Everpro

10 Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan, Dijamin Bisnis Tumbuh Pesat!

Kamu punya bisnis makanan rumahan tapi masih bingung cara memasarkan produk makanan rumahan yang ampuh untuk ningkatin penjualan? Yuk simak di artikel ini!

Makanan rumahan sekarang jadi tren produk yang banyak diminati masyarakat Indonesia.

Selain karena banyak masyarakat yang mulai mengurangi konsumsi fast food/junkfood untuk alasan kesehatan, makanan rumahan emang cocok banget di lidah orang Indonesia.

Banyak orang yang milih beli produk makanan rumahan untuk konsumsi sehari-hari dengan berbagai alasan, contohnya nggak sempat masak karena sibuk dengan pekerjaan.

Nah, karena peminatnya yang banyak, sekarang tinggal kamu sebagai pebisnis yang harus pintar pasang strategi penjualannya.

Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan

cara memasarkan produk makanan rumahan
Sumber: freepik.com

Manfaatkan Media Sosial

Zaman sekarang, media sosial penting banget untuk bisnis. Soalnya, hampir semua pengguna smartphone pasti punya akun media sosial untuk cari informasi apapun yang mereka butuhkan.

Jadi, cara memasarkan produk makanan rumahan yang pertama harus kamu lakukan adalah buatlah media sosial untuk bisnis kamu. Bisa di Instagram, Facebook, Twitter, dan banyak lagi.

Kamu bisa pakai satu atau lebih media sosial. Nggak sampai disitu aja, buatlah agar media sosial bisnis kamu menarik perhatian target pasar, mulai dari foto produk, deskripsi, hingga strategi promosi.

Baca Juga: Cara Buat Instagram Bisnis untuk Pemula

Jualan di Marketplace

Memasarkan produk makanan rumahan di marketplace juga nggak boleh ketinggalan. Marketplace adalah platform jual beli online yang paling banyak dipakai masyarakat Indonesia untuk belanja online. 

Kamu bebas pilih platform apapun, mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain. Namun pertimbangkan memilih platform yang paling sesuai sama produk dan target pasar kamu.

Kelola marketplace kamu sebaik mungkin, mulai dari lengkapi detail foto produk, deskripsi, harga dan lain-lain di toko kamu, sampai ikuti program seller dan fitur jualan lainnya.

Kerjasama dengan Platform Food Delivery

Cara memasarkan produk makanan rumahan yang juga perlu kamu coba adalah lewat platform food delivery, seperti GoFood, GrabFood, Shopee Food, dan platform lainnya.

Karena nggak bisa dipungkiri lagi, kalau food delivery jadi salah satu solusi yang paling banyak dipakai konsumen untuk beli makanan yang cepat sampai.

Kamu bisa daftarkan bisnis makanan rumahan kamu sebagai mitra di platform tersebut. Lalu, manfaatkan media sosial dan media lainnya untuk mendorong promosinya.

Baca Juga: 8 Jasa Pengiriman Makanan Sehari Sampai

Cetak Pamflet atau Brosur

Meskipun sekarang media cetak mulai jarang dipakai untuk promosi, tapi kamu masih bisa loh memanfaatkan pamflet atau brosur untuk memasarkan produk makanan rumahan.

Desain semenarik mungkin dan cantuminkan informasi lengkap soal produk, harga, dan kontak pemesanan. Lalu, cetak pamflet atau brosur dengan ukuran yang menyesuaikan.

Nah, kamu bisa sebarkan ke lingkungan sekitar lokasi bisnis kamu. Dengan strategi ini, kamu bisa menjangkau target pasar terdekat dengan efektif.

Beriklan di Facebook Ads & Google Ads

Selanjutnya kamu juga bisa terapkan cara memasarkan produk makanan rumah melalui iklan berbayar di Facebook Ads atau Google Ads.

Memasang iklan berbayar di platform ini memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens atau target pasar yang lebih spesifik. Harga beriklan juga bisa kamu sesuaikan dengan budget bisnis kamu.

Kerjasama dengan Food Influencer

Food influencer adalah orang-orang yang membuat dan membagikan konten tentang makanan di media sosial. Biasanya, food influencer punya followers yang punya minat yang sama yaitu di bidang kuliner.

Nah kamu bisa mengajak food influencer untuk berkolaborasi atau endorsement produk kamu. Misalnya, dengan mengirimkan produk makanan rumahan kamu lalu menerima review berupa konten.

Dengan begitu, kamu bisa memasarkan produk kamu ke target pasar yang memiliki ketertarikan pada makanan rumahan. Ini akan membuka peluang kamu untuk menaikkan angka penjualan.

Baca Juga: Tips Memilih Influencer Marketing yang Tepat

Manfaatkan Testimoni Pelanggan

Memanfaatkan ulasan atau review jujur dari pelanggan itu penting banget untuk membangun kepercayaan calon konsumen lainnya.

Biasanya dengan testimoni yang positif, calon pembeli akan makin yakin sama produk yang kamu tawarkan. Jadi, besar kemungkinan mereka bakal beli dan coba produk makanan rumahan kamu.

Untuk mendapatkan testimoni pelanggan, kamu bisa menghubungi mereka langsung dan meminta ulasan jujur dari produk yang mereka beli. Lalu, dokumentasikan dan unggah di media sosial kamu.

Membangun Website Bisnis

Cara memasarkan produk makanan berikutnya juga bisa melalui website atau landing page bisnis.

Pasalnya, banyak orang yang melakukan pencarian di Google untuk memenuhi kebutuhan mereka. Nah sama halnya ketika ada target audiens yang lagi cari produk makanan rumahan.

Ketika kamu bikin website atau landing page dan memanfaatkan strategi SEO yang baik, maka besar kemungkinan audiens bakal menemukan bisnis kamu dan mencari tahu lebih dalam.

Kalau kamu bingung sama cara bikin website, yuk baca disini: Bingung Cara Membuat Website Gratis? Begini Caranya!

Mengadakan Promo dan Diskon Spesial

Siapa sih yang nggak tergiur sama promo dan diskon? Kamu bisa adakan promo dan diskon spesial sebagai cara untuk memasarkan produk makanan rumahan kamu ke target pasar loh.

Misalnya, ketika kamu pakai media sosial untuk mempromosikan bisnismu, buatlah promo atau diskon spesial, seperti diskon untuk pembelian pertama, diskon spesial HUT RI, dan diskon lainnya.

Dengan begitu, banyak yang akan lebih tertarik untuk mencoba produk yang kamu tawarkan.

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Tak bisa dipungkiri, kalau membangun hubungan baik dengan pelanggan itu termasuk cara yang paling ampuh untuk memasarkan produk makanan rumahan yang kamu jual.

Kamu bisa lakukan follow up ke calon konsumen ataupun yang udah pernah beli produk kamu. Misalnya, ketika kamu mengeluarkan produk baru, promosikan dengan menghubungi konsumen.

Yuk baca lebih lanjut tentang cara follow up customer agar cepat closing disini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kesukesan bisnis online kamu ya!

Nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya