Di tengah persaingan pasar digital yang semakin kompetitif, setiap seller perlu memahami cara mengembangkan bisnis online untuk bisa bertahan dan memiliki pelanggan yang loyal.
Sebab tentunya, ketika memulai bisnis online ada banyak pengorbanan yang harus dikeluarkan, mulai dari modal usaha, waktu, ide, hingga tenaga.
Selain itu, setiap pebisnis online memiliki ekspetasi yang tinggi terhadap kesuksesan bisnisnya. Tidak hanya dikenal banyak orang, namun juga meraih omset penjualan yang tinggi dan stabil.
Karena itu, artikel ini akan memberikan beberapa cara mengembangkan bisnis online dari perencanaan hingga pengimplementasian.
Daftar Isi:
ToggleCara Mengembangkan Bisnis Online
1. Analisis SWOT Bisnis
Sebelum memulai bisnis online di bidang apapun, seorang pebisnis harus menguji kelayakan bisnis dan peluang yang akan ia raih melalui analisis SWOT.
Analisis SWOT adalah teknik perencanaan untuk mengidentifikasi keunggulan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang mungkin akan terjadi dari sebuah bisnis.
Definisi ini sesuai dengan kepanjangan SWOT, yaitu strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman).
Berikut ini cara praktis melakukan analisis SWOT:
- Tentukan tujuan analisis SWOT.
- Kumpulkan data laporan keuangan, survei pelanggan, analisis kompetitor, tren di industri terkait, dan data penting lainnya secara akurat dan lengkap.
- Identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman eksternal dari bisnis kamu.
- Tentukan prioritas yang akan dilakukan kedepannya, mulai dari strategi produk apa yang akan dijual hingga strategi pemasarannya.
2. Optimalkan Brand Bisnis
Setelah memahami seluruh aspek internal dan eksternal bisnis melalui analisis SWOT, saatnya optimasi brand bisnis, yaitu representasi nilai dan reputasi bisnis kepada target pelanggan.
Untuk menciptakan brand atau identitas bisnis yang kuat dan bertahan lama, optimasi organik melalui teknik SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi yang tepat.
Selain gratis, teknik SEO terbukti ampuh untuk meningkatkan visibilitas, kesadaran merek, serta kepercayaan pelanggan. Teknik ini bisa diterapkan di marketplace ataupun website.
Ada beberapa tahapan mengoptimalkan brand bisnis dengan SEO di website, diantaranya:
- Membangun landing page atau website bisnis profesional.
- Riset kata kunci yang relevan dengan brand dan produk/jasa yang ditawarkan.
- Membuat konten SEO friendly yang berkualitas dan menarik.
- Menerapkan optimasi SEO on page dan off page pada konten artikel.
- Lakukan analisis pada performa website atau landing page.
- Promosikan konten melalui media sosial bisnis lainnya.
Dari tips di atas, sayangnya kendala yang kerap dihadapi pebisnis online pemula yaitu biaya membuat website atau landing page yang dianggap mahal.
Padahal, kamu bisa menggunakan layanan landing page builder di Everpro untuk membuat landing page sekaligus sub domain gratis dengan mudah dan cepat.
3. Menambahkan Testimoni Pelanggan
Ketika kamu ingin mengembangkan bisnis agar langgeng atau bertahan lama, artinya kamu membutuhan loyalitas pelanggan yang tinggi.
Salah satu faktor utama dari loyalitas pelanggan adalah kepercayaan pelanggan terhadap brand, termasuk pelayanan dan kualitas dari produk/jasa yang ditawarkan.
Untuk membangun kepercayaan tersebut, tambahkanlah testimoni pelanggan yang puas dengan bisnis online kamu. Testimoni memiliki pengaruh yang sangat kuat kepada kepercayaan, kredibilitas, dan perilaku konsumen.
Ada beberapa cara untuk mendapatkan testimoni pelanggan, diantaranya:
- Survei singkat di media sosial.
- Minta secara langsung kepada pelanggan.
- Membuat formulir testimonial.
- Mengadakan Focus Group Discussion (FGD).
- Melalui user testing.
- Memanfaatkan traffic website.
Untuk menampilkan testimoni pelanggan, berikut ini tips yang dapat kamu lakukan:
- Tampilkan testimoni yang spesifik.
- Beri gambar testimoni agar lebih kredibel.
- Prioritaskan testimoni terbaru.
- Tampilkan testimoni di berbagai media sosial dan marketplace.
- Tambahkan informasi pelanggan.
4. Tentukan Harga yang Sesuai
Penting bagi pebisnis online untuk melihat dari perspektif pelanggan saat menentukan harga jual.
Ketika melihat produk yang sama dari dua toko berbeda, sebagian besar pelanggan akan memilih toko yang menawarkan produk dengan harga yang lebih murah.
Harga jual yang kompetitif bisa membuat bisnis lebih menarik di mata pelanggan. Selain itu, ini akan membantu bisnismu bersaing dengan kompetitor.
Selain perbandingan harga dengan kompetitor, berikut ini faktor yang mempengaruhi harga jual:
- Biaya produksi mencakup biaya tetap dan biaya marginal.
- Permintaan pasar atau konsumen.
- Pesaingan dengan produk kompetitor.
- Citra merek (brand image).
- Segmentasi pasar atau target pasar.
- Situasi perekonomian saat bisnis dijalankan.
- Kualitas atau siklus hidup produk.
5. Terapkan Personalisasi Bisnis
Personalisasi dalam bisnis merupakan strategi penyesuaian produk/jasa atau pengalaman dengan kebutuhan, keinginan, serta harapan pelanggan secara individu.
Salah satu aspek utama dari penerapan personalisasi bisnis yaitu melalui pelayanan pelanggan.
Dalam hal ini, pebisnis bisa bangun strategi branding melalui thank you card, kemasan produk yang berkualitas, nota bisnis, surat atau pesan tindak lanjut, hingga program loyalitas.
Penerapan personalisasi di atas bisa dilakukan dengan memahami pelanggan dam mengumpulkan data pelanggan seperti demograsi, minat, hingga preferensi pelanggan.
6. Memanfaatkan Iklan Bisnis
Cara mengembangkan bisnis online yang tidak kalah penting yaitu memanfaatkan iklan bisnis. Iklan merupakan bagian pemasaran yang sangat penting dan punya peranan besar dalam bisnis.
Selain memperluas kesadaran merek, iklan bisnis secara online mampu meningkatkan penjualan, sehingga bisnismu bisa bertahan dan terus berkembang.
Iklan bisnis yang paling ampuh saat ini yaitu melalui strategi digital marketing, seperti social media marketing, Google Ads, influencer marketing, FB dan IG Ads, dan lainnya.
Selain menjalankan strategi iklan bisnis sendiri, pebisnis juga bisa mengandalkan platform penyedia jasa optimasi bisnis online seperti dari Everpro.
Di Everpro, ada banyak layanan yang tersedia sebagai solusi bagi pebisnis online.
Mulai dari Everpro Ads dan Everpro Funnel untuk menjalankan strategi iklan bisnis, Everpro Chat untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan, Everpro Shipping untuk jasa pengiriman produk yang lebih aman dan terpercaya, serta beberapa layanan lainnya.
Daftar Everpro sekarang dan nikmati kemudahannya untuk mengembangkan bisnismu!
Pertanyaan Seputar Mengembangkan Bisnis Online
1. Bagaimana cara mengembangkan bisnis digital?
Untuk mengembangkan bisnis digital, memperluas jangkauan pasar adalah salah satu cara utama yang harus dilakukan pebisnis. Gunakan strategi SEO yang ampuh untuk jangka panjang.
Kemudian, manfaatkan media sosial untuk membangun identitas bisnis, berinteraksi dengan pelanggan, mempromosikan produk/jasa, mengetahui tren terkini, dan memberikan penawaran menarik melalui konten pemasaran.
Terakhir, selalu ekplorasi model bisnis dan strategi pemasaran digital terbaru. Sehingga, bisnismu bisa bersaing hingga mengungguli kompetitor.
2. Seperti apa cara meningkatkan penjualan bisnis online?
Berikut ini beberapa cara meningkatkan penjualan bisnis online:
- Pahami target pasar (demografi, preferensi, minat, dan kebutuhan).
- Bangun brand bisnis yang kuat.
- Tampilkan testimoni yang kredibel.
- Berikan penawaran yang menarik.
- Pasang harga yang bersaing.
- Tingkatkan kualitas pelayanan pelanggan.
- Berikan banyak pilihan jasa kirim yang terjamin.
- Selalu berinovasi terhadap produk/jasa bisnis.
- Pasang iklan berbayar untuk menyasar target pasar yang spesifik dan potensial.
Itulah beberapa cara mengembangkan bisnis online agar bisnis langgeng atau bertahan lama. Jika kamu merasa cara di atas sulit diimplementasikan sekaligus, maka kamu tidak perlu khawatir.
Karena Everpro hadir sebagai solusi bagi seluruh persoalan bisnis online, termasuk untuk menjalankan strategi dan cara-cara di atas.
Ada banyak layanan Everpro yang akan membantumu, diantaranya:
- Everpro Shipping: Layanan kirim paket dari berbagai ekspedisi yang mudah dan murah.
- Everpro Chat: Layanan untuk menjangkau konsumen lewat aplikasi perpesanan.
- Everpro Funnel: Layanan mengoptimalkan kampanye iklan bisnis.
- Everpro Ads: Layanan iklan berbayar (Google Ads dan FB Ads) yang aman dan terjamin.
- Everpro Marketplace Enabler: Layanan untuk mengoptimalkan toko marketplace.
- Everpro Academy: Layanan pembelajaran untuk pebisnis online bersama mentor profesional.
Everpro hadir sebagai solusi untuk kamu. Yuk, daftar gratis sekarang juga di platform Everpro!