Berbelanja online merupakan salah satu cara belanja yang mulai menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Ini terbukti dari meningkatnya angka transaksi jual beli online di marketplace yang naik semasa pandemi Covid-19.
Banyak alasan yang membuat orang lebih memilih berbelanja online, mulai dari banyak variasi produk, menghemat waktu, diskon online, sampai menghindari kerumunan.
Alasan-alasan tersebut menjadi alasan kuat mengapa angka transaksi jual beli online naik bahkan di masa pandemi. Nah, karena kebiasaan ini juga, online shop bisa menjadi ladang mencari keuntungan dengan memulai online shop sendiri di marketplace.
Banyak bermunculan penjual dan online shop baru yang bisa kamu temukan di berbagai macam platform marketplace. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara untuk mempromosikan toko onlinenya.
Nah, salah satu cara untuk mempromosikan toko online untuk mendapatkan keuntungan sebanyak -banyaknya adalah dengan melakukan iklan. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara belajar iklan di Shopee Ads spesial untuk kamu.
So, tanpa perlu berlama-lama lagi yuk, simak selengkapnya pada artikel ini untuk mengetahui jawabannya!
Apakah Sobat Everpro adalah penjual di Shopee? SebagaisellerShopee, mungkin kamu kerap merasa kesulitan bersaing dengan ribuan produk serupa yang membanjiri marketplace ini.
Sehingga, tidak jarang produk atau toko kamu sulit ditemukan oleh calon pembeli, terutama karena tidak muncul di halaman pencarian maupun di beranda pengguna.
Tentu hal ini akan mengancam target penjualan bisnismu di Shopee. Namun, tidak perlu khawatir lagi karena Shopee menyediakan beragam fitur iklan salah satunya Shopee Ads.
Penasaran manfaat dan cara beriklan dengan Shopee Ads? Yuk, pelajari tentang Shopee Ads melalui penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Mengenal Fitur Shopee Ads atau Iklan Shopee
Shopee Ads atau iklan Shopee adalah fitur yang dihadirkan agar seller bisa mempromosikan produk atau toko mereka di platform Shopee.
Bisa dibilang, fitur Shopee Ads merupakan strategi pemasaran sekaligus solusi bagi penjual yang ingin produk atau toko mereka muncul pada halaman utama, halaman pencarian produk, hingga halaman rincian produk tergantung penempatan yang mereka inginkan.
Mengiklankan produk melalui fitur Shopee Ads akan membuka peluang yang besar untuk menarik lebih banyak pembeli karena iklan akan sampai ke sasaran yang potensial.
Manfaat Menggunakan Shopee Ads untuk Olshop
Ketika menjalankan iklan dengan fitur Shopee Ads, seller online shop akan memperoleh banyak manfaat untuk bisnis mereka, berikut beberapa diantaranya:
1. Meningkatkan Visibilitas Produk atau Toko
Shopee Ads mampu membuat toko atau produk muncul di tempat-tempat strategis, seperti hasil pencarian teratas, halaman kategori dan rekomendasi, hingga beranda Shopee.
Ketika produk muncul di tempat yang strategi, maka akan lebih mudah dilihat dan diklik oleh calon pembeli. Sehingga, membuka kesempatan besar untuk mereka membeli produk kamu.
Baca selengkapnya
2. Meningkatkan Angka Penjualan
Tujuan adanya fitur Shopee Ads yaitu agar seller bisa meningkatkan penjualan mereka. Ketika visibilitas produk atau toko meningkat, tentu ada peluang yang lebih besar untuk memperoleh banyak klik dan pembelian.
3. Memunculkan Produk di Hasil Pencarian Shopee
Seperti penjelasan di atas, ketika beriklan dengan fitur Shopee Ads, seller bisa memilih dimana iklan produk atau toko mereka akan ditempatkan, salah satunya di hasil pencarian.
Iklan yang muncul di hasil pencarian akan lebih potensial untuk dibeli. Apalagi jika produk yang kamu tawarkan relevan dengan produk yang dicari dan dibutuhkan calon pembeli.
4. Bisa Menargetkan Audiens yang Spesifik
Shopee Ads punya opsi penargetan iklan yang memungkinkan seller menjangkau audiens yang tepat dan spesifik, mulai dari pengaturan lokasi, usia, jenis kelamin, hingga minat audiens.
Sehingga, konten iklan nantinya akan muncul di layar pengguna yang kemungkinan besar tertarik dan membutuhkan produk tersebut.
5. Menempatkan Produk di Halaman dengan Angka Kunjungan Tinggi
Ketika beriklan di Shopee Ads, seller bisa memilih jenis iklan yang akan ditampilkan, salah satunya Iklan Produk Shopee.
Melalui strategi ini, iklan akan muncul di halaman dengan angka kunjungan yang tinggi dan pastinya akan sangat potensial bagi penjualan.
6. Modal Biaya Iklan yang Tidak Besar
Biaya iklan di Shopee sangatlah terjangkau. Tidak perlu menyiapkan modal yang besar karena seller hanya perlu membayar ketika seseorang mengklik iklan tersebut.
Jadi, uang yang dikeluarkan untuk beriklan adalah anggaran yang bisa memberikan hasil untuk bisnismu salah satunya yaitu penjualan.
Cara Mendaftarkan Toko ke Shopee Ads
Untuk menikmati berbagai manfaat di atas, kamu perlu mendaftarkan toko online ke Shopee Ads terlebih dahulu. Berikut langkah mudahnya:
Masuk ke akun Shopee, lalu masuk ke menu Seller Center.
Klik “Shopee Ads”, kemudian buat iklan baru sesuai produk yang ingin dipromosikan.
Pilih jenis iklan di Shopee, mulai dari iklan pencarian produk, iklan pencarian toko, iklan produk serupa, dan iklan produk otomatis. Sesuaikanlah dengan tujuan seller dalam beriklan.
Pilih tipe promosi produk di Shopee, mulai dari diskon dan potongan harga, flash sale,voucher diskon, hingga program loyalty.
Pasang anggaran beriklan dan periode untuk masing-masing iklan.
Atur kata pencarian yang relevan dengan produk atau toko.
Atur tampilan toko menjadi lebih menarik dan informatif.
Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Iklan di Shopee
Jika ingin meningkatkan penjualan melalui Shopee Ads, tentu perlu perencanaan yang matang. Berikut ini beberapa hal yeng perlu dipersiapkan untuk memasang iklan di Shopee:
Tentukan Tujuan Beriklan: Ini bertujuan agar konten iklan relevan dengan tujuannya. Apakah untuk brand awareness, mengenalkan produk, atau pembelian.
Pertimbangkan Jenis Iklan: Pilihlah jenis iklan yang sesuai dengan tujuannya.
Tentukan Kata Kunci: Lakukan riset kata kunci yang relevan dengan produk dan toko.
Selain persiapan di atas, untuk memastikan iklan berjalan dengan efektif, juga penting untuk selalu menggali ilmu beserta tips dan trik dalam beriklan di Shopee.
Nah, jika kamu ingin belajar lebih lanjut tentang teknik beriklan yang efektif di Shopee, belajar di Everpo Academy adalah pilihan yang tepat.
Tips Menjalankan Iklan Toko di Shopee Ads
Untuk menjalankan iklan toko di Shopee Ads, menentukan tujuan beriklan, jenis dan tipe iklan, kata kunci, anggaran beriklan, hingga target audiens memang sangat penting.
Itu sebabnya sebelum memutuskan untuk menjalankan Shopee Ads, sebagai penjual kamu juga perlu memahami panduan lengkap mengenai Shopee Ads dan cara memaksimalkannya.
Selain itu, penting untuk tahu pengalaman seller lainnya yang berhasil meraih keuntungan berkali-kali lipat dari beriklan. Jadi, kamu juga bisa mengantisipasi strategi yang kurang efektif.
Untuk mendapatkan ilmu tersebut, kamu bisa bergabung ke Everpro Academy. Everpro Academy tidak hanya memberikan kamu 50+ materi pembelajaran, namun kamu juga akan dibimbing langsung oleh mentor dalam beriklan di Shopee Ads.
Yuk, saatnya bergabung di Everpro Academy agar iklan di Shopee lebih maksimal!
Sebagai salah satu usaha yang menjanjikan di masa depan, ada cara tertentu untuk menjual produk digital yang cukup berbeda dengan produk fisik. Produk digital tidak punya bentuk fisik, melainkan diakses digital oleh pengguna dengan jenis produk yang tak terbatas, bisa bidang teknologi, pendidikan, hiburan, dan lainnya. Di kehidupan masyarakat modern
Kamu punya bisnis jualan baju di WhatsApp tapi masih bingung gimana cara promosi yang tepat? Simak artikel ini untuk mengetahui kata-kata promosi baju di WA biar makin laris manis! WhatsApp adalah salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Salah satu contohnya yaitu dengan berjualan baju. WA dapat berfungsi
Ingin meningkatkan komunikasi dengan pelanggan secara efektif? Temukan solusinya dengan 5 aplikasi kirim pesan WA otomatis terbaik! WhatsApp menjadi pilihan banyak pengusaha untuk berkomunikasi dengan pelanggan karena kemudahan penggunaannya dan basis penggunaanya yang luas. Hampir semua masyarakat menggunakan aplikasi ini, sehingga menjadikannya platform yang ideal untuk menjangkau pelanggan. Sebagai pemilik