everpro

Ini Dia! 8+ Daftar Advertising Agency Indonesia Terbaik dan Terpercaya

Penasaran dengan advertising agency Indonesia yang paling terbaik dan terpercaya? Simak daftarnya di artikel Everpro di sini!

Industri periklanan di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan, mendorong lahirnya sejumlah advertising agency baru. Namun, tidak semua advertising agency menawarkan kualitas yang sama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih advertising agency yang memiliki reputasi terbaik dan dapat dipercaya. Dalam artikel ini, Everpro menyajikan daftar advertising agency terkemuka di Indonesia.

Everpro berharap informasi ini dapat membantu kamu menemukan advertising agency yang paling cocok untuk kebutuhan bisnis kamu.

Oleh karena itu, simak artikel berikut ini sampai habis dan temukan wawasan yang berguna dalam memilih advertising agency yang sesuai dengan tujuan pemasaran kamu.

Apa yang Dimaksud dengan Advertising Agency?

advertising agency indonesia
Sumber: Freepik

Advertising Agency adalah elemen penting dalam industri periklanan yang memiliki fungsi utama yaitu mendukung dan memfasilitasi perusahaan serta brand dalam merancang kampanye periklanan.

Tugas advertising agency adalah menyediakan berbagai layanan dari konsep ide hingga produksi iklan dalam proses pembuatan iklan.

Selain itu, mereka bertanggung jawab mengatur berbagai aspek kegiatan periklanan dan menjaga hubungan dengan berbagai departemen yang berkaitan.

Meskipun beberapa perusahaan besar memiliki departemen periklanan internal, terkadang mereka tetap membutuhkan advertising agency.

Sebaliknya, di industri skala kecil, keterlibatan advertising agency menjadi suatu keharusan karena keterbatasan sumber daya manusia untuk memiliki departemen periklanan sendiri.

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Memasang Iklan di Facebook Marketplace

Apa Bedanya Marketing Agency dan Advertising Agency?

advertising agency indonesia
Sumber: Freepik

Fokus utama advertising agency terletak pada penyediaan layanan iklan dan direct marketing, termasuk kampanye pemasaran.

Sementara itu, marketing agency lebih berorientasi pada memberikan konsultasi untuk mengembangkan strategi pemasaran.

Kamu perlu memperhatikan perbedaan-perbedaan lain sebelum memutuskan menggunakan jasa keduanya. Berikut adalah penjelasan perbedaan-perbedaan tersebut di bawah ini.

1. Keahlian yang Berbeda

Biasanya, anggota tim di marketing agency memiliki latar belakang pekerjaan di departemen pemasaran perusahaan, di mana mereka mendapatkan pengalaman dalam riset pasar, pengembangan strategi dan produk, serta program pemasaran.

Di sisi lain, tim di advertising agency terdiri dari tim yang mencakup orang-orang dengan perencanaan berbagai media periklanan dan memiliki tingkat kreativitas yang tinggi.

Mereka juga tentu memiliki pengalaman dalam menyampaikan pesan kepada audiens target.

Baca Juga: Terjangkau! Segini Biaya Iklan Pakai Facebook Ads

2. Cara Berkomunikasi

Jika kamu menginginkan komunikasi melalui iklan cetak, iklan siaran, iklan online, atau direct marketing, maka advertising agency adalah pilihan utama.

Di sisi lain, marketing agency biasanya tidak mengadopsi metode komunikasi yang sama.

Mereka akan menawarkan solusi komunikasi yang cocok dengan strategi pemasaran kamu, memastikan investasi yang kamu buat memberikan hasil maksimal dan tidak sia-sia.

Baca Juga: Bisa Lebih Murah! Ini Cara Mendapatkan Kupon Iklan Facebook

3. Pemberian Layanan

Kedua agency ini tentu menawarkan layanan yang beragam.

Marketing agency menyediakan berbagai jenis layanan pemasaran, termasuk content marketing, manajemen media sosial, iklan berbayar, desain grafis, SEO, dan lain sebagainya.

Marketing agency dapat membantu kamu merancang strategi pemasaran dan memberikan petunjuk terkait gaya komunikasi bisnis kamu.

Di sisi lain, advertising agency memiliki keahlian khusus dalam merancang strategi iklan, penempatan, dan distribusi. Mereka juga dapat memberikan saran kreatif untuk meningkatkan efektivitas kampanye bisnis kamu.

Baca Juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan dari Iklan Digital, Penasaran? Kepo Ini!

Daftar Advertising Agency Indonesia Terbaik dan Terpercaya

advertising agency indonesia
Sumber: Freepik

Perkembangan pasar menuju era digital semakin memperkuat diri dalam kondisi saat ini, di mana calon audiens menginginkan konten yang semakin menarik.

Menemukan advertising agency yang sesuai tentu merupakan tantangan tersendiri. Berikut adalah sejumlah advertising agency terkemuka yang dapat menjadi referensi untuk bisnis kamu.

1. Dentsu Indonesia

Dentsu Indonesia telah berhasil memenangkan sejumlah penghargaan dalam industri periklanan, termasuk Citra Pariwara, Adfest, dan New York Festival.

Menempati posisi puncak dalam menyediakan layanan lengkap dari aspek komersial hingga entertainment, produktivitas Dentsu semakin meningkat dengan sejumlah klien besar yang telah dipercayakan pada mereka.

Dengan konsistensi dalam memperbarui kegiatan mereka di media sosial, Dentsu terus menarik perhatian klien dan meraih berbagai penghargaan.

2. Bithour Creative Agency

Kerjasama dengan berbagai asosiasi, puluhan studio animasi, sekitar 100 sutradara dan DoP, serta lebih dari 500 proyek, termasuk untuk brand ternama seperti Gojek, Paddlepop, dan LV, semakin menegaskan reputasi Bithour.

Bithour melayani klien dari berbagai sektor industri, mulai dari FMCG, CPG, IT, konstruksi, otomotif, fashion, hingga UMKM.

Sosro, Nodeflux, Sorin Maharasa, Manhwakita, dan beberapa perusahaan internasional lainnya adalah contoh klien yang telah di-handle oleh Bithour. 

Baca Juga: Ini Cara Membuat Iklan Bersponsor di Facebook, Mudah dan Praktis!

3. Narrada Communications

Berdasarkan pengalamannya, Narrada seringkali menyajikan ide-ide segar yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan klien.

Narrada telah bekerja dengan beberapa klien terkemuka, termasuk Telkomsel, Samsung, dan Lipton.

Kreativitas mereka, yang termanifestasi dalam hasil output yang menarik, mengantarkan agensi ini meraih penghargaan di ajang Pinasthika Award pada tahun 2016 dan juga Citra Pariwara dalam tujuh kategori. 

4. Hepi Inc

Hepi.inc, sebuah agensi periklanan dengan fokus pada media relation, dengan menyebut dirinya sebagai We Are Communication Boutique.

Layanan yang disediakan oleh agensi ini mencakup public relation tool, kegiatan public relation, dan pelatihan.

Berbagai klien yang telah bermitra dengan Hepi.inc melibatkan brand terkemuka seperti Tokopedia, Dancow, BCA, dan banyak lainnya.

Bagi mereka yang ingin mengembangkan brand di media publik, Hepi.inc merupakan pilihan yang tepat.

Meskipun sedikit sulit dicari oleh klien karena nama mereka jarang muncul dalam mesin pencarian, Hepi.inc terus berupaya meningkatkan rating sebagai agensi yang berkembang, dengan menghadirkan ide-ide cemerlang melalui media sosial mereka.

Instagram Hepi.inc menarik perhatian dengan konten-konten dan acara talkshow yang menarik, memberikan daya tarik tambahan bagi klien yang mencari agensi dengan visi inovatif di era media sosial.

Baca Juga: 10 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Agar Iklan Facebook Disetujui

5. Next Digital

Next Digital merupakan agensi pemasaran dan periklanan digital yang berbasis di Jakarta, menawarkan layanan pemasaran seperti manajemen SEO, pemasaran digital, pemasaran media sosial, dan pengembangan web.

Mereka telah melayani klien-klien terkemuka seperti Samsung, Dulux, Halodoc, dan Electronic City. Keunggulan Next Digital juga terlihat dalam layanan pengembangan bisnis.

Fokus utama pada konsep pemasaran digital menjadi kunci keberhasilan mereka dalam menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar.

Perusahaan yang bekerjasama dengan Next Digital sangat mengandalkan perhatian mereka pada hasil kampanye. Menjadi bagian dari pengembangan bisnis suatu perusahaan bukanlah tugas yang mudah bagi sebuah agensi.

Next Digital menghasilkan ide-ide yang terbukti berhasil membantu perusahaan klien mencapai pasar target mereka.

6. Ogilvy Indonesia

Ogilvy Indonesia, sebagai agensi pemasaran tertua di Indonesia, telah bertahan selama 41 tahun di Tanah Air.

Mereka menyediakan layanan dalam upaya pemasaran untuk klien-klien mereka, termasuk public relation dan public awareness, branding and identity, promosi, serta riset dan analitika.

Dengan pengalaman dalam menangani berbagai klien besar di Indonesia, Ogilvy Indonesia telah meraih penghargaan bergengsi di tingkat internasional, seperti Creative Agency of The Year dalam ajang Campaign Asia-Pacific Agency of The Year dan Yellow Pencil di Inggris.

Meskipun Ogilvy memiliki rating yang tinggi, agensi ini merupakan salah satu agensi asing yang sukses memasuki pasar agensi di Indonesia dan terus berkembang dengan idealismenya.

Produktivitas Ogilvy terbilang baik karena mereka mampu memenuhi dan memproduksi kebutuhan klien di seluruh dunia.

Ogilvy menghasilkan ide yang sangat bervariasi, terutama dalam mencapai tujuan pemasaran merek.

Konsep ide yang mereka sajikan di situs web resmi Ogilvy bersifat umum dan dapat menginspirasi ide-ide yang lebih berkesan oleh agensi lain.

Baca Juga: Ketahuilah! Ini Cara Membuat Iklan yang Menarik di Facebook

7. Flock Creative Network

Pada tahun 2018, Flock meraih penghargaan sebagai Ad Agency of The Year dalam ajang Citra Pariwara, menunjukkan prestasi yang mencolok meski usianya yang belum lama.

Kreativitas yang dituangkan dalam output menarik membuat Flock Indonesia menjadi pilihan yang sering dipercayai oleh merek-merek besar seperti Djarum, Tokopedia, dan Citibank di Indonesia.

Flock memegang tiga pilar penting dalam membantu mengembangkan bisnis klien mereka, yaitu Creative Storytelling, Technology, dan Content Creation.

Agensi ini berhasil menarik perhatian audiens dengan konten komersialnya yang berkualitas, meskipun bersaing dengan banyak pesaing.

Karya-karya Flock terbukti sukses dengan kepercayaan dari berbagai merek ternama.

Ide-ide yang bersifat milenial juga menjadi keunggulan mereka, dengan beberapa TVC yang menggambarkan situasi saat ini dan ide-ide yang menarik.

8. Future Creative Network

Future Creative Network merupakan advertising agency yang tengah menciptakan dampak di Indonesia.

Berdiri sejak tahun 2016, prestasinya teruji dengan meraih gelar “Ad Agency of The Year” oleh Citra Pariwara pada tahun 2018, dan pada tahun 2020, mereka mencatat sejarah sebagai agensi lokal pertama yang meraih Penghargaan D&AD!

Dengan pertumbuhan mencapai 2.975%, FCN memiliki fokus pada produksi konten kreatif dan teknologi guna mendukung brand mencapai puncak potensi mereka.

Mereka telah sukses bekerja sama dengan brand ternama seperti Djarum, Tokopedia, dan XL.

Pada momen Idul Fitri setiap tahunnya, FCN berkolaborasi dengan XL untuk merancang kampanye sosial yang mendorong masyarakat untuk tetap berada di rumah selama pandemi COVID-19.

Mereka menggunakan Twitter API untuk merespons tweet yang mengandung kata “mudik” (pulang kampung) dan mengarahkan pengguna ke sebuah situs web yang mendorong mereka untuk tetap tinggal di rumah.

Baca Juga: Aktifkan Kembali Akun Iklan Facebook Dinonaktifkan, Ini Dia Caranya!

Mengapa Banyak Orang Menggunakan Advertising Agency Sekarang?

alasan orang menggunakan agensi periklanan
Sumber: Freepik

Penggunaan advertising agency semakin meluas saat ini karena peran krusial mereka dalam membantu brand mencapai audiens yang lebih luas dan meraih kesuksesan dalam pemasaran.

Advertising agency berkolaborasi dengan klien untuk memahami merek, produk, atau layanan yang ingin dipromosikan, serta memahami tujuan dan target audiens yang ingin dicapai.

Di tengah perkembangan cepat dalam era saat ini, advertising agency harus terus beradaptasi dengan tren terkini dan mengadopsi strategi yang inovatif, seperti personalisasi, pemanfaatan teknologi, kolaborasi, dan penyesuaian terhadap perubahan perilaku konsumen.

Tak hanya itu, keberadaan advertising agency juga sangat penting karena mereka memiliki keahlian yang diperlukan dan tim yang terdiri dari ahli-ahli di berbagai bidang seperti strategi, media, kreatif, dan produksi.

Hal ini memungkinkan mereka untuk membantu merancang strategi pemasaran yang efektif dan dapat memberikan nilai tambah kepada klien mereka.

Baca Juga: Sewa Akun Whitelist Facebook: Aman atau Tidak? Ini Jawabannya!

Itulah beberapa daftar advertising agency Indonesia yang bisa masuk ke daftar referensi agency untuk membantu bisnis kamu. 

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari pilihan advertising agency terbaik dan terpercaya untuk bisnis kamu.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan informasi menarik lainnya hanya di Everpro, ya!

Kamu sedang memikirkan bagaimana iklan kamu bisa perform dengan lebih cepat? Solusinya adalah Everpro Facebook Ads Whitelisted yang bisa bantu iklan kamu, lho!

Benefit Everpro Facebook Ads Whitelisted

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis

Ayo daftar sekarang juga dan iklan kamu akan perform dengan lebih cepat!

Daftar Sekarang

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya