12 Fitur WhatsApp Business Bantu Lancarkan Bisnis

WA Business memang sudah jadi pilihan banyak pebisnis untuk melakukan chat marketing. Namun sayangnya, masih ada yang belum tahu beberapa fungsi dari fitur WhatsApp Business.

Padahal, berbeda dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Business menyediakan banyak fitur yang bisa membantu mengembangkan bisnis jadi lebih baik.

Bahkan, jika dimanfaatkan dengan maksimal kamu bisa meningkatkan penjualan melalui berbagai WhatsApp marketing tools.

Artikel ini akan mengulas lebih lengkap tentang fitur-fitur WhatsApp Business beserta penggunaannya. Mari simak dan praktikkan untuk bisnis kamu!

Apa itu WA Business?

Fitur WhatsApp Business
Sumber: google.com/bersosial

WhatsApp Business adalah aplikasi berkirim pesan gratis yang dirancang untuk membantu pebisnis memberdayakan bisnisnya, terutama untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Cara kerja WhatsApp Business dalam berinteraksi dengan pelanggan sebetulnya mirip dengan WhatsApp biasa. Pelanggan bisa mengirim pesan ke nomor WA bisnis untuk bertanya perihal produk/jasa ataupun ingin melakukan pembelian.

Adapun penjual bisa mempromosikan produknya kepada pelanggan melalui beberapa strategi Customer Relationship Management (CRM).

Hanya saja, dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan WA biasa, aktivitas berkirim pesan melalui WA bisnis akan lebih praktis dan efisien.

Fitur WhatsApp Business dan Penggunaannya

Fitur WhatsApp Business
Sumber: google.com/bersosial

Melansir dari situs resmi WhatsApp Business, berikut ini fitur-fitur WA bisnis beserta penggunaannya yang wajib diketahui pemilik bisnis:

1. Profil Bisnis

Fitur profil bisnis memungkinkan kamu untuk menampilkan identitas bisnis dengan membuat beranda yang berisi informasi penting mengenai bisnismu.

Lakukan pengaturan WhatsApp Business mulai dari logo, deskripsi bisnis, jam operasional, dan situs website bisnis, sehinga pelanggan bisa tahu merek dan apa yang yang ditawarkan.

2. Pesan Otomatis

Pesan otomatis atau sapaan adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengirim pesan sambutan kepada pelanggan baru secara otomatis.

Cara kerjanya yaitu, saat pelanggan memulai percakapan pertama mereka dengan bisnis kamu di WhatsApp, maka pesan otomatis seperti, “Hai! Selamat datang di toko ini, ada yang bisa kami bantu?” akan terkirim ke pelanggan.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa simak tutorial lengkap cara mengirim pesan otomatis WA Business ke pelanggan.

3. Label

Fitur label bisa kamu gunakan untuk mengelola dan memfilter percakapan pelanggan yang menurutmu penting. Jadi, ketika ada banyak pesan pelanggan yang masuk, kamu bisa dengan cepat menemukan dan menanggapi pesan pelanggan yang kamu beri label.

Jika ingin membuat label, kamu bisa mengetuk menu Chat, klik titik tiga, lalu klik Label. Selanjutnya, klik Tambah, masukkan nama label, dan klik OKE.

4. Katalog Produk

Apabila ingin meningkatkan potensi penjualan, kamu bisa gunakan fitur katalog produk. Fitur ini akan mempermudah pelanggan untuk menjelajahi produk atau layanan kamu, serta membuat pesanan di WA.

Jadi, pemilik bisnis akan menampilkan gambar, tautan katalog, dan judul produk atau layanan yang ditawarkan di etalase WhatsApp commerce.

5. Pesan Cepat

Pesan cepat adalah fitur yang memungkinkan penjual membuat pintasan untuk pesan yang merupakan jawaban dari pertanyaan umum dan sering ditanyakan beberapa pelanggan.

Sehingga, ketika menggunakan pintasan pesan cepat, dengan beberapa ketukan saja, pesan tersebut langsung terkirim ke pelanggan.

Dengan fitur ini, penjual tidak perlu repot mengetik pesan yang sama secara berulang-ulang yang pastinya akan memakan waktu.

6. Statistik Pesan

Situr statistik pesan yaitu fitur yang menampilkan data percakapan di WA bisnis, mulai dari jumlah pesan yang dikirim, diterima, dibalas, dan hanya dibaca oleh pelanggan.

Fitur ini akan membantu pebisnis dalam mengevaluasi dan menilai seberapa berdampak strategi komunikasi yang mereka lakukan kepada pelanggan.

7. Waktu Balasan

Ketika pemilik bisnis tidak bisa aktif selama 24 jam di WhatsApp Business, maka fitur waktu balasan akan membantu untuk bisa fast respond ke pelanggan.

Fitur waktu balasan ini memungkinkan kamu mengatur pengiriman pesan di luar jam kerja atau jam operasional bisnis.

Jadi, selain di jam kerja sistem WA bisnis akan membalas pesan otomatis kepada pelanggan.

8. Tautan Pesan

Tautan pesan adalah fitur yang memungkinkan pelanggan untuk langsung memulai percakapan dengan bisnis kamu di WhatsApp saat mereka mengklik sebuah URL.

URL ini merupakan tautan yang mengarahkan ke akun WhatsApp Business kamu. Pelanggan bisa mendapatkan tautan ini melalui platform bawaan Meta lainnya seperti Facebook atau Instagram.

Biasanya, tautan ini akan disematkan di iklan yang pebisnis jalankan di platform lain atau biasa disebut sebagai strategi click-to-Whatsapp ads.

9. Integrasi API

Untuk meningkatkan kualitas bisnis di WhatsApp Business, kamu dapat memanfaatkan fitur integrasi API. Integrasi API merupakan layanan yang disediakan WhatsApp agar pebisnis bisa mengintegrasikan kegiatan pengiriman pesan dengan sistem perangkat lunak bisnis tersendiri.

Sederhananya, fitur integrasi API ini memungkinkan kamu menggunakan pendekatan yang lebih personal kepada pelanggan melalui pesan yang dipersonalisasi dan dengan sistem chatbot.

Jika ingin menggunakan fitur ini, kamu perlu memilih platform pihak ketiga yang resmi terintegrasi dengan WA Business API di Indonesia, seperti di Everpro Chat.

10. Fitur Keamanan

Tidak perlu khawatir dengan perlindungan seluruh data bisnis termasuk data pelanggan di WhatsApp Business, karena pengguna bisa memanfaatkan fitur keamanan.

Sebagai aplikasi bawaan Meta, WhatsApp Business memiliki sistem Pertahanan Mendalam yang memberikan beberapa lapisan perlindungan data, sehingga bisa menyangkal berbagai kode mencurigakan di berbagai sudut.

11. Pesan Suara dan Video

Tidak hanya aplikasi WhatsApp biasa saja, WhatsApp Business juga memiliki fitur pesan suara dan video yang memungkinkan pemilik bisnis untuk berkomunikasi kepada pelanggan secara langsung melalui berbagi suara dan video pendek di kolom obrolan.

Contoh penggunaan fitur ini yaitu untuk mengirim video detail produk yang ditanyakan pelanggan, atau mengirim pesan suara mengenai penjelasan produk yang lebih rinci.

12. Pengaturan Pesan Libur

Terakhir juga ada fitur pengaturan pesan libur yang dapat dimanfaatkan saat kamu berada di luar jam kerja atau jam operasional dan sedang tidak online di WhatsApp.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat serta menyesuaikan pesan balasan otomatis. Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu kapan pesan otomatis akan aktif dan tidak aktif.

Kesimpulan

Sobat Everpro, itulah beberapa fitur WhatsApp Business yang patut untuk kamu pahami penggunaannya agar aktivitas bisnis lebih mudah, praktis, dan maksimal dalam penjualan.

Meskipun sebagian besar fitur bisa langsung dipakai, namun beberapa fitur perlu menggunakan layanan WhatsApp API, seperti centang hijau dan layanan WhatsApp Bot Indonesia.

Layanan WhatsApp API ini bisa kamu temukan di Everpro Chat yang mendukung seluruh fitur di atas dengan beberapa tambahan fitur unggulan lainnya.

Mulai dari fitur kirim brodcast anti-banned ke banyak pelanggan, maksimalkan closing WA dengan template broadcastflow kerja tim yang ringkas, dan banyak fitur unggalan lainnya.

Bahkan, pebisnis juga akan langsung mendapatkan centang hijau maksimal 7 hari setelah bergabung dengan Everpro Chat.

Yuk, saatnya wujudkan aktivitas bisnis yang efektif dan efisien bersama Everpro. Daftar gratis di Everpro dan nikmati layanan Everpro Chat sekarang juga!

Picture of Sania Majida
Sania Majida
Sania is a SEO Content Writer with experience in the technology, retail, and finance industries. Sania support businesses in increasing sales through the top funnel (brand awareness) by creating content for the right audience.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya