Siapa bilang kamu nggak bisa jadi pebisnis solo dan kelola marketplace sendirian? Artikel ini akan memberikan cara mengelola marketplace tanpa perlu rekrut banyak tim!
Sejak marketplace jadi pilihan utama masyarakat untuk belanja online, mulai banyak orang yang pengen banget buka toko sendiri di marketplace karena peluangnya yang gede buat ngasilin cuan.
Tapi, masalahnya ngejalanin bisnis sendirian di marketplace itu suka bikin pusing sendiri. Apalagi bagi pebisnis pemula yang baru pertama kali kelola bisnis online dan nggak punya banyak tim.
Mulai dari harus paham apa aja yang perlu dikelola dari tokomu di marketplace, sampai ngelakuin berbagai strategi supaya bisa capai angka penjualan yang tinggi.
Tapi daripada kamu overwhelmed, artikel ini bakal kasih tahu kamu apa aja yang harus kamu kelola di toko online kamu dan cara mengelolanya sendirian tanpa perlu banyak tim atau tenaga kerja.
Cara Mengelola Marketplace Tanpa Rekrut Banyak Tim
Pilih Marketplace yang Tepat
Pertama-tama, pilih dulu platform marketplace apa yang paling sesuai sama jenis bisnis kamu. Ini penting banget mengingat setiap marketplace punya karakteristik dan pasar yang beda-beda.
Misalnya, kalau kamu mau fokus jualan produk fashion, maka pilihlah marketplace yang punya banyak pengguna yang suka belanja baju, seperti Shopee si toko oren.
Selain Shopee, ada banyak pilihan marketplace terbaik lainnya, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Evermos, dan lain-lain.
Tentukan Niche dan Produk yang Tepat
Selanjutnya, tentukan niche atau kategori produk yang lebih spesifik buat kamu jual. Kenapa sih niche ini penting? Karena kalau niche nya tepat, kamu bisa lebih fokus buat maksimalin tokomu.
Mulai dari menarik pelanggan yang butuh sama produkmu, sampai menawarkan produk yang lagi tren dan banyak dicari sama target pasar.
Kalau kamu masih bingung produk apa yang laris di pasar online, yuk cek disini: 10 Produk Terlaris di Marketplace Untuk Jualan.
Lakukan Optimasi SEO
Mungkin kamu sering dengernya optimasi SEO untuk website, tapi ternyata marketplace juga perlu ngelakuin optimasi SEO juga loh.
Dengan optimasi SEO, toko kamu bakal lebih gampang ditemukan sama calon pembeli. Caranya? Tinggal pilih kata kunci yang paling relevan sama produk yang kamu jual lewat keyword research.
Lalu, tempatkan kata kunci tersebut di judul, deskripsi, dan detail produk pada etalase toko kamu. Kalau bingung cara riset kata kunci untuk marketplace, kamu bisa cek disini.
Optimalkan Desain Toko yang Menarik
Nggak cuma toko offline aja yang tampilannya harus menarik, tapi toko online kamu di marketplace juga perlu! Desain toko yang menarik bakal bikin pengunjung betah lama-lama.
Nah untuk optimalkan desain toko di marketplace, pastikan foto produk jelas dan menarik, judul produk informatif, serat deskripsi yang lengkap dan gampang dimengerti.
Detail produk juga harus lengkap supaya pembeli nggak ragu buat beli produk kamu. Kalau bisa, tanpa calon pembeli chat dan tanya-tanya ke seller, mereka udah dapet jawabannya dari tokomu.
Pasang Harga yang Kompetitif
Terlepas dari desain toko dan informasi produk yang jelas, harga juga jadi faktor penting orang-orang beli produk kamu di marketplace.
Untuk pasang harga yang kompetitif, kamu perlu riset harga pasar suaya bisa menawarkan harga yang kompetitif. Jangan terlalu mahal, tapi juga jangan terlalu murah.
Perlu sesuaikan juga harga pasar dengan kualitas produk yang tawarkan.
Baca Juga: 6 Cara Menentukan Harga Jual dengan Ongkir Termudah!
Lakukan Analisis Kompetitor
Selanjutnya, kenali siapa aja sih kompetitor kamu? Pelajari strategi yang kompetitor pakai di marketplace yang sama supaya kamu punya insight baru.
Dengan menganalisis kompetitor, kamu juga bisa dapetin celah untuk bersaing dan ngembangin strategi yang lebih baik lagi.
Lihatlah apa yang bisa kamu terapkan dari mereka, dan inovasi sesuai kebutuhan toko kamu.
Pasang Iklan Berbayar
Kalau kamu mau tokomu di marketplace lebih cepat dikenal dan mudah muncul di hasil pencarian calon pembeli, maka kamu juga harus andalkan iklan berbayar atau ads.
Biasanya, masing-masing marketplace punya fitur iklan berbayarnya sendiri untuk seller, seperti Shopee Ads, Tokopedia Ads, dan lain-lain.
Kamu hanya perlu ikuti langkah-langkah beriklan di marketplace pilihanmu. Selain itu, pastikan juga kamu menargetkan iklan dengan tepat supaya efektif dan sesuai budget.
Baca Juga: Worth It! Cara Iklan di Marketplace Aman dan Mudah
Berikan Diskon atau Promo Menarik
Siapa sih yang nggak suka sama diskon dan promo? Dari banyaknya toko online yang jual produk serupa, pembeli pasti lebih memilih toko yang jual produk serupa dengan harga paling murah.
Tapi, sebagai penjual kamu juga harus hati-hati pasang promo, diskon, ataupun cashback supaya tidak rugi. Kamu bisa ikuti program diskon yang tersedia di masing-masing marketplace.
Selain itu, pakai strategi diskon ini di momen-momen spesial, sehingga pelanggan akan merasa dapet keuntungan lebih kalau beli produk tersebut di toko kamu.
Pilih Jasa Pengiriman yang Berkualitas
Jangan anggap remeh jasa pengiriman! Kalau produk kamu berkualitas tapi pengiriman ke alamat pembeli nggak berjalan lancar, ini bakal ngaruh banget sama penilaian toko kamu di marketplace.
Karena itu, pilihlah jasa pengiriman yang cepat dan terpercaya supaya pelanggan juga puas dengan layananmu. Kamu juga bisa pakai fitur diskon ongkos kirim biar biaya kirimnya lebih murah.
Ada banyak ekspedisi kirim paket yang bisa kamu pilih di marketplace, mulai dari JNE, JNT, Ninja Express, hingga ekspedisi yang disediakan langsung dari marketplacenya.
Kamu bisa cari tahu lebih banyak tentang ekspedisi-ekspedisi tersebut disini: Daftar Ekspedisi yang Pengiriman Paling Cepat, Simak!
Manajemen Pelanggan dan Pelayanan
Cara mengelola marketplace biar pelanggan makin nyaman adalah dengan layanan pelanggan yang baik. Terapkanlah strategi CRM (Customer Relationship Management) untuk bisnismu.
Dengan CRM, kamu bisa kelola data pelanggan dan menjaga hubungan baik dengan mereka. Lakukan juga follow up setelah penjualan untuk mastiin kepuasan dan feedback pelanggan.
Baca Juga: 9 Cara Follow Up Customer Agar Cepat Closing, Dijamin Ampuh!
Pakai Jasa Optimasi Marketplace Terpercaya
Kalau kamu merasa sulit kelola marketplace dengan cara di atas seorang diri, mungkin kamu akan pertimbangkan membentuk tim yang bakal ngurus strategi SEO, CRM, desain, ads, dan lain-lain.
Tapi, memang nggak semua pebisnis online bisa rekrut tim dengan jumlah yang banyak, salah satunya karena keterbatasan budget.
Nah tenang aja, kamu masih bisa kok mengelola marketplace sendiri alias tanpa banyak tim dengan percayakan toko kamu di layanan Marketplace Enabler Everpro.
Nggak perlu repot cari tim desain, SEO, customer service, dan lain-lain karena semuanya bakal di handle dengan baik bareng tim profesional dari Everpro.
Ini Benefits Pakai Layanan MPEnabler Everpro
- Toko kamu bakal di optimasi
- Toko gampang ditemukan pembeli
- Dapetin performa iklan terbaik
- Ningkatin penjualan lewat campaign terbaru
- Bimbing kamu pilih strategi bisnis yang tepat
- Ada jasa CS yang cepat dan tuntas
Untuk dapetin hasil penjualan yang tinggi, emang harus dimulai dari usaha optimasi yang maksimal. Mulai dari optimasi iklan sampai optimasi marketplace biar makin kece.
Karena itu, yuk ikuti cara-cara di atas dan percayakan optimasi toko Shopee kamu bersama Everpro. Udah 200+ brand yang kelola tokonya bareng Everpro, sekarang saatnya toko kamu!
Klik tombol di bawah ini buat daftar di Everpro sekarang juga! Yakin deh #PakaiEverproPastiCuan!