12 Strategi Copywriting yang Ampuh untuk Landing Page

Landing page memang efektif untuk meningkatkan peluang konversi bagi bisnis. Tapi, strategi ini sulit berhasil jika kamu tidak menerapkan copywriting landing page. 

Copywriting punya peranan penting dalam landing page. Selain mampu menarik perhatian audiens, copywriting juga berpotensi meningkatkan peringkat landing page di mesin pencari dengan memanfaatkan teknik optimasi SEO. 

Bahkan, jika konten dirancang dengan baik maka bisa mengubah audiens menjadi pelanggan. Namun, hal ini tidak dapat tercapai tanpa strategi copywriting yang baik. 

Oleh karena itu, perlu pendekatan yang tepat supaya pesan tersampaikan dengan maksimal. Simak ulasan di bawah ini untuk tahu strategi copywriting yang ampuh untuk landing page.

Elemen Copywriting dalam Landing Page

Terdapat elemen-elemen copywriting yang harus dibuat secara pada struktur landing page. Berikut ini penjelasan masing-masing elemennya: 

1. Headline Copywriting

Landing page harus diawali dengan headline copywriting. Apa itu headline copywriting?

Headline copywriting landing page adalah judul utama di halaman arahan untuk menarik perhatian target audiens dan berisi penjelasan singkat produk atau jasa yang ditawarkan. 

Headline copywriting sendiri punya beberapa jenis, diantaranya: 

  • Benefit Headline: Memaparkan keuntungan yang didapat dari produk/jasa. 
  • Curiosity Headline: Judul yang membuat audiens penasaran. 
  • Selective Headline: Judul dengan kata-kata seolah menargetkan orang tertentu. 
  • Question Headline: Jenis headline yang memberikan pertanyaan kepada audiens. 
  • Command Headline: Perintah untuk mengajak audiens melakukan tindakan tertentu.  
  • Quotation Headline: Mencantumkan kutipan orang lain untuk judul. 
  • Merk Headline: Mencantumkan merk atau logo brand pada headline. 

Berikut ini contoh headline copywriting yang efektif dipakai di landing page: 

“Gak Perlu Ahli, Semua Bisa Bikin Landing Page Sendiri!”

2. Subjudul yang Mendukung

Elemen kedua yaitu subjudul pada landing page yang berfungsi untuk memperkuat dan mendukung headline di atasnya. 

Berbeda dengan headline yang berupa kalimat promosi singkat, subjudul ditulis lebih detail dan memiliki struktur tambahan pada kontennya.

Untuk membuat subjudul yang menarik, kamu bisa ikuti tips berikut:

  • Tambahkan konteks berupa informasi pelengkap. 
  • Sertakan nilai jual unik (USP) dari produk atau jasa. 
  • Memiliki unsur ajakan atau dorongan melakukan tindakan.
  • Ringkas, jelas, dan terfokus. 
  • Berikan keterangan tambahan agar informasi lebih jelas. 

Berikut ini contoh subjudul yang mendukung dari headline, “Gak Perlu Ahli, Semua Bisa Bikin Landing Page Sendiri!”

“Dengan Everpro Funnel bikin landing page cuma modal klik-klik, bisa bantu bisnis onlinemu makin cuan!”

3. Deskripsi Produk/Jasa

copywriting landing page
Sumber: everpro.id

Gambar di atas adalah contoh dari deskripsi jasa untuk landing page. Elemen ini berisi penjelasan detail mengenai deskripsi, manfaat, hingga keunikan produk/jasa yang ditawarkan.

Deskripsi ini sangalah penting karena tujuan landing page untuk mengenalkan bisnismu kepada pelanggan. Jika copywriting menarik, maka audiens akan tertarik untuk membeli. 

Berikut ini tips untuk kamu membuat deskripsi produk atau jasa: 

  • Sertakan spesifikasi produk, seperti bahan, ukuran, berat, dan detail  lainnya. 
  • Tuliskan manfaat produk/jasa yang ditawarkan.
  • Sertakan keunggulan produk/jasa dibanding kompetitor. 
  • Berikan gambar produk atau jasa yang ditawarkan dengan jelas. 
  • Gunakan kata-kata promosi yang menarik dan eye-catching. 

4. Benefit Copywriting

copywriting landing page
Sumber: evermos.com

Elemen copywriting landing page berikutnya yaitu benefit copywriting. Berikan penjelasan singkat dan jelas tentang manfaat hingga fitur terbaik dari produk/jasa yang ditawarkan. 

Gambar di atas adalah contoh benefit copywriting dari landing page yang menawarkan hewan qurban. Copywriting yang dibuat berfokus pada keunggulan produk dan dijabarkan secara singkat, padat, dan jelas dalam bentuk poin. 

5. Call to Action (CTA)

Call to Action (CTA) adalah elemen yang harus ada di landing page untuk mengajak audiens untuk melakukan tindakan tertentu yang diharapkan. 

Biasanya, CTA bisa berbentuk tombol atau tautan yang letaknya strategis sehingga menarik perhatian pengunjung. CTA ini juga bisa dibuat dalam bentuk gambar maupun tulisan singkat.

Berikut ini contoh dari CTA yang efektif untuk landing page:

  • “Coba Sekarang”.
  • “Beli Sekarang”.
  • “Download Sekarang”.
  • “Daftar Sekarang”.
  • “Klik Link Dibawah Ini”

Membuat copywriting landing page memang perlu keahlian menulis yang baik. Jika kamu tidak mau pusing memikirkan copywriting landing page, kamu bisa gunakan layanan Everpro Funnel

Dengan Everpro Funnel, kamu akan dibantu oleh tim Everpro dalam membuat copywriting yang efektif untuk landing page bisnismu. Daftar sekarang untuk nikmati layanannya!

6. Testimoni atau Social Prove 

copywriting landing page
Sumber: everpro.id

Selain lima elemen copywriting di atas, ada beberapa elemen tambahan lainnya yang bisa kamu masukkan ke landing page salah satunya testimoni berupa social proof. 

Testimoni atau social proof adalah pernyataan pelanggan tentang pengalaman mereka saat membeli dan menggunakan produk/jasa. Ini bisa dalam bentuk rating, ulasan, kutipan, video pendek, atau profil singkat pelanggan. 

Gambar di atas adalah contoh landing page yang berisi copywriting testimoni/social proof yang meyakinkan audiens sehingga mereka lebih percaya untuk mengambil tindakan tertentu. 

7. Visual Copywriting

copywriting landing page
Sumber: evermos.com

Visual copywriting merupakan penerjemahan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung yang dikemas dalam bentuk visual di landing page. 

Tujuan visual copywriting yaitu agar pengunjung bisa lebih tertetik dan nyaman saat mereka menjelajahi landing page kamu. Berikut ini tips untuk membuat visual copywriting: 

Gunakan gambar atau video dengan resolusi yang baik. 

  • Sesuaikan desain visual dengan target audiens. 
  • Buatlah desain yang terlihat profesional.
  • Kombinasikan warna yang kontras. 
  • Gunakan bullet points agar lebih singkat dan jelas. 
  • Pilih font yang menarik dan enak dibaca. 

Kamu bisa melihat contoh visual copywriting dari landing page Evermos pada gambar di atas. Visual yang digunakan sesuai dengan target audiensnya yaitu calon reseller. 

8. Urgensi

copywriting landing page
Sumber: dibimbing.id

Selanjutnya berikan copywriting urgensi di landing page sehingga pengunjung bisa bertindak lebih cepat untuk melakukan tindakan yang diharapkan, seperti membeli atau mendaftar. 

Agar bisa menciptakan rasa urgensi di landing page, kamu bisa ikuti cara berikut:

  1. Memberikan penawaran dengan waktu yang terbatas.
  2. Memberikan visual penghitung waktu mundur.
  3. Menonjolkan social proof dan kelangkaan produk. 
  4. Membuat pesan yang jelas dan menarik. 
  5. Gunakan Call to Action. 

Berikut contoh kata-kata urgensi yang bisa kamu pakai: 

  • “Penawaran Terbatas, Beli Sekarang Sebelum Kehabisan!”
  • “Hanya Tersedia Hari Ini, Jangan Lewatkan Kesempatan!”
  • “Promo Berakhir dalam 24 Jam, Pesan Sekarang!”
  • “Stok Terbatas, Dapatkan Sebelum Habis!”
  • “Diskon Khusus untuk Pembelian Pertama, Berlaku Hingga Besok!”
  • “Gabung Sekarang, Terbatas untuk 50 Pembeli Pertama!”

9. Format Copywriting

Format copywriting juga sangat penting untuk landing page karena mempengaruhi cara pengunjung memproses informasi dan mengambil keputusan. 

Ketika format copywriting landing page kamu mudah dibaca, maka pengunjung punya pengalaman yang positif. Tentu saja ini memberikan peluang konversi untuk bisnismu. 

  • Headline yang menarik dan menonjol. 
  • Gunakan diksi yang mudah dipahami. 
  • Gunakan kata kerja untuk melibatkan pengunjung. 
  • Berikan bullet points untuk merinci detail produk dan fitur.
  • Buatlah paragraf yang pendek dengan kalimat efektif. 
  • Perhatikan ukuran font dan jarak elemen yang enak dilihat. 

10. Copywriting FAQ

copywriting landing page
Sumber: everpro.id

Agar landing page lebih informatif, kamu juga bisa berikan copywriting FAQ (Frequently Asked Questions), yaitu bagian yang berisi kumpulan pertanyaan dan jawaban umum yang sering ditanyakan pelanggan atau calon pelanggan. 

Ikuti beberapa tips berikut ini agar copywriting FAQ landing page kamu menarik:

  • Fokus pada pertanyaan yang menjawab kebutuhan pelanggan. 
  • Kelompokkan pertanyaan ke dalam beberapa kategori umum. 
  • Pakai bahasa yang tidak terlalu panjang dan mudah dipahami. 
  • Buat visual yang menarik. 
  • Tempatkan FAQ di bagian yang mudah terlihat. 
  • Optimalkan pertanyaan dan jawaban dengan kata kunci.
  • Tambahkan tautan yang terhubung ke halaman website bisnis. 

11. Penawaran Khusus Copywriting

copywriting landing page
Sumber: evermos.com

Siapa yang tidak tertarik dengan penawaran khusus? Agar pengunjung semakin tertarik untuk membeli produk atau mendaftar ke layanan kamu, maka berikan penawaran spesial. 

Penawaran khusus ini bisa dalam bentuk diskon, free trial, bonus, voucher, dan banyak lagi. Selain itu, buatlah copywriting yang singkat dan menarik dengan tambahan CTA di bawahnya. 

12. Jaminan Copywriting

copywriting landing page
Sumber: segari.com

Jaminan copywriting yaitu kalimat pernyataan yang merujuk ke kebijakan untuk konsumen agar mereka lebih merasa aman dan percaya untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. 

Berikut ini beberapa bentuk jaminan yang bisa kamu jadikan referensi:

  • Jaminan pengembalian uang. 
  • Jaminan kepuasan pelanggan. 
  • Garansi produk. 
  • Jaminan pengiriman tepat waktu. 
  • Uji coba gratis. 
  • Jaminan keamanan. 
  • Jaminan dukungan pelanggan 24 jam.

Sobat Everpro, itulah elemen copywriting landing page yang penting untuk diterapkan. Meskipun sederhana, namun membuat copywriting landing page memang cukup menantang. 

Apalagi, perlu pemahaman tentang copywriting marketing agar landing page bisa lebih efektif. Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir karena Evepro hadir sebagai solusi. 

Di Everpro Funnel, kamu bisa membuat landing page dengan template gratis tanpa perlu coding dan merancang copywriting yang tepat untuk landing page lewat bantuan tim Everpro.

Tidak sampai disitu, kamu juga dapat meningkatkan kualitas landing page dengan memasang iklan berbayar bersama layanan Everpro Ads.  

Ada banyak keunggulan dan kemudahan lainnya yang bisa kamu nikmati bersama Everpro. Yuk, daftar sekarang juga dan saatnya wujudkan bisnis yang cuan!

Picture of Sania Majida
Sania Majida
Sania is a SEO Content Writer with experience in the technology, retail, and finance industries. Sania support businesses in increasing sales through the top funnel (brand awareness) by creating content for the right audience.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya