dengan lebih cepat.
- Ingin menyampaikan satu pesan yang jelas dan singkat agar audiens mengambil tindakan yang diharapkan.
c. Iklan Carousel
Iklan Carousel adalah format yang memungkinkan pengiklan untuk menampilkan beberapa gambar atau video dalam satu tayangan iklan.
Format carousel efektif untuk dipakai jika tujuan iklan Facebook adalah sebagai berikut:
- Ingin memasarkan beberapa layanan/produk unggulan kepada target audiens.
- Ingin menyoroti fitur-fitur unggulan dari sebuah produk atau layanan.
- Ingin mendorong audiens untuk berinteraksi dengan iklan Facebook yang ditayangkan.
- Ingin menjelaskan sebuah produk atau langkah-langkah yang berkaitan dengan produk/layanan.
d. Iklan Koleksi
Iklan koleksi memungkinkan audiens memiliki pengalaman belanja mendalam, mulai dari menemukan produk/jasa, menelusuri informasi tentang produk/jasa tersebut, hingga memutuskan untuk membelinya.
Berikut ini karakteristik tampilan iklan koleksi Facebook:
- Menampilkan gambar atau video utama dengan empat gambar produk di bawahnya.
- Gambar produk adalah bagian katalog yang diunggah pengiklan untuk FB Ads.
- Ketika audiens mengklik gambar atau video utama, maka Instant Experience akan terbuka.
- Ketika audiens mengklik gambar produk di bagian bawah, maka mereka akan dialihkan ke halaman detail produk.
Jika tujuan iklan kamu yaitu untuk mengenalkan produk/layanan hingga membuat target audiens melakukan tindakan pembelian, maka format iklan koleksi ini cocok untuk kamu pakai.
Ukuran Gambar Iklan Facebook
Melansir dari situs resmi Meta, Facebook memberikan panduan lengkap mengenai syarat ukuran gambar iklan Facebook yang efektif untuk keberhasilan iklan. Berikut rincian lengkapnya:
a. Iklan Gambar
Ukuran minimum | 600 x 600 piksel |
Resolusi minimum | 1080 x 1080 piksel |
Rasio aspek yang disarankan | 1:91:1 |
Rasio aspek yang didukung | 9:16 hingga 16:9 |
Jenis file gambar yang disarankan | JPG atau PNG |
Ukuran file maksimal | 30 MB |
Toleransi rasio aspek | 3% |
b. Iklan Video
Resolusi minimal | 1080 x 1080 piksel |
Rasio desktop atau mobile | 1:1 |
Rasio mobile saja | 4:5 |
Ukuran file maksimal | 4 GB |
Durasi video yang disarankan | 1 detik sampai 241 menit |
Lebar minimal | 120 piksel |
Tinggi minimal | 120 piksel |
Rekomendasi teks utama | 125 karakter |
Rekomendasi teks judul | 27 karakter |
Rekomendasi teks deskripsi | 27 karakter |
c. Iklan Carousel
Carousel Gambar | Jumlah kartu carousel | 2 sampai 10 |
Rasio aspek | 1:1, 4:5, 9:16 | |
Rasio aspek maksimal | 3% | |
Resolusi 1:1 disarankan | 1024 x 1024 piksel | |
Resolusi 14:5 disarankan | 1080 x 1350 piksel | |
Resolusi 9:16 disarankan | 1080 x 1920 piksel | |
Format file gambar | JPG atau PNG | |
Ukuran file gambar maksimal | 30 MB | |
Carousel Video | Durasi video yang disarankan | 15 detik hingga 240 menit |
Format file video disarankan | GIF, MOV, atau MP4 | |
Ukuran file video maksimal | 4 GB |
d. Iklan Slideshow
Ukuran gambar minimal | 1.080 x 1.080 piksel |
Rasio aspek | 1:1 atau 16:9 |
Format file gambar | JPG atau PNG |
Ukuran gambar maksimal | 30 MB |
Durasi video maksimal | 15 detik |
e. Iklan Koleksi
Resolusi minimal | 1.080 x 1.080 piksel |
Rasio aspek | 1:1 |
Format file gambar | JPG atau PNG |
Format file video | MP4, MOV, atau GIF |
Ukuran gambar maksimal | 30 MB |
Ukuran video maksimal | 4 GB |
Agar iklan Facebook bisa berhasil, maka pengiklan harus mengikuti seluruh spesifikasi desain yang telah ditentukan oleh Meta, seperti rincian di atas.
Tapi, jika ingin beriklan dengan praktis tanpa perlu khawatir dengan standar ukuran gambar hingga video di Facebook Ads, mari percayakan iklanmu di layanan Facebook Ads Everpro.
Tidak hanya jaminan ukuran gambar, namun kamu akan nikmati fitur lengkap lainnya sehingga iklan bisa berhasil dan memberikan performa yang memuaskan. Yuk, daftar sekarang!
Tips untuk Mengoptimalkan Gambar Iklan Facebook
Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi
Pastikan resolusi gambar yang kamu gunakan bagus, jelas, dan terlihat profesional. Hindari menggunakan gambar dengan kualiatas yang rendah.
Gambar yang resolusinya terlalu rendah akan membuat tampilan iklan kamu menjadi buram atau pecah, sehingga tidak terlihat menarik bagi target audiens.
Perhatikan Komposisi Gambar
Pastikan elemen penting di gambar tidak terpotong dan tersembunyi. Kamu perlu pertimbangkan rasio aspek yang disarankan untuk setiap jenis iklan agar tampilannya proposiaonal.
Gunakan Teks yang Efektif
Jika menyertakan teks dalam iklan, pastikan teks mudah di baca dan berukuran standar. Hindari teks yang terlalu panjang dan usahakan menyampaikan pesan utama dengan singkat dan jelas.
Uji Variasi Gambar
Gunakan beberapa variasi gambar pada iklan kamu, misalnya melalui uji A/B. Jadi, kamu bisa melihat mana gambar yang paling efektif dan menarik perhatian target audiens.
Perhatikan Batasan Ukuran File
Pastikan ukuran file gambar atau video memenuhi batasan yang di tetapkan Facebook. File yang terlalu besar atau melebihi batas maksimal bisa mengganggu loading speed iklan kamu.
Responsif terhadap Perangkat
Pastikan juga gambar iklan responsif dan terlihat baik jika ditampilan di berbagai perangkat, seperti desktop, mobile, hingga tablet. Sesuaikan setiap spesifikasi dengan perangkatnya.
Pertimbangkan Panduan Facebook
Tips yang tidak kalah penting adalah dengan mempertimbangkan setiap ukuran yang disarankan oleh Facebook. Ini cara terbaik agar ukuran iklan kamu bisa berdampak baik pada performanya.
Setelah mengetahui ukuran gambar dan video iklan Facebook yang baik dan benar, selanjutnya kamu bisa mempelajari cara membuat iklan Facebook Ads dari nol.
Namun, jika ingin cara yang lebih praktis, mulai dari membuat iklan dengan ukuran sesuai standar Facebook hingga strategi optimasi lainnya, mari percayakan di Everpro!
Melalui Facebook Ads Support di Everpro, kamu akan dapat kemudahan scale up iklan. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot top up saldo akun FB Ads karena di Everpro jadi lebih praktis.
Pastinya transaksi iklan juga terjamin aman dengan customer service Everpro yang siap melayani kamu kapanpun dan dimanapun. Yuk, daftar di Ads Everpro dan nikmati layanannya sekarang!