10 Cara Menjual Produk Digital Secara Online Agar Laris Manis

Sebagai salah satu usaha yang menjanjikan di masa depan, ada cara tertentu untuk menjual produk digital yang cukup berbeda dengan produk fisik.

Produk digital tidak punya bentuk fisik, melainkan diakses digital oleh pengguna dengan jenis produk yang tak terbatas, bisa bidang teknologi, pendidikan, hiburan, dan lainnya.

Di kehidupan masyarakat modern yang mulai didominasi oleh digitalisasi, produk digital telah menjadi bagian penting bagi pengguna internet.

Permintaan pasar yang tinggi terhadap produk digital juga dikarenakan keunggulannya, yaitu mudah diakses, fleksibel, hemat biaya, bisa diperbarui dengan mudah, ramah lingkungan, serta tampilan yang bisa menyesuaikan berbagai perangkat.

Penasaran bagaimana cara menjual produk digital secara online agar laris manis? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Cara Menjual Produk Digital Secara Online

Cara Menjual Produk Digital
Sumber: freepik.com

1. Lakukan Riset Pemasaran

Riset pemasaran merupakan tahapan paling umum dalam berbinis, mulai dari bisnis offline atau online, serta produk fisik atau produk digital.

Pentingnya riset pasar karena melibatkan proses pengumpulan dana dan analisis untuk memahami target pasar, mulai dari demografi, preferensi, kebiasaan, dan lainnya.

Termasuk saat menjual produk digital, kamu harus pahami dulu siapa target pasar dari produk tersebut, apakah mahasiswa, pekerja kantoran, ibu rumah tangga, atau segmentasi lain?

Ketika mengetahui target pasar, akan lebih mudah untuk melanjutkan cara-cara berikutnya.

2. Pilih Media Penjualan yang Tepat

Ada banyak sekali channel penjualan yang dapat kamu gunakan untuk memasarkan produk digital, bisa lewat marketplace, media sosial, atau situs web bisnis.

Pilihlah channel yang paling sesuai dengan preferensi target pasar kamu, karena semua channel menawarkan kemudahan dalam berjualan.

Bahkan, kamu bisa menjual produk digital kepada lebih dari satu channel penjualan untuk menargetkan lebih banyak pelanggan.

3. Buat Konten Pemasaran di Media Sosial

Sekalipun menggunakan marketplace atau situs web sebagai channel penjualan dan bertransaksi dengan pembeli, membangun branding di media sosial tetaplah penting.

Gunakan media sosial yang paling banyak dipakai target pasar, bisa Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Kemudian, buatlah content marketing yang bagus dari segala aspek, mulai dari visual, caption promosi, hingga ide konten yang menarik.

Selain untuk mengenalkan brand, konten ini juga berguna untuk foto katalog setiap produk digital yang kamu jual.

4. Membangun Landing Page Bisnis

Cara berikutnya yaitu membuat landing page sebagai halaman utama yang akan dikunjungi calon pelanggan untuk mencari tahu tentang produk digital yang kamu jual.

Berbeda dengan media sosial, landing page bisa memuat informasi yang jauh lebih lengkap dalam satu halaman saja.

Mulai dari tentang bisnis, katalog produk digital, deskripsi dan harga, cara pemesanan, dan pesan persuasif yang mengandung call to action (CTA).

Saat ini, ada banyak sekali platform landing page gratis yang bisa kamu manfaatkan.

5. Bekerja Sama dengan Influencer

Cara menjual produk digital secara online juga bisa dengan strategi influencer marketing. Pilihlah influencer yang tepat dan cocok dengan produk digital yang dijual.

Kemudian, buatlah kesepakatan jenis konten yang akan dibuat, brief konten, rate card, media untuk posting konten, tenggat waktu unggahan, dan lain sebagainya.

Dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan audiens, memperluas jangkauan pasar, hingga mencapai target penjualan.

6. Menyediakan Produk Uji Coba Gratis

Menyediakan produk gratis kepada calon pelanggan bisa jadi cara ampuh untuk meraih penjualan yang tinggi, terutama jika produk digital yang dijual memang berkualitas.

Sebab beberapa calon pelanggan kerap ragu untuk membeli sebuah produk digital untuk pertama kalinya meskipun mereka membutuhkannya.

Sehingga dengan produk uji coba ini, pelanggan bisa lanjut membeli produk kamu setelah mereka yakin dengan kualitasnya.

7. Sediakan Program Afiliasi

Program afiliasi atau affiliate marketing adalah bentuk kerja sama antara kamu sebagai produsen dan pihak lain sebagai pemasaran untuk mempromosikan produk digital.

Cara satu ini bisa meningkatkan kesadaran merek dan penjualan bisnismu. Selain itu, pihak pemasar akan memperoleh imbalan komisi untuk setiap penjualan dari tautan mereka.

8. Menjalankan Kampanye Iklan Berbayar

Ingin menyasar iklan produk digital dengan tujuan penjualan ke target pasar yang spesifik? Menjalankan kampanye iklan berbayar adalah cara yang paling tepat.

Pilihlah media iklan yang menurutmu paling cocok untuk target audiens dan anggaran iklan, bisa Instagram Ads, Facebook Ads, Google Ads, dan lain-lain.

9. Lakukan Optimasi SEO

Mendapatkan peringkat pencarian di Google termasuk cara yang efektif untuk memasarkan produk digital kamu. Karena itu, terapkan optimasi SEO lewat website.

Pertama-tama, buatlah website dan sediakan halaman untuk blog. Tulislah artikel SEO-friendly mengenai berbagai topik yang berkaitan dengan produk digital.

Jangan lupa untuk selalu memaksimalkan konten artikel hingga website kamu bisa muncul di pencarian pertama mesin pencari secara konsisten.

10. Menyediakan Layanan Pesan Pelanggan

Cara menjual produk digital yang tidak kalah penting dan efektif yaitu melalui layanan percakapan pelanggan seperti WhatsApp Business.

WhatsApp Business bisa membantu kamu membangun hubungan dengan pelanggan. Misalnya, ketika pelanggan masih ragu dengan produkmu, mereka bisa hubungi via WA.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan platform ini untuk follow up berbagai pesan ke pelanggan, seperti pesan penawaran, launching produk baru, dan sebagainya.

Contoh Produk Digital yang Paling Laku

Cara Menjual Produk Digital
Sumber: freepik.com

Selain cara di atas, salah satu kunci sukses menjual produk digital adalah menentukan produk yang memang laku dan tinggi peminatnya, seperti beberapa produk berikut ini:

1. Pulsa dan Paket Internet

Pulsa dan paket internet termasuk produk digital yang tidak pernah turun permintaannya di pasaran sejak dulu.

Apalagi, setelah mayoritas menggunakan smartphone, paket internet sudah jadi kebutuhan sehari-hari.

2. Voucher Game

Semenjak game online banyak diminati berbagai kalangan masyarakat, voucher game semakin laris manis dan jadi produk digital incaran.

Tidak hanya untuk orang yang berprofesi sebagai gamers, namun juga mereka yang menjadikan game online sebagai hobi. Voucher game ini mereka pakai untuk mencapai level yang lebih tinggi dari game yang dimainkan.

3. Template Desain

Produk digital berupa template desain grafis juga banyak peminatnya saat ini.

Membuat template desain juga tidaklah sulit, kamu bisa manfaatkan Power Point, Canva, Photoshop, CapCut, dan berbagai platform editing lainnya.

4. Video Pembelajaran

Saat ini makin banyak orang yang memerlukan ilmu tambahan di luar pendidikan formal, sehingga mereka mencari video pembelajaran atau kursus di bidang tertentu.

Karena itu tidak heran jika video pembelajaran, video tutorial, dan kursus menjadi produk digital yang dijamin laris manis dan bertahan lama.

5. Buku Elektronik

Tidak hanya video pembelajaran, mereka yang ingin menambah ilmu melalui buku biasanya juga banyak yang memilih menggunakan buku elektronik.

Bahkan, tidak hanya untuk buku pelajaran saja, novel elektronik juga banyak diincar saat ini karena biaya jualnya yang lebih murah daripada buku fisik.

6. Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau aplikasi untuk HP dan laptop juga termasuk produk digital yang sangat tinggi permintaannya di pasaran.

Orang-orang lebih senang membeli aplikasi yang mereka butuhkan melalui bisnis online yang tidak hanya menawarkan proses pembelian praktis, namun juga menjamin keamanan pelanggan.

Sobat Everpro, itulah beberapa cara menjual produk digital agar laris manis. Jika kamu merasa cara di atas sulit diimplementasikan sekaligus, maka tidak perlu khawatir.

Karena Everpro hadir sebagai solusi bagi seluruh persoalan bisnis online, termasuk untuk menjalankan strategi dan cara-cara di atas.

Ada banyak layanan Everpro yang akan membantumu, diantaranya:

  • Everpro Shipping: Layanan kirim paket dari berbagai ekspedisi yang mudah dan murah.
  • Everpro Chat: Layanan untuk menjangkau konsumen lewat aplikasi perpesanan.
  • Everpro Funnel: Layanan mengoptimalkan kampanye iklan bisnis.
  • Everpro Ads: Layanan iklan berbayar (Google Ads dan FB Ads) yang aman dan terjamin.
  • Everpro Marketplace Enabler: Layanan untuk mengoptimalkan toko marketplace.
  • Everpro Academy: Layanan pembelajaran untuk pebisnis online bersama mentor profesional.

Everpro hadir sebagai solusi untuk kamu. Yuk, daftar gratis sekarang juga di platform Everpro!

Picture of Sania Majida
Sania Majida
Sania is a SEO Content Writer with experience in the technology, retail, and finance industries. Sania support businesses in increasing sales through the top funnel (brand awareness) by creating content for the right audience.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya